ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cari Tahu Taksiran Penghasilan Akun TikTok Kamu Secara Gratis dan Mudah

Cari Tahu Penghasilan TikTok Anda - Header

Gadgetren – Mencari tahu informasi mengenai seberapa besar penghasilan dari akun TikTok yang kamu miliki kadang-kadang memang perlu dilakukan meskipun membutuhkan analisa yang tergolong cukup rumit.

Berbeda dengan YouTube yang memanfaatkan iklan dari pihak Google secara langsung, monetasi di TikTok soalnya lebih mirip dengan platform sosial media seperti Instagram yang mana tarif dan rata-rata penghasilan akan berbeda-beda untuk setiap akun.

Di layanan TikTok, kita umumnya dapat menghasilkan uang melalui kerja sama dengan suatu perusahaan (influencer marketing), pemasaran produk atau jasa sendiri, hingga donasi. Jadi nanti akan sangat bervariasi nominalnya sesuai kesepakatan, laba setiap produk atau jasa, maupun kebaikan para penggemar.

Namun, ada satu hal umum yang akan berpengaruh ketika kita ingin menghasilkan uang dari TikTok. Tarif maupun pendapatan pun akan dipengaruhi oleh engagement rate setiap akun di mana akan diukur berdasarkan jumlah pengikut, komentar, suka, hingga penayangan.

Kita pun bisa menggunakan metrik ini untuk memperkirakan jumlah penghasilan akun TikTok. Menganalisisnya memang tidak mudah, tetapi kita dapat memanfaatkan bantuan dari platform pihak ketiga seperti Exolyt yang kini cukup populer.

Cara Cari Tahu Perkiraan Penghasilan Akun TikTok

  1. Kunjungi halaman TikTok Money Calculator dari Exolyt
  2. Cari bagian Find out your TikTok earning!
    Cari Tahu Penghasilan TikTok Anda - 1
  3. Masukkan nama pengguna TikTok
  4. Klik Calculate earnings
  5. Setujui ketentuan yang berlaku dengan mengubah slider ke Yes
    Cari Tahu Penghasilan TikTok Anda - 2
  6. Tekan Continue
  7. Tunggu beberapa saat sampai muncul data estimasi pendapatan
  8. Ketuk tombol View analytics of @namaakun jika ingin membaca analisis lebih lanjut
    Cari Tahu Penghasilan TikTok Anda - 3

TikTok Money Calculator dari Exolyt akan menampilkan hasil analisis taksiran penghasilan yang dapat diperoleh akun dalam bentuk USD (Dollar Amerika Serikat). Namun perlu dicatat, data yang muncul merupakan pendapatan untuk setiap video.

Selain bisa dipakai untuk mencari tahu penghasilan TikTok, layanan dari Exolyt menariknya juga dapat menganalisis engagement rate setiap akun. Hanya saja kita perlu berlangganan premium supaya dapat melihat opsi tersebut.

Agar dapat menggunakan TikTok Money Calculator, pastikan juga bahwa akun yang ingin dianalisis bersifat terbuka alias publik. Exolyt soalnya perlu mengakses beberapa metrik data seperti banyaknya pengikut, total pengunjung, jumlah video, hingga penayangan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar