Tekno Tips dan Trik

Cara Cek Apakah TV Sudah Digital Atau Masih Analog Sebelum Keluar Biaya

Cara Cek TV Digital Atau Analog - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Televisi (TV) digital dan analog memang beroperasi dengan proses transmisi maupun sinyal yang berbeda. Agar bisa menikmati salah satunya, maka kita harus memilih perangkat yang tepat.

Perbedaan kebutuhan ini tentu harus diperhatikan oleh sebagian di antara kita. Apalagi beberapa waktu mendatang, pemerintah akan mulai implementasi program mematikan siaran analog atau biasa disebut dengan Analog Switch Off (ASO).

Kita soalnya bakal membutuhkan perangkat yang mendukung siaran digital setelahnya yang mana secara tidak langsung memerlukan sejumlah dana untuk sekedar membeli Set Top Box atau bahkan TV yang baru jika memang terpaksa.

TV digital untungnya bukan tergolong teknologi yang relatif baru. Beberapa orang sudah menggunakannya meskipun mungkin belum menyadari hal tersebut dan bahkan masih memakainya dengan pengaturan dalam sistem analog.

Kita pun bisa mengecek apakah TV yang dimiliki sudah mendukung saluran digital atau hanya analog saja dengan cukup mudah. Adapun beberapa di antaranya dengan memakai metode-metode berikut.

Cara Cek TV Digital Atau Analog

Melalui Stiker

Secara fisik, TV dengan dukungan sinyal digital dan analog kadang-kadang tidak mempunyai perbedaan yang terlalu mencolok apalagi jika keduanya masih berasal dari satu perusahaan dan waktu peluncurannya tak terpaut cukup lama.

Kita pun hanya dapat membedakan keduanya dengan melihat stiker yang tertempel. TV digital umumnya akan membawa label khusus seperti Integrated Digital Tuner, Digital Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Receiver, Digital Tuner Built-In, DTV, hingga ATSC.

Namun perlu diperhatikan, standar TV digital sendiri cukup beragam. Jika diperlukan kita juga perlu mengecek apakah perangkat sudah mendukung DVB-T2 yang notabene dipakai secara resmi di Indonesia.

Hal itu secara sederhana dapat dilakukan dengan mencoba mengakses siaran TV digital yang sudah ada. Caranya dengan menekan tombol Source atau Input di remote lalu ubah ke opsi yang sesuai kemudian pindai salurannya.

Jika salurannya muncul maka bisa disimpulkan bahwa perangkat sudah mendukung siaran TV digital di Indonesia. Jika belum maka ada baiknya untuk mencari tahu ke bagian layanan konsumen dari merek terkait supaya mendapatkan informasi lebih lanjut.

Melalui Saluran

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa apa yang sudah ditonton sebenarnya adalah siaran TV digital. Jika kita tahu, hal tersebut padahal bisa dipakai untuk membedakan perangkat dengan TV analog secara lebih mudah.

Pada TV digital, sejumlah saluran soalnya kadang-kadang menayangkan siaran dalam beberapa sub-channel. Contohnya untuk TVRI dapat menjadi TVRI Sports HD, TVRI Budaya, maupun TVRI Nasional itu sendiri.

Jika mendukung beberapa sub-saluran seperti apa yang kami contohkan maka perangkat milikmu merupakan TV digital, maka kamu tak perlu membeli yang baru atau STB supaya tetap bisa menonton siaran TV di masa mendatang.

Melalui Internet

  1. Buka halaman Sertifikasi Perangkat milik Kominfo
  2. Klik Pilih Kategori
    Cara Cek TV Digital Atau Analog - 1
  3. Ubah ke Televisi
    Cara Cek TV Digital Atau Analog - 2
  4. Ketik merek TV yang dimiliki di kolom Merek
  5. Masukkan tipe TV ke kolom Model/Tipe
  6. Nantinya akan muncul tipe TV yang ditulis jika sudah mendukung siaran digital
    Cara Cek TV Digital Atau Analog - 3
  7. Jika belum maka akan ada keterangan khusus sebagaimana tangkapan layar berikut
    Cara Cek TV Digital Atau Analog - 4

Mengecek apakah TV sudah mendukung siaran digital atau analog melalui internet tentu tidak hanya bisa dilakukan melalui halaman Sertifikasi Perangkat Kominfo. Kita pun bisa memperoleh informasi melalui layanan konsumen dari merek terkait.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar