Berita Smartphone

TKDN Samsung Galaxy Tab S8 Series Terungkap, Bakal Segera Hadir di Indonesia?

Samsung-Galaxy-Tab-S8-Ultra-WinFuture-1[sumber foto: WinFuture]

Gadgetren – Setelah banyak diperbincangkan di jagat maya, akhirnya keberadaan Samsung Galaxy Tab S8 di Indonesia mendapat sedikit titik terang.

Dalam waktu dekat Samsung Indonesia pun tampaknya akan segera membawa tablet ini. Hal tersebut bisa dipastikan melalui situs Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dalam daftar sertifikasi layak edar sebuah produk yang dilakukan Kemenperin, Galaxy Tab S8 yang diyakini memiliki tiga model telah lolos uji TKDN pada tanggal 13 Januari 2022.

Sertifikasi Galaxy Tab S8 memiliki nomor 55/SJ-IND.8/TKDN/1/2022 dengan kandungan nilai TKDN berbeda yang mencakup SAMSUNG SM-X906B sebesar 33,40%, SAMSUNG SM-X806B senilai 36,20%, dan SAMSUNG SM-X706B senilai 36,20%.

Terlihat bahwa kemungkinan Samsung akan sekaligus menghadirkan tiga model tablet Galaxy Tab S8 yang ketiganya mengandung nilai TKDN yang berbeda. Menurut pantauan tim Gadgetren, ketiga model Galaxy Tab S8 antara lain Galaxy Tab S8 Ultra, Galaxy Tab S8 Plus, dan Galaxy Tab S8 secara berurutan.

TKDN-Samsung-Galaxy-Tab-S8-

Namun begitu, Samsung Indonesia hingga kini belum mengumumkan waktu peluncuran atau bocoran kehadiran Galaxy Tab S8. Begitu pula pada situs Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI), tablet baru ini belum muncul di dalam daftar sehingga belum mendapatkan 100 persen izin penuh untuk dipasarkan di Indonesia.

Bicara mengenai rumor yang ramai beredar di internet terkait waktu peluncurannya, Galaxy Tab S8 kabarnya akan diperkenalkan secara global berbarengan dengan handphone flagship terbaru seri Galaxy S22 pada tanggal 8 Februari 2022 mendatang.

Sementara soal spesifikasinya sendiri, bila dilansir dari WinFuture sebuah situs asal Jerman menyebutkan bahwa seri Galaxy Tab S8 akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Octa-Core (4nm). Chipset tersebut akan disokong oleh RAM 8 GB atau 16 GB, penyimpanan internal 128 GB, 256 GB, atau 512 GB, serta dukungan slot microSD.

Samsung-Galaxy-Tab-S8-Ultra-WinFuture-belakang[sumber foto: WinFuture]

Dari sisi tampilan, ketiganya akan memiliki refresh rate 120Hz dengan ukuran dan resolusi yang berbeda. Galaxy Tab S8 akan mengusung ukuran layar 11 inci berpanel LTPS TFT, Galaxy Tab S8+ akan berukuran 12,7 inci berpanel Super AMOLED, dan Galaxy Tab S8 Ultra akan berukuran 14,6 inci berpanel Super AMOLED.

Galaxy Tab S8+ dan Galaxy Tab S8 Ultra sama-sama akan dibekali resolusi layar WQXGA+, sedangkan Galaxy Tab S8 Ultra akan didukung resolusi WQXGA. Tampilan antarmukanya akan menjalankan One UI 4.1 berbasiskan Android 12.

Kemudian untuk aspek fotografi akan disokong oleh dua kamera belakang yang meliputi lensa utama 13 MP aperture f/2.0 dan lensa sudut lebar 6 MP dengan aperture f/2.2. Selanjutnya untuk kamera depan, Galaxy Tab S8 dan Galaxy Tab S8+ akan menggunakan lensa 12 MP dan Galaxy Tab S8 Ultra akan menghadirkan dua lensa depan meliputi 12 MP dan 12 MP dengan aperture f/2.2.

Tinggalkan Komentar