Tablet

Samsung Galaxy Tab S8 Vs Galaxy Tab S7 – Apa Perbedaanya?

Samsung Galaxy Tab S8 Vs Galaxy Tab S7 Header

Gadgetren – Lebih dari satu tahun lamanya, Samsung akhirnya menghadirkan penerus dari Galaxy Tab S7 yang bernama Galaxy Tab S8 di Indonesia.

Meskipun masih ada beberapa bagian yang sama, namun Samsung Galaxy Tab S8 telah mengalami peningkatan di berbagai aspek dibandingkan Galaxy Tab S7, seperti spesifikasi hardware dan fitur.

Dilihat dari bagian depan, kedua perangkat ini dibekali layar yang mirip dengan lebar 11 inci, resolusi 2560 x 1600 piksel, dan teknologi LTPS LCD yang dapat menampilkan konten dengan baik.

Berbekal refresh rate 120Hz, layar kedua produk ini pun mampu menampilkan gerakan transisi antar menu atau animasi game yang halus sehingga akan memanjakan mata penggunanya.

Perbedaan Galaxy Tab S8 dan Galaxy Tab S7

Meskipun sama-sama dilengkapi dengan S Pen, namun Galaxy Tab S8 mempunyai latensi 6,2ms yang membuat tingkat respon sentuhan terhadap layar lebih cepat dibandingkan Galaxy Tab S7 dengan latensi 9ms.

S-Pen selain untuk mencoret, menulis, maupun menggambar juga dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan slide presentasi, menjadi shutter kamera di tablet, shortcut untuk berbagai fungsi, dan lainnya.

Menariknya lagi, Galaxy Tab S8 juga dibekali dengan dukungan Clip Studio Paint yang dapat membuat layar menjadi kanvas untuk melukis atau menggambar. Sementara handphone yang tersinkronisasi bisa menjadi sebuah palet warna.

Samsung Galaxy Tab S8

Contohnya pengguna dapat memilih warna pada palet digital yang tersedia di handphone dan selanjutnya S Pen akan menggoreskan warna yang dipilih pada aplikasi Clip Studio Paint.

Berbeda dengan Galaxy Tab S7 yang menggunakan kamera depan 8 MP, kali ini Galaxy Tab S8 memakai kamera depan 12 MP berjenis ultrawide yang dapat mengimplementasi fitur Auto Framing.

Dengan hadirnya fitur Auto Framing ini memungkinkan pengguna dapat tetap tersorot ketika video conference sedang berlangsung karena secara otomatis akan memperbesar atau menyesuaikan proporsi video secara tepat ketika pengguna sedang berbicara atau beraksi.

Samsung Galaxy Tab S8 Series 5 G autoframing

Fitur Auto Framing juga memungkinkan pengguna dapat melakukan Zoom In dan Zoom Out pada saat peserta lain yang baru bergabung di dekat pengguna untuk mendapatkan sudut pandang yang optimal.

Pada paruh pertama tahun 2022 akan tersedia aplikasi video editor premium LumaFusion di Galaxy Store yang dapat diunduh untuk Samsung Galaxy Tab S8. Aplikasi ini hadir dengan banyak tools yang mengizinkan penggunanya dapat membuat video menarik dengan kualitas SD, HD, Full HD, hingga 4K.

Dapur pacu dari Galaxy Tab S8 sudah dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm) Octa-Core yang lebih efisien dan bertenaga dibandingkan Galaxy Tab S7 yang masih menggunakan Snapdragon 865 (7nm+) Octa-Core atau dua generasi lebih lawas.

Samsung Galaxy Tab S7 Gaming

Samsung Galaxy Tab S8 juga dibekali modem-RF System Snapdragon X65 5G yang mampu mendukung jaringan 5G hingga kecepatan download 10 Gbps. Meskipun Galaxy Tab S7 juga sebenarnya memiliki dukungan modem 5G, namun pada saat itu tidak diaktifkan karena belum ada jaringan 5G pada tahun 2020 silam di Indonesia.

Sebuah hal yang wajar bagi Galaxy Tab S8 memiliki harga yang lebih mahal karena fitur dan spesifikasi hardware yang dibawanya jauh lebih unggul dibandingkan dengan Galaxy Tab S7.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 dan Galaxy Tab S7

SpesifikasiGalaxy Tab S8Galaxy Tab S7
LayarLayar LTPS TFT, 11 inci, resolusi 2560 x 1600 piksel, refresh rate 120HzLayar LTPS TFT, 11 inci, resolusi 2560 x 1600 piksel, refresh rate 120Hz
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm) Octa-CoreQualcomm Snapdragon 865 (7nm+) Octa-Core
RAM / penyimpanan8 GB / 128 GB6 GB / 128 GB
Kamera BelakangKamera utama 13 MP
Kamera ultrawide 6 MP
Kamera utama 13 MP
Kamera ultrawide 5 MP
Kamera Depanultrawide 12 MPwide 8 MP
Baterai8.000mAh
45W Fast Charging
8.000mAh
45W Fast Charging
Sistem OperasiOneUI 4.1 (Android 12)OneUI 2.5 (Android 10), bisa ditingkatkan menjadi OneUI 4 (Android 12)
Fitur LainnyaS-Pen latensi 6,2ms
WiFi, Bluetooth, 5G, 4G-LTE, sensor fingerprint, Face Unlock, port USB Type-C
S-Pen latensi 9ms
WiFi, Bluetooth, 4G-LTE, sensor fingerprint, Face Unlock, port USB Type-C

Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar