Berita Tekno

OpenSignal: Telkomsel Sajikan Kecepatan Rata-Rata Download dan Upload Seluler Tercepat di Indonesia

Mudik Virtual Feature

Gadgetren – Dalam laporan terbaru OpenSignal terkait penggunaan jaringan mobile di Indonesia, Telkomsel dikabarkan telah mendominasi dalam menyajikan kecepatan rata-rata unduh dan unggah seluler tercepat di Indonesia.

Menariknya dari hasil analisis data baru ini, koresponden OpenSignal yang menggunakan Telkomsel di wilayah ibu kota Jakarta Raya dilaporkan menikmati kecepatan unduh dan unggah rata-rata tertinggi dibandingkan regional lainnya yakni sebesar 21 Mbps dan 11 Mbps.

Dengan begitu, Telkomsel telah meraih peringkat teratas di kategori Pengalaman Kecepatan Pengunduhan OpenSignal dengan skor 16,3 Mbps. Diikuti oleh XL yang memiliki selisih tertinggal 0,8 Mbps dengan skor 15,5 Mbps, peringkat ketiga oleh Indosat dengan skor 13,2 Mbps, Tri Indonesia dengan skor 10,9 Mbps, dan Smartfren dengan skor 8,9 Mbps.

Sementara untuk kategori Pengalaman Kecepatan Pengunggahan di Indonesia, Telkomsel memperoleh skor sebesar 8,1 Mbps. Sedangkan pesaingnya seperti Indosat dan XL tertinggal di belakang dengan skor masing-masing sebesar 7,2 Mbps dan 6,7 Mbps.

Pengalaman-Kecepatan-Pengunggahan-OpenSignal

Menurut OpenSignal, pengalaman kecepatan unggah ini menjadi aspek yang semakin penting karena pengguna handphone sekarang lebih banyak terlibat dalam membuat dan membagikan gambar serta video beresolusi tinggi di social media dan beralih dari konsumsi konten menjadi lebih banyak ke pembuatan konten.

Selain unggul dalam kecepatan unduh dan unggah, Telkomsel juga telah meraih dua peringkat atas lainnya yang di kategori Pengalaman Video dan Pengalaman Cakupan 4G. Untuk pengalaman video, Telkomsel meraih peringkat ini untuk keenam kalinya sejak pertama kali juara pada bulan Juli 2019 silam saat laporan penilaian OpenSignal kali pertama dibuat.

Pengalaman-Kecepatan-Pengunduhan-OpenSignal

Lebih detail, Telkomsel memiliki skor 62,4 poin pada skala 100 poin dalam penyajian pengalaman video. Skornya ini unggul 3,4 poin dari Indosat yang berada di posisi kedua dengan skor 58,9 poin, kemudian disusul XL dengan skor 58,7 poin, Tri Indonesia dengan skor 58,0 poin, dan Smartfren dengan skor 48,8 poin. Tak hanya itu saja, Telkomsel juga menyabet peringkat teratas di kategori Pengalaman Jangkauan 4G dengan skor 8,6 poin dari skala 10.

Di samping Telkomsel, operator seluler Tri Indonesia meraih peringkat atas di kategori lain yaitu Pengalaman Game Seluler dan Pengalaman Aplikasi Suara atau Audio. Dalam skala 100 poin, Tri Indonesia berhasil mendapatkan skor Pengalaman Game Seluler sebesar 68,2 poin dan menyusul di peringkat kedua Telkomsel dengan skor 61,6.

 OpenSignal-Penghargaan-Pengalaman-Seluler-Indonesia

Kemudian di kategori Pengalaman Aplikasi Suara, Tri Indonesia memperoleh skor 77,8 poin dalam skala 100 poin diikuti Telkomsel dengan skor 76,9 poin di posisi kedua. Terakhir, untuk Smartfren kali ini berhasil meraih peringkat atas di kategori Ketersediaan 4G waktu 98,1 persen. Selanjutnya diikuti Tri Indonesia 94,3 persen, Indosat 93,2 persen, XL 91,7 persen, dan Telkomsel 90,2 persen.

Tinggalkan Komentar