Aplikasi Tips dan Trik

4 Cara Mudah Memonetasi TikTok Untuk Mendapatkan Uang Tambahan

Cara Memonetasi TikTok Untuk Mendapatkan Uang Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – TikTok kini dapat menjadi lahan baru untuk mencari pendapatan tambahan karena kita dapat memonetasi akun maupun berbagai macam konten yang kita unggah ke layanan tersebut.

Dengan tingkat kepopulerannya sekarang, kita bahkan dapat lebih mudah untuk memonetasi di TikTok melihat jumlah pengikut akun bukan lagi standar atau barometer supaya bisa memperoleh banyak penonton.

Selama rajin mengunggah konten dan terus-menerus berusaha meningkatkan kualitas maupun ide-idenya, kita berkesempatan untuk muncul di halaman FYP yang notabene memiliki kesempatan tayang lebih banyak.

Jangan lupa juga bahwa pemilihan tagar dan lagu sedang trending yang secara teknis cukup mudah untuk dilakukan agar menjadi magnet dalam menarik jumlah penonton hingga mengonversinya sebagai pengikut.

Pada level tertentu saat jumlah penonton maupun pengikut semakin banyak, kita tentu saja dapat menguangkannya dengan melakukan bermacam cara monetasi yang tersedia. Adapun sebagian di antaranya sebagai berikut.

Cara Memonetasi TikTok Untuk Mendapatkan Uang

Mencari Sponsor

Akun dengan jumlah tayang, like, dan pengikut sangat banyak biasanya tak hanya akan menarik penggemar baru melainkan juga sejumlah merek (baik terkenal maupun belum) untuk bekerja sama.

Jalinan kerja sama melalui metode ini bisa dilakukan untuk mengambil sejumlah keuntungan seperti melalui pembayaran berupa uang tunai atau lewat berbagai macam barang dan jasa yang dimiliki oleh sponsor terkait.

Mendapat sponsor di TikTok pun bukan hal yang sulit apabila kita mempunyai engagement sangat tinggi. Kita dapat mencarinya sendiri atau memanfaatkan platform khusus bertajuk TikTok Creator Marketplace (TCM) yang telah disediakan.

Menjaring Donasi

TikTok belum lama ini meluncurkan sebuah fitur bernama Going LIVE yang memungkinkan kita melakukan siaran langsung di dalam layanannya untuk menyapa penggemar dan menjalin relasi lebih mendalam bersama mereka.

Selain dapat menjangkau basis penggemar yang lebih luas, fitur Going LIVE TikTok menariknya juga akan memberikan kesempatan kepada kita untuk memperoleh pendapatan tambahan melalui TikTok Gift (hadiah virtual).

Bagi yang belum tahu, TikTok Gift yang berhasil dikumpulkan selama melakukan siaran langsung nantinya dapat ditukar menjadi uang asli. Kita hanya saja perlu memenuhi sejumlah ketentuan agar bisa memanfaatkannya seperti harus berusia minimal 18 tahun.

Mempromosikan Konten dari Platform Lain

Menambahkan tautan situs atau media sosial di TikTok pun sangat mudah. Hal ini tentunya dapat membuka peluang bagi kita untuk meningkatkan pendapatan dari platform lain seperti YouTube atau Twitch.

Ditambah lagi, kita pun mempunyai kesempatan untuk membuat unggahan khusus ke layanan TikTok guna memancing para penonton supaya mereka mau membuka konten yang dimonetasi di platform-platform itu.

Video-video singkat di layanan TikTok dalam hal ini misalnya bisa kita pakai untuk membuat semacam video trailer atau penggoda sehingga penontonnya tertarik untuk membuka tautan yang kita sematkan di profil.

Menjual Produk Atau Layanan

Pada akhirnya, kita juga bisa menggunakan TikTok untuk memasarkan produk maupun jasa yang kita miliki dan memanfaatkannya untuk membuat semacam merchandise khusus sebagai cara mendekatkan diri ke para penggemar.

TikTok apalagi sebelumnya sudah mengumumkan fitur baru yang disebut dengan TikTok Shop. Kita nantinya dapat bergabung sebagai TikTok Affiliate dan mempromosikan produk-produk dari merek lain untuk mendapatkan komisi ketika berhasil terjual.

Namun tentu saja, TikTok Affiliate pun bisa menjadi sarana yang pas untuk memasarkan produk sendiri supaya bisa laku di pasaran. Kita pada akhirnya dapat memperoleh keuntungan dari penjualan maupun komisi.

Tinggalkan Komentar