ASUS TUF Gaming FX507
Tekno Tips dan Trik

Apakah TV Digital Perlu Set Top Box? Biar Tidak Terlanjur Beli Simak Dulu Jawabannya!

Apakah TV Digital Perlu Set Top Box - Header

Gadgetren – Menonton tayangan televisi (TV) digital memang bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat tambahan bernama Set Top Box (STB) yang mana kini mulai tersedia banyak di pasaran.

Bagi kamu yang belum tahu, STB secara sederhana merupakan perangkat informasi di mana umumnya memuat komponen untuk mengubah gelombang yang dipancarkan oleh stasiun TV menjadi sinyal audio maupun video supaya bisa ditonton.

Hanya saja berbeda dari TV biasa, STB tidak membawa layar sendiri melainkan menggantinya dengan output eksternal ke perangkat lain baik memanfaatkan port modern seperti HDMI atau lebih lama semisal kabel RCA.

Tergantung jenisnya, STB pun secara khusus dapat menangkap siaran dari saluran analog maupun digital baik itu yang ditransmisikan sebagai TV kabel, satelit, maupun dan sistem over-the-air (terestrial) di mana sekarang masih banyak dipakai.

STB pun sekarang menjadi salah satu perangkat yang direkomendasikan supaya kita dapat menikmati saluran digital apabila kita sudah mempunyai TV. Namun apakah kita benar-benar perlu membelinya?

Apakah Mengakses Saluran TV Digital Perlu Set Top Box?

Ada dua jawaban berbeda dalam hal ini di mana meliputi Ya jika perangkat TV yang digunakan sebelumnya hanya mendukung saluran analog dan Tidak jika sudah dilengkapi dengan dukungan digital.

Seperti penjelasan sebelumnya, STB akan diperlukan untuk mengubah sinyal radio dari siaran digital ke video dan audio supaya bisa ditonton. Berkat itu tentu kita tidak memerlukannya jika TV yang dimiliki sudah membawa kemampuan tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu, TV yang mendukung siaran digital salah satunya dapat dilihat dari stiker khusus seperti Integrated Digital Tuner, Digital Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Receiver, Digital Tuner Built-In, DTV, hingga ATSC.

Kita juga bisa mengeceknya secara langsung di mode siaran karena saluran TV digital biasanya terdiri dari banyak tipe penayangan. Contohnya untuk TVRI, kita akan menjumpai TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, serta TVRI Sport HD.

Selain itu, kita juga bisa mencari tahu lewat menu sumber video yang dapat diakses dengan menekan tombol Source yang mana akan menampilkan menu pilihan TV digital jika sudah tersedia atau mengeceknya melalui internet.

Sementara jika TV belum bisa melakukan pengolahan sinyal digital, maka kita memerlukan STB supaya dapat menikmatinya. Hanya saja perlu diingat bahwa kita tidak dapat memakai sembarangan perangkat tetapi kita harus memilihnya dengan benar.

Kominfo sebenarnya sudah menyediakan daftar khusus mengenai perangkat mana saja yang akan mendukung TV digital. Namun jika kesulitan untuk mendapatkannya, kita dapat memilih STB yang bertuliskan DVB-T2 atau Siap Digital.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar