Smartphone

realme 9 Pro+: Kamera Kelas Flagship, Luar Biasa di Cahaya Redup

realme 9 Pro Plus (2)

Memasuki tahun baru, realme kembali menyajikan sebuah dobrakan untuk segmen smartphone kelas menengah dengan menghadirkan realme 9 Pro+.

Smartphone generasi terbaru dari seri angka realme ini tampil dengan desain unik dan menawan sambil membawa berbagai fitur menarik sekelas smartphone flagship. Khususnya dalam hal kamera yang bakal membuatnya sangat bersaing di harga Rp 4 jutaan serta sudah ada dukungan jaringan 5G.

Lewat slogan Capture The Light yang dibawanya, cahaya dan realme 9 Pro+ rasanya merupakan dua hal yang tidak akan terpisahkan. Bagaimana tidak, realme 9 Pro+ mulai dari desainnya sudah memberikan suatu hal unik yang berhubungan dengan cahaya.

realme 9 Pro Plus (1)

Menggunakan tiga lapisan photochromic pada penutup belakangnya, realme 9 Pro+ bakal terlihat menawan baik di dalam maupun luar ruangan. Pasalnya, Light Shift Design yang dimiliki realme 9 Pro+ varian Sunrise Blue memungkinkan warnanya berubah dari biru menjadi merah setelah terkena paparan sinar matahari atau UV selama 3 detik.

Nantinya warna akan kembali seperti semula setelah 5 menit tidak terkena sinar matahari. Ini tentunya sangat menarik karena membuat realme 9 Pro+ seperti punya dua tampilan berbeda dalam satu smartphone tergantung kondisi penggunaan, apakah di dalam atau luar ruangan. Sementara itu, terdapat juga varian warna lainnya berupa Aurora Green.

realme 9 Pro Plus (3)

Dapat dipastikan bahwa realme 9 Pro+ kembali membawa DNA dari seri angka realme terdahulu yang selalu menghadirkan desain trendsetter yang unik. Apalagi realme 9 Pro+ juga menjadi smartphone paling tipis dari realme saat ini dengan ketebalan hanya 7,99 mm saja.

Tampilan belakang dari varian Sunrise Blue sendiri terlihat sangat gemerlap yang didominasi warna biru tua dengan titik-titik kilauan kecil menyerupai langit luas penuh bintang. Tidak hanya itu saja, materialnya membuat pantulan cahaya menghasilkan efek seperti aurora.

realme 9 Pro Plus (4)

Turut menghiasi bagian belakang realme 9 Pro+ terdapat modul kamera yang memuat tiga lensa untuk memenuhi kebutuhan fotografi. Sensor Sony IMX766 beresolusi 50MP dipercaya sebagai lensa utamanya yang kemudian ditemani oleh lensa Super-wide 8MP dengan sudut pandang 119° dan lensa makro 2MP dengan jarak fokus hingga 4cm.

Dengan sensor yang lebih besar tentunya bakal mampu menangkap cahaya lebih banyak sehingga foto punya warna lebih kaya dan detail lebih jelas. Kombinasi tersebut memungkinkan realme 9 Pro+ menghasilkan foto dengan kualitas mumpuni dalam berbagai kondisi, termasuk malam hari.

realme 9 Pro Plus (9)

Apalagi realme 9 Pro+ juga dilengkapi Dual Stabilization System (OIS untuk foto dan EIS untuk video) agar gambar tetap tertangkap secara jelas walaupun tengah bergerak serta AI Noise Reduction Engine 3.0 untuk mengurangi bintik-bintik atau noise pada foto malam hari.

Dengan begitu, berkreasi menggunakan kamera realme 9 Pro+ bakal menjadi lebih mudah dan asik lagi. Tentunya tersedia pula beragam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat foto-foto unik sesuai selera.

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Jalan

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Kebun

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Bunga

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Buah

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Masjid 50MP

50MP

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Makanan

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Tanaman

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Dekor

Secara keseluruhan foto-foto yang dihasilkan oleh kamera belakang realme 9 Pro+ terbilang memiliki warna menawan dengan saturasi yang telah ditingkatkan. Setiap detail dari objek juga diabadikan dengan sangat baik.

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Malam Lampu Night

Night Mode

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Malam Mall Night

Night Mode

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Malam Jalan

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Malam Neon Trail

Keuntungan memiliki sensor lensa yang lebih besar berkat Sony IMX766 dapat sangat terlihat saat fotografi malam hari. Kamera belakang realme 9 Pro+ berhasil mengisolasi pendaran cahaya lampu dengan sangat baik dan warna kuning jingganya pun terbilang akurat.

Foto malam dengan menggunakan fitur Night terlihat sangat jernih karena noise berhasil dikurangi secara signifikan. Dengan menggunakan fitur Long Exposure, kreasi foto malam hari bakal semakin keren untuk membuat Light trail maupun Neon trail.

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Mall Auto

Auto

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Mall Super-wide

Super-wide

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Malam Mall Auto

Auto

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Malam Mall Super-wide

Super-wide

Lensa sekunder dari realme 9 Pro+ baik Super-wide maupun makro juga terbilang cukup mumpuni. Pada lensa Super-wide, sudut pandang terlihat jauh lebih luas dan komposisi warna hampir sama dengan lensa utama namun sedikit cenderung lebih gelap.

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Makro Daun

realme 9 Pro+ Kamera Belakang Makro Mainan

Sementara untuk lensa makro, detail objek dapat tertangkap dengan cukup baik untuk jarak pengambilan 4cm. Hanya saja memang masih ada distorsi di sekeliling objek jika pencahayaan sekitar kurang optimal. Reproduksi warna juga sedikit lebih pudar, namun sebagai gantinya foto jadi lebih jelas.

realme 9 Pro+ Kamera Depan Auto

Auto

realme 9 Pro+ Kamera Depan Portrait

Portrait

realme 9 Pro+ Kamera Depan Indoor Auto

Auto

realme 9 Pro+ Kamera Depan Indoor Portrait

Portrait

Soal kamera depan, realme 9 Pro+ sangat bisa diandalkan untuk mengambil selfie. Foto yang dihasilkan terlihat tajam, detail, dan memiliki warna akurat. Efek bokeh yang diberikan pun memotong pinggiran subjek dengan rapi sehingga memberikan kesan lebih natural.

Ketangguhan realme 9 Pro+ tidak hanya dikarenakan segmen fotografi yang sudah dilengkapi fitur flagship saja, melainkan juga performa yang dimilikinya. Dapur pacu dari smartphone ini ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 920 5G yang sudah menggunakan fabrikasi 6nm sehingga punya tingkat efisiensi yang tinggi dan modern.

Chipset dengan CPU 8 inti tersebut turut dilengkapi GPU Mali-G68 untuk menunjang segala jenis aplikasi baik itu sosial media hingga game. Apalagi realme juga membenamkan sistem pendingin Vapor Chamber Cooling yang diklaim dapat menurunkan suhu komponen hingga 10°C agar realme 9 Pro+ dapat digunakan secara nyaman lebih lama.

realme 9 Pro Plus Spesifikasi UI

Untuk mengakomodasi aplikasi masa kini yang semakin membutuhkan memori besar, realme 9 Pro+ hadir dalam dua varian meliputi RAM 8GB dan penyimpanan 128GB serta RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Menariknya lagi, terdapat fitur bernama Dynamic RAM Expansion (DRE) hingga 5GB yang akan semakin meningkatkan kinerja sistem.

Kemampuan tinggi dari realme 9 Pro+ dapat langsung terlihat dari hasil pengujian dari beberapa aplikasi benchmark populer. Pada AnTuTu v9, smartphone ini mampu meraih skor sebesar 490.039 poin yang mana tergolong tinggi untuk smartphone kelas menengah.

realme 9 Pro Plus Benchmark Performa

Sementara pada Geekbench 5 menghasilkan skor 811 poin untuk Single-Core dan 2.301 poin untuk Multi-Core. Dengan skor setinggi itu, tidak heran jika realme 9 Pro+ akan sangat lancar saat digunakan dalam keseharian, baik itu menikmati konten hiburan hingga bermain game di waktu senggang.

Berbicara tentang game, realme 9 Pro+ dapat menjalankan game MOBA seperti Mobile Legends dengan sangat lancar menggunakan pengaturan semaksimal mungkin.

Bahkan saat bertempur tim 5v5 pun tidak muncul lag atau patah-patah sama sekali sehingga dapat merespon serangan lawan dengan lebih cepat. Begitu juga saat menggunakan skill, bidikan menjadi lebih akurat untuk mengenai lawan.

realme 9 Pro Plus Mobile Legends

Sementara untuk game yang lebih berat lagi seperti PUBG Mobile, realme 9 Pro+ juga terlihat tidak mengalami kendala sama sekali. Game dapat berjalan secara lancar baik saat bertempur maupun eksplorasi pada pengaturan Graphic HDR dengan Frame Rate Ultra.

Grafis yang ditawarkan pada pengaturan tersebut terbilang sangat mulus, termasuk di pinggiran model karakter dan lainnya. Dengan begitu musuh pun dapat terdeteksi lebih mudah karena gambar tidak buram.

realme 9 Pro Plus PUBG Mobile

Performa mulus yang dimiliki oleh realme 9 Pro+ juga tidak lepas dari campur tangan realme UI 3.0 berbasis Android 12. Dengan sudah menggunakan sistem operasi terbaru, smartphone ini tentunya bakal lebih siap untuk digunakan hingga masa yang akan datang.

Buat yang senang bermain game pastinya tidak akan kecewa dengan kinerja yang ditawarkan oleh realme 9 Pro+ berkat adanya chipset Dimensity 920 5G serta fitur-fitur lain yang menemaninya. Ditambah lagi realme 9 Pro+ juga menghadirkan pengalaman audio visual yang menawan.

realme 9 Pro Plus (7)

Layar AMOLED berukuran 6,4 inci yang tebar pesona pada bagian depannya memiliki resolusi FHD+ 2400 x 1080 piksel dengan tingkat kecerahan mencapai 1.000 nits. Alhasil gambar yang ditampilkan tidak hanya terlihat tajam melainkan juga punya warna cerah. Sementara dual speaker stereo dengan Dolby Atmos akan menyajikan suara yang lebih hidup.

Desain layar dari realme 9 Pro+ sendiri menggunakan punch hole yang sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5 sehingga lebih tahan terhadap goresan dan terlihat lebih luas saat menikmati konten hiburan seperti menyaksikan video. Tak ketinggalan dukungan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 360Hz turut menunjang layarnya agar selalu terasa responsif ketika digunakan.

realme 9 Pro Plus (6)

Namun ada satu fitur yang membuat layar dari realme 9 Pro+ berbeda dari smartphone lainnya. Sensor pemindai jari yang terbenam di dalam layarnya ternyata juga memiliki fungsi untuk mendeteksi detak jantung. Fitur yang biasanya ada di smartphone kelas atas tersebut tentunya bakal sangat membantu bagi pengguna yang harus selalu memantau kesehatan.

Dengan segala spesifikasi yang dimilikinya, baterai 4.500mAh dipercaya sebagai sumber tenaga dari realme 9 Pro+. Kapasitas baterai sebesar itu sudah mencukupi untuk menunjang aktivitas sepanjang hari dalam skenario penggunaan normal.

Saat diuji melalui aplikasi PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar 50%, realme 9 Pro+ berhasil mendapatkan skor sekitar 16 jam 54 menit pada mode refresh rate 60Hz dan 16 jam 18 menit pada mode refresh rate 90Hz.

Sementara soal pengisian daya, smartphone ini didukung teknologi 60W SuperDart Charge melalui port USB-C serta dual-cell battery yang diklaim dapat mengisi daya sebanyak 50% dalam waktu 15 menit saja.

realme 9 Pro Plus Benchmark Baterai

Dalam penggunaan secara nyatanya, baterai realme 9 Pro+ terisi sekitar 44 menit dari yang tadinya tersisa hanya 10% hingga menjadi kembali penuh. Dengan begitu tidak perlu khawatir jika harus mengisi daya saat tengah buru-buru beraktivitas.

Di samping itu semua, realme 9 Pro+ tentunya juga turut dibekali fitur-fitur konektivitas masa kini seperti jaringan 5G, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1, hingga NFC. Tersedia pula dua slot untuk kartu SIM dan satu slot untuk microSD sehingga tidak perlu khawatir harus memilih salah satu layaknya slot hibrida.

Melihat kemampuan serta fitur yang dibawanya, maka tidak heran jika realme 9 Pro+ bakal menjadi salah satu smartphone yang akan memopulerkan jaringan 5G ke masyarakat umum mengingat harganya yang hanya Rp 4 jutaan.

Satu hal yang pasti, realme 9 Pro+ terlihat menjanjikan pengalaman smartphone flagship mulai dari kamera hingga desainnya karena menawarkan nilai yang melebihi harganya. Performa yang dihadirkan pun akan membuat segala aplikasi favorit dapat selalu berjalan lancar.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar