Berita Smartphone

Seberapa Canggih Kamera Realme 9 Pro+? Ini Perbandingannya

realme 9 Pro Plus (2)

realme beberapa waktu lalu sempat membuat halaman web realme Camera Lab untuk menunjukkan kemampuan kamera realme 9 Pro+ dan dibandingkan dengan kamera dari handphone kelas flagship seperti Samsung Galaxy S21 Ultra dan Xiaomi 12.

Nah kebetulan saya sendiri sedang memegang handphone Samsung Galaxy S21 Ultra dan realme 9 Pro+ sehingga tergelitik untuk membuktikan langsung apakah benar kamera realme 9 Pro+ kualitasnya setara dengan handphone flagship.

Setelah saya uji coba, saya bisa bilang realme 9 Pro+ memang unggul di kategori tertentu namun secara keseluruhan masih belum bisa mengungguli kamera Samsung Galaxy S21 Ultra.

Lebih jelasnya bisa dilihat di perbandingan hasil foto dan video yang saya hasilkan di berbagai situasi berikut (tiap foto bisa diklik untuk melihat versi lebih besar).

Kamera 01 - realme 9 Pro+

Auto – realme 9 Pro+

Kamera 01 - Samsung Galaxy S21 Ultra

Auto – Samsung Galaxy S21 Ultra

Di foto ini hasil kamera utama realme 9 Pro+ tampil lebih terang termasuk area langit sehingga mengaburkan warna biru langit. Galaxy S21 Ultra terlihat lebih natural cahayanya dan warna hijau daun pun mirip dengan aslinya.

Kamera 03 - Wide - realme 9 Pro+

Ultrawide Auto – realme 9 Pro+

Kamera 03 - Wide - Samsung Galaxy S21 Ultra

Ultrawide Auto – Samsung Galaxy S21 Ultra

Untuk lensa ultrawide, terdapat perbedaan kualitas yang cukup kentara antara Galaxy S21 Ultra dengan realme 9 Pro+. Hasil foto Galaxy S21 Ultra terlihat lebih detail dan tajam, awan mendung pada langit pun terlihat jelas.

Kamera 02 - Portrait - realme 9 Pro+

Portrait – realme 9 Pro+

Kamera 02 - Portrait - Samsung Galaxy S21 Ultra

Portrait – Samsung Galaxy S21 Ultra

Di mode portrait, realme 9 Pro+ menghasilkan foto yang lebih tajam dan detail dibandingkan Galaxy S21 Ultra. Warna kulit saya juga terlihat lebih natural di realme 9 Pro+.

Kamera 08 - realme 9 Pro+

Auto – realme 9 Pro+

Kamera 08 - Samsung Galaxy S21 Ultra

Auto – Samsung Galaxy S21 Ultra

Kondisi cahaya redup adalah momen di mana kamera realme 9 Pro+ menunjukkan kecanggihannya. Foto malam hasil realme 9 Pro+ terlihat minim noise dan jelas, berbeda dengan Galaxy S21 Ultra yang terlihat banyak noise.

Kamera 09 - Night Mode - realme 9 Pro+

Night Mode – realme 9 Pro+

Kamera 09 - Night Mode - Samsung Galaxy S21 Ultra

Night Mode – Samsung Galaxy S21 Ultra

Menggunakan Night Mode, hasil foto Galaxy S21 Ultra terlihat lebih jernih namun warna lampu terlihat lebih dingin sedangkan realme 9 Pro+ warnanya lebih akurat. Di beberapa sisi foto seperti logo Holland Bakery dan Levi’s terlihat lebih jelas di Galaxy S21 Ultra sedangkan pepohonan terlihat lebih jelas di realme 9 Pro+

Keduanya tampak sama-sama bagus di bagian ini tapi saya pribadi lebih memilih hasil foto realme 9 Pro+ yang warnanya tampil lebih hangat seperti aslinya.

Kamera 10 - Wide - realme 9 Pro+

Ultrawide Auto – realme 9 Pro+

Kamera 10 - Wide - Samsung Galaxy S21 Ultra

Ultrawide Auto – Samsung Galaxy S21 Ultra

Foto dengan lensa ultrawide di posisi yang sama dengan foto sebelumnya kini terlihat bahwa kamera Galaxy S21 Ultra terlihat lebih bagus sedangkan hasil foto dari realme 9 Pro+ terlihat terlalu gelap. Wajar melihat sensor Sony IMX766 tampaknya hanya untuk lensa utama realme 9 Pro+ saja.

Kamera 11 - Wide Night - realme 9 Pro+

Ultrawide Night Mode – realme 9 Pro+

Kamera 11 - Wide Night - Samsung Galaxy S21 Ultra

Ultrawide Night Mode – Samsung Galaxy S21 Ultra

Night Mode bisa digunakan di lensa ultrawide kedua handphone ini. Walau hasil foto realme 9 Pro+ kini tampak lebih jelas, secara keseluruhan masih lebih bagus Samsung Galaxy S21 Ultra.

Kamera 12 - realme 9 Pro+

Auto – realme 9 Pro+

Kamera 12 - Samsung Galaxy S21 Ultra

Auto – Samsung Galaxy S21 Ultra

Ketika saya uji coba foto diri menggunakan kamera utama kedua handphone ini di sebuah kafe dengan pencahayaan redup, hasilnya foto dari realme 9 Pro+ tampil lebih bagus dan tajam dengan detail permukaan wajah saya terekam dengan baik dan warna yang akurat. Di sisi lain Galaxy S21 Ultra kembali memproses foto dengan warna yang lebih dingin dan hasilnya pun kurang tajam.

Kamera 15 - Selfie Portrait - realme 9 Pro+

Selfie Portrait – realme 9 Pro+

Kamera 15 - Selfie Portrait - Samsung Galaxy S21 Ultra

Selfie Portrait – Samsung Galaxy S21 Ultra

Untuk kamera depannya, Galaxy S21 Ultra terlihat lebih bagus dengan detail pada foto terekam dengan baik dan warna yang mendekati asli. Sedangkan realme 9 Pro+ fotonya terlihat lebih buram, ini terlihat dari detail pada permukaan muka saya baju yang dikenakan.

Kamera 17 - Selfie Portrait - realme 9 Pro+

Selfie Portrait – realme 9 Pro+

Kamera 17 - Selfie Portrait - Samsung Galaxy S21 Ultra

Selfie Portrait – Samsung Galaxy S21 Ultra

Di malam hari hasil foto selfie-nya terlihat lebih tajam di realme 9 Pro+. Namun begitu, Galaxy S21 Ultra warnanya terlihat lebih natural.

Kamera 18 - Selfie Night - realme 9 Pro+

Selfie Night Mode – realme 9 Pro+

Kamera 18 - Selfie Night - Samsung Galaxy S21 Ultra

Selfie Night Mode – Samsung Galaxy S21 Ultra

Night Mode untuk foto selfie di kedua handphone berhasil membuat fotonya tampil lebih terang. Namun masalah yang sama kembali hadir, realme 9 Pro+ fotonya lebih detail namun Galaxy S21 Ultra warnanya lebih natural.







Untuk urusan rekaman video, realme 9 pro+ terlihat kurang stabil kameranya dan warnanya cenderung agak lebih dingin. Di sini kamera Galaxy S21 Ultra terlihat lebih memuaskan dengan video yang stabil dan warna yang lebih akurat.







Rekaman video menggunakan kamera depan di realme 9 Pro+ lebih tidak stabil lagi. Getaran pada video terlihat dengan jelas ketika saya merekam sambil berjalan kaki dan gambarnya pun terlihat sedikit lebih terang. Di lain sisi, Galaxy S21 Ultra rekamannya terlihat lebih stabil namun agak sedikit lebih gelap.







Di malam hari, tidak seperti hasil fotonya, hasil rekaman video realme 9 Pro+ terlihat tidak bagus dengan video terlihat buram dan tidak stabil. Beberapa area video malah terlihat seperti jeli yang bergoyang ketika saya berjalan kaki.







Rekaman video di malam hari menggunakan kamera depan realme 9 Pro+ hasilnya juga tidak stabil dan banyak noise. Namun begitu videonya terlihat lebih terang sedangkan Galaxy S21 Ultra terlihat lebih gelap sehingga mengaburkan subjek video.

Dari berbagai foto dan video yang telah dihasilkan, saya bisa menarik kesimpulan bahwa kamera realme 9 Pro+ unggul di bagian berikut:

  • Portrait
  • Kamera utama di cahaya redup
  • Kamera depan di cahaya redup

Sedangkan untuk Samsung Galaxy S21 Ultra unggul di bagian ini:

  • Kamera utama di cahaya terang
  • Kamera ultrawide di cahaya terang maupun redup
  • Kamera depan di cahaya terang
  • Video di kamera utama dan depan baik di cahaya terang maupun redup

Terlihat bahwa realme 9 Pro+ memang unggul kameranya di cahaya redup kecuali untuk lensa sudut lebarnya. Secara keseluruhan sebetulnya kamera Samsung Galaxy S21 Ultra lebih unggul namun melihat realme 9 Pro+ harganya jauh lebih murah kameranya tergolong memuaskan di kelas harganya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar