ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Cara Memperbaiki Kamera Instagram yang Lonjong / Gepeng

 Cara Memperbaiki Kamera Instagram yang Lonjong

Gadgetren – Dengan jumlah pengguna yang lebih dari 1 miliar orang, Instagram mempunyai lalu lintas data yang sangat padat mulai dari upload video atau foto, berkomentar, Story, dan masih banyak lagi.

Dengan banyak orang yang menghadirkan konten pada Instagram setiap hari, tentunya terkadang beberapa penggunanya mendapatkan masalah baik pada saat upload foto atau video, hingga sekadar melakukan komentar.

Salah satu masalah cukup mengesalkan yang muncul belakangan ini merupakan hasil foto atau video dari kamera handphone menjadi lonjong atau gepeng pada saat ingin membuat konten pada Instagram.

Tentunya apabila lonjong atau gepeng akan membuat konten yang diunggah ke Instagram tidak terlihat estetik dan terkadang banyak dikomplain oleh pengguna lain. Untuk itulah, kamu dapat melakukan beberapa hal untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Kamera Instagram yang Lonjong / Gepeng

Restart Aplikasi Instagram

Terkadang terjadi masalah antara server atau aplikasi secara sementara sehingga membuat hasil foto atau video dari handphone menjadi lonjong atau gepeng ketika akan diunggah pada Post, Story, maupun Reels.

Kamu dapat coba untuk melakukan restart aplikasi Instagram dengan keluar terlebih dulu melalui menu Recent App atau bisa juga Force Stop pada halaman Settings. Selanjutnya, kamu buka kembali Instagram seperti biasa dan semoga saja masalah sudah teratasi.

Hapus dan Pasang Kembali Instagram

Apabila cara restart tidak berhasil, maka kamu dapat coba untuk menghapus aplikasi Instagram terlebih dulu dari handphone. Setelah itu kamu dapat install kembali Instagram melalui Play Store atau App Store sesuai dengan sistem handphone yang digunakan.

Dengan cara ini, biasanya aplikasi akan kembali menjadi normal karena bug pun akan hilang dan menggunakan versi aplikasi terbaru sehingga kamu dapat mengunggah hasil foto atau video dari kamera dengan proporsional sebagaimana harusnya.

Gunakan Rasio 16:9 Pada Story

Story merupakan salah satu fitur favorit yang hadir di Instagram karena memungkinkan pengguna dapat membagikan momen dalam bentuk foto atau video hanya dalam waktu 24 jam saja. Apalagi Story terdapat pada bagian atas halaman Home aplikasi sehingga mudah untuk diakses oleh banyak orang.

Perlu dicatat bahwa foto atau video dari Story menggunakan rasio 16:9 sehingga apabila rasionya berbeda, terkadang membuat konten yang diunggah menjadi gepeng, lonjong, atau terpotong.

Oleh karena itu kamu perlu mengganti rasio pada kamera bawaan di handphone sebelum mengambil foto atau video yang nantinya diunggah pada Story. Namun kamu juga bisa langsung menggunakan aplikasi Instagram untuk bisa menghasilkan konten dengan rasio yang pas.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar