Smartphone

Ini Fitur-Fitur Kamera OPPO Reno6, Akankah Dibawa ke Reno Berikutnya?

OPPO-Reno6-QuadCam

OPPO Reno6 merupakan salah satu handphone andalan OPPO yang hadir dengan spesifikasi hardware, desain, dan dukungan kamera yang mumpuni.

Berbicara soal kamera, Reno6 ini hadir dengan dukungan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, makro 2 MP, dan mono 2 MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 44 MP.

Tak hanya sampai di situ saja, bahkan OPPO pun telah menghadirkan beragam fitur pada aplikasi kamera bawaannya untuk dapat menunjang kreativitas dari penggunanya dalam menghasilkan foto yang unik dan bagus.

OPPO-Reno6-HalfTop

OPPO Reno6 ini membawa fitur andalan pada kamera belakang yang merupakan pengembangan dari Reno generasi terdahulu dan juga penambahan fitur baru seperti Ultra Steady Video Stabilization, AI Highlight Video, AI Monochrome Video, AI Color Portrait, dan Bokeh Flare Portrait.

Ultra Video Stabilization ini memungkinkan pengguna Reno6 dapat merekam video dengan stabil walaupun dalam kondisi bergerak maupun berkendara sekalipun. Fitur ini pun sudah diterapkan untuk perekaman video dari kamera depan maupun belakang.

Kemudian, AI Highlight Video menggunakan algoritma AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario yang berbeda.

AI Highlight Video ini mampu menghasilkan video yang terang dan jelas ketika kondisi dalam kondisi redup atau malam hari. Sementara pada kondisi cahaya latar belakang yang kuat, seperti terik matahari, HDR Live secara otomatis akan aktif yang menghasilkan video dengan subyek dan latar belakang yang terilihat sama jelasnya.

Reno4 AI Monochrome Blue

AI Monochrome Video

Lagi-lagi, OPPO Reno6 sudah menghadirkan fitur AI Highlight Video untuk kamera depan dan belakang agar hasil video menjadi terang dan jelas di berbagai kondisi, baik siang hari atau malam hari sekalipun.

AI Monochrome Video dapat menghasilkan video dengan mengunci satu warna utama, seperti merah pada mode Crimson, hijau pada Forest Green, dan biru pada Sky Blue. Setelah memilih salah satu mode tersebut, maka video akan menampilkan satu warna saja dan membuat bagian lainnya menjadi hitam putih.

Untuk saat ini, fitur AI Monochrome Video baru tersedia untuk kamera belakang saja. Bisa saja ke depannya, OPPO juga menerapkan fitur untuk kamera depan sehingga pengguna dapat menghasilkan vlog atau video selfie yang unik dengan mengunci satu warna utama saja.

OPPO Reno6 ColorOS12 AI Color Portrait

AI Color Portrait

Selanjutnya, AI Color Portrait merupakan salah satu fitur unik yang dibawa pada OPPO Reno6 karena mampu menghasilkan foto atau video dengan subyek yang tetap berwarna, namun warna latar belakangnya berwarna hitam putih.

Penggunanya pun dapat langsung menerapkan fitur AI Color Portrait ketika menggunakan kamera depan maupun belakangnya di mana perpotongan antara subyek yang berwarna dan latar belakang berwarna terlihat rapi.

Ada lagi Bokeh Flare Portrait yang telah diterapkan pada kamera depan dan belakang. Fitur ini mampu membuat foto dan video yang dihasilkan memiliki subyek yang terlihat jelas dan fokus, namun bagian latar belakang memiliki efek bokeh (latar buram) yang artistik dengan pola bulat layaknya kamera profesional.

OPPO Reno6 ColorOS12 Bokeh Flare Portrait

Bokeh Flare Portrait

Pada saat pengambilan video dengan Bokeh Flare Portrait, pengguna pun dapat menentukan tingkat bokeh mulai dari aperture f/0.95 hingga f/16 yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun fitur pengaturan tingkat bokeh ini tidak hadir pada Bokeh Flare Portrait untuk pengambilan foto di Reno6. Ada kemungkinan pengaturan ini akan muncul pada Reno selanjutnya karena dapat membantu pengguna untuk menyesuaikan efek bokeh sesuai selera.

Untuk memperkaya keunggulannya, bisa jadi OPPO ke depannya akan menghadirkan fitur Portrait baru untuk Reno generasi selanjutnya yang dikembangkan dalam menghasilkan foto atau video yang lebih menarik dibandingkan Reno6.

OPPO Reno7 5G Feature Back

Selain itu, diprediksi juga OPPO akan melakukan peningkatan pada kualitas fitur Portrait pada handphone Reno generasi selanjutnya mulai dari kualitas, komposisi warna, tingkat kecerahan, ketajaman subyek, tekstur serta warna kulit, hingga perpotongan subyek dengan latar belakang yang lebih rapi, seperti helai rambut.

Hampir semua fitur Portrait yang hadir pada kamera belakang OPPO Reno6 sudah diterapkan juga pada kamera depannya. Ini memperlihatkan bahwa OPPO ingin memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menghasilkan foto yang bagus dengan keseimbangan fiturnya.

Tinggalkan Komentar