Berita Tekno

OpenSignal: Telkomsel Sajikan Pengalaman Kecepatan Upload dan Jangkauan 4G Terbaik di Indonesia

Nama Layar Kunci Handphone

Gadgetren – OpenSignal kembali mengeluarkan laporan terbarunya terkait penggunaan jaringan mobile di Indonesia yang termasuk operator seluler Telkomsel, XL, Tri, dan Smartfren.

Telkomsel menjadi operator seluler yang mendapatkan paling banyak peringkat atas seperti di kategori pengalaman kecepatan upload dan pengalaman jangkauan 4G. Untuk pengalaman kecepatan upload, Telkomsel menyajikan kecepatan rata-rata upload 7.7Mbps.

Di bawah Telkomsel, Indosat memiliki kecepatan rata-rata upload 7.2Mbps, kemudian disusul XL dengan kecepatan rata-rata upload 6.7Mbps. Berikutnya untuk pengalaman jangkauan 4G, Telkomsel mendapatkan skor tertinggi diantara operator seluler lainnya sebesar 8.7 lalu diikuti oleh XL di posisi kedua dan Indosat di peringkat ketiga.

Sementara operator seluler XL juga berhasil peringkat atas di kategori pengalaman video dan pengalaman kecepatan download. Adapun pengalaman video yang dihadirkan XL menurut OpenSignal mendapatkan poin tertinggi sebesar 44.8 dari total 100.

Telkomsel sendiri berada di posisi kedua untuk kategori pengalaman video dengan 43.1 poin sedangkan Indosat di peringkat ketiga untuk pengalaman video dengan 40.9 poin. Selanjutnya diikuti Tri dan Smartfren yang berada di posisi terakhir.

XL juga turut memiliki kecepatan rata-rata download 18.7Mbps yang lebih cepat dibandingkan Telkomsel yang hanya menyajikan kecepatan rata-rata download 16.3Mbps. Operator seluler Indosat mengikuti dengan 14.1 Mbps, kemudian yang paling akhir terdapat Tri dan Smartfren.

Tak lupa operator seluler Tri yang telah bergabung dengan Indosat Ooredoo secara independen berhasil memperoleh peringkat teratas di OpenSignal dalam dua kategori yaitu pengalaman game dan pengalaman aplikasi suara.

Mobile-Network-Experience-Report-Opensignal

Pada pengalaman game, Tri memimpin dengan 67 poin di atas XL dengan 63.4 poin. Di peringkat ketiga pengalaman game hadir Telkomsel dengan 62.9 poin yang berbeda tipis bersama Smartfren dengan 62.6 poin. Rekan Tri sendiri di pengalaman game yaitu Indosat sayang sekali berada di posisi akhir dengan 60.3 poin.

Selain itu, Tri juga unggul dalam kategori pengalaman aplikasi suara dengan 76.5 poin yang diikuti di bawahnya operator seluler Smartfren dan Telkomsel dengan poin yang sama sebesar 75.7. Lalu XL dan Indosat mengikuti dengan masing-masing poin 75.2 dan 74.4.

Hardik Khatri selaku Technical Analyst menyampaikan bahwa Telkomsel masih menjadi operator seluler yang mendominasi pasar jaringan mobile di Indonesia. Di sisi lain, operator seluler XL secara mengejutkan muncul dengan memenangkan dua kategori sekaligus.

Sebelumnya kategori kecepatan rata-rata download sendiri berhasil diraih oleh Telkomsel pada akhir tahun 2021. Namun kini predikat itu bisa direbut oleh operator seluler XL. Sementara Tri juga mampu menunjukkan peningkatan dari segi pengalaman game dan pengalaman aplikasi suara di mana sebelumnya OpenSignal pernah melaporkan Smartfren memiliki posisi kedua untuk dua kategori tersebut di Asia Pasifik.

Pada laporan baru OpenSignal ini juga, Smartfren justru memenangkan satu kategori saja yaitu ketersediaan jaringan sebesar 98.3 poin yang diikuti oleh Tri dengan 97.3 poin. Kemudian disusul oleh Telkomsel, Indosat, dan XL.

Tinggalkan Komentar