ASUS TUF Gaming FA506
Bengkel

Kenapa HP realme Sering Tiba-Tiba Cahaya Layarnya Menjadi Redup?

hp realme tiba-tiba cahayanya redup

Gadgetren – Perusahaan teknologi seperti realme senantiasa menambahkan fitur dan dukungan baru ke dalam ekosistem smartphone buatannya untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Adapun beberapa di antaranya termasuk juga dukungan yang dirancang secara khusus untuk layar yang digunakan sehingga tidak membuat mata sakit saat digunakan dalam berbagai macam kondisi atau berlama-lama.

Namun adanya fitur dan dukungan ini, kadang-kadang diikuti oleh beberapa permasalahan. Nah berkaitan dengan masalah ini, saya akan mencoba mengulas sebuah pertanyaan yang disampaikan oleh pengguna realme kepada kami beberapa waktu lalu.

Pertanyaan:

Kenapa HP realme sering secara tiba-tiba cahaya layarnya menjadi redup, Min?

Jawaban:

Sama dengan kebanyakan perusahaan smartphone lain, realme biasanya melengkapi layar pada smartphone yang dikembangkannya dengan dukungan sebuah sensor yang disebut proximity.

Berdasarkan keterangan yang tertulis di halaman Wikipedia, sensor proximity merupakan sensor yang dapat digunakan untuk mendeteksi benda-benda yang mendekat ke perangkat tanpa menyentuhnya secara fisik.

Sensor ini biasanya dipasang di smartphone untuk menciptakan sistem otomatis seperti sistem untuk mencegah sentuhan yang tidak disengaja saat pengguna melakukan panggilan telepon dan mendekatkan smartphone ke telinganya.

Meskipun jenis sensor proximity cukup banyak, tetapi smartphone biasanya menggunakan sensor berbasis cahaya (optical) sehingga sensor juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sistem mengatur kecerahan layar seccara otomatis.

Nah inilah salah satu alasan kenapa layar smartphone, termasuk smartphone buatan realme, bisa saja tiba-tiba meredup atau terang dengan sendirinya saat digunakan dalam kondisi cahaya yang berbeda.

Ketika pengguna mengaktifkan fitur auto brightness di dalam pengaturan, sensor proximity akan membaca perubahan cahaya di sekitarnya dan sistem akan menerapkan pengaturan kecerahan sesuai dengan data yang dibaca oleh sensor tersebut.

Bagi kamu yang merasa terganggu dengan adanya dukungan ini, kamu bisa menonaktifkan pengaturan auto brightness melalui Settings, lalu masuk ke Display & Brightness dan ketuk tombol slider Auto Brightness.

HP Realme Tiba-Tiba Cahayanya Redup - Auto Brightness

Namun perlu saya pertegas, aktifnya sensor proximity ini juga bisa dipengaruhi oleh aplikasi pihak ketiga. Jadi, bisa saja fitur auto brightness tetap aktif karena aplikasi pihak ketiga tersebut meskipun pengaturannya dinonaktifkan.

Oleh karena itu, kamu bisa menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari perangkat kalau memang diperlukan. Jika kesulitan mencarinya, kamu bisa mulai menghapus dari aplikasi launcher pihak ketiga dan aplikasi yang baru saja diinstal terlebih dahulu.

Selain dari sensor proximity, kecerahan layar yang tiba-tiba meredup juga bisa diakibatkan oleh fitur Smart Power Saver. Di dalam fitur ini terdapat sebuah fitur penghemat daya yang bisa mereduksi kecerahan layar ketika baterai perangkat hampir habis.

HP Realme Tiba-Tiba Cahayanya Redup - Power Save

Kamu bisa menemukan pengaturan untuk fitur ini dari Settings  lalu memilih opsi Battery. Selanjutnya, kamu bisa memilih Smart power saving scenarios dan menonaktifkan opsi Sleeping Mode untuk mencegah layar redup saat baterai akan habis.

Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan tetapi masalah kecerahan layar belum terselesaikan, ada baiknya kamu membawa smartphone ke pusat perbaikan. Tidak bisa dipungkiri, masalah kecerahan layar ini pun bisa terjadi akibat kerusakan piranti kerasnya.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar