Tablet

Fitur dan Kelebihan Samsung Galaxy Tab S8 Series – Semakin Canggih dan Menarik

Samsung Galaxy Tab S8 Plus Warna

Gadgetren – Dalam segmen tablet kelas menengah hingga atas, Samsung Galaxy Tab S8 Series telah hadir di Indonesia dengan membawa spesifikasi hardware bertenaga.

Tak hanya sampai di situ saja, Samsung Galaxy Tab S8 Series turut membawa desain layar menarik dan ukuran layar yang besar sehingga membuat penggunanya leluasa dalam menikmati beragam konten.

Dibandingkan generasi sebelumnya, Samsung Galaxy Tab S8 Series dilengkapi fitur baru dan kelebihan yang bakal menarik perhatian banyak orang. Ada apa saja?

Fitur dan Kelebihan Samsung Galaxy Tab S8 Series

S-Pen dan Clip Studio Paint

Samsung telah menghadirkan S-Pen terbaru pada Galaxy Tab S8 Ultra dan Tab S8+ dengan algoritma prediksi sehingga mempunyai latensi yang sangat rendah dibandingkan dengan Galaxy Tab generasi sebelumnya.

Dengan latensi 2,8 ms, pengguna akan dapat merasakan pengalaman menulis, mencoret, maupun menggambar layaknya di atas kertas ketika menggunakan aplikasi Samsung Notes. Sementara itu, Samsung Galaxy Tab S8 mendukung S-Pen yang sedikit berbeda karena hanya mempunyai latensi 6,2ms.

Samsung Galaxy Tab S8 series 5G 1

Samsung menghadirkan kerja sama eksklusif dengan aplikasi Clip Studio Paint untuk Samsung Galaxy Tab S8 Series. Dengan aplikasi ini, tablet dapat menjadi sebuah kanvas untuk melukis maupun menggambar.

Menariknya lagi, aplikasi ini mampu membuat handphone menjadi palet warna digital untuk dipilih dengan S Pen dan langsung dimasukkan ke dalam kanvas yang berada pada Galaxy Tab S8 Series sehingga proses menggambar menjadi lebih cepat.

Dengan dukungan Clip Studio Paint, pengguna tablet disajikan beragam pilihan kuas untuk menyesuaikan proses gambar, kemudahan pemilihan warna asli dari foto yang berada di handphone yang terhubung dengan tablet, dan tool yang dapat dikustomisasi.

Fitur Video Conference

Pada masa pandemi ini, banyak orang yang melakukan pekerjaannya dari rumah dengan berkomunikasi melalui fitur Video Conference. Hal ini membuat Samsung dapat menghadirkan fitur Auto Framing untuk menunjang kebutuhan tersebut.

Samsung-Galaxy-Tab-S8-Series-5-G-autoframing

Fitur Auto Framing memungkinkan pengguna tetap tersorot pada saat video conference berlangsung karena secara otomatis akan memperbesar atau menyesuaikan proporsi video secara tepat ketika pengguna sedang berbicara atau beraksi.

Auto Framing memiliki kemampuan melakukan Zoom In dan Zoom Out ketika ada peserta yang baru bergabung di dekat pengguna untuk mendapatkan sudut pandang yang optimal.

Samsung-Galaxy-Tab-S8-Series-5G-face-dual-recording

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra hadir dengan dua kamera depan yang terdiri dari kamera utama 12 MP dan kamera ultrawide 12 MP. Hal ini membuat Samsung menghadirkan fitur Screen & Face Dual Recording yang memungkinkan pengguna menampilkan wajahnya ketika merekam video tutorial sehingga akan muncul dua sudut pandang video yang ditampilkan.

Hadirnya Aplikasi LumaFusion

Pada Samsung Galaxy Tab S8, Tab S8+, dan Tab S8 Ultra telah disematkan aplikasi video editor premium yang bernama LumaFusion. Dalam aplikasi ini terdapat banyak tools yang memungkinkan pengguna tablet besutan Samsung tersebut menghasilkan video dengan lebih menarik.

Samsung-Galaxy-Tab-S8-Series-5G.

Apalagi LumFusion dapat dimanfaatkan untuk mengedit video mulai dari resolusi SD, HD, Full HD, hingga 4K dengan lancar. Nantinya aplikasi ini dapat diunduh dari Galaxy Store mulai paruh pertama tahun 2022. Sementara itu, LumiFusion hanya dapat berjalan pada sistem operasi Android 11 atau versi di atasnya.

Layar Besar dan Responsif

Samsung Galaxy Tab S8 Series mempunyai layar berukuran besar yang dapat memanjakan penggunanya ketika menonton video, memainkan game, mengetik dokumen, membuka media sosial, dan lainnya. Seluruh Galaxy Tab S8 Series sama-sama dilengkapi dengan refresh rate 120Hz yang dapat menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi game dengan sangat halus.

Samsung-Galaxy-Tab-S8-Series-5G

Samsung Galaxy Tab S8+ dan Tab S8 Ultra sudah menggunakan layar berteknologi Super AMOLED dan HDR10+ yang dapat menampilkan gambar secara tajam serta terang. Sementara Galaxy Tab S8 masih menggunakan layar berteknologi LTPS TFT.

Dari resolusi layar pun ketiga perangkat ini berbeda yang mana Galaxy Tab S8 Ultra hadir dengan resolusi 2960 x 1848 piksel, Galaxy Tab S8+ dengan 2800 x 1752 piksel, dan Galaxy Tab S8 dengan 2560 x 1600 piksel.

Performa Bertenaga dan Baterai Jumbo

Untuk Samsung Galaxy Tab S8 Series yang hadir di Indonesia sama-sama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm) Octa-Core 3 GHz yang memiliki kinerja bertenaga sehingga mampu melahap game atau aplikasi berat sekalipun.

Samsung-Galaxy-Tab-S8-Ultra-Book-cover-keyboard

Tak hanya sampai di situ saja, semua tablet ini sudah mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 10 Gbps. Namun baru Galaxy Tab S8 saja yang memiliki varian Wi-Fi Only jika berencana untuk tidak menggunakan operator seluler sama sekali.

Untuk mendukung pemakaian yang lama, Samsung pun telah membenamkan baterai 11.200mAh untuk Galaxy Tab S8 Ultra, 10.090mAh untuk Galaxy Tab S8+, dan 8.000mAh untuk Galaxy Tab S8.

Adapun fitur 45W Fast Charging telah telah dibenamkan pada ketiga tablet ini di mana baterai Galaxy Tab S8+ dan Tab S8 Ultra mampu terisi dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu 82 menit. Sementara Galaxy Tab S8 dapat terisi dari 0% ke 100% selama 80 menit.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar