Berita Smartphone

Update ColorOS Trial Berbasis Android 10 Bergulir di OPPO Reno. Ini Fitur Andalannya!

ColorOS Android 10 Reno2 Header

Gadgetren – Sesuai janjinya di Indonesia, OPPO akhirnya secara resmi akan menggulirkan update ColorOS berbasis sistem operasi Android 10.

OPPO Reno didaulat menjadi perangkat pertama yang mendapatkan update uji coba ColorOS terbaru ini. Selanjutnya baru giliran Reno10x Zoom dan Reno2 yang menyusul untuk mendapatkan update serupa pada akhir tahun 2019.

Uji coba publik atau Trial untuk update ColorOS ini diberikan pada pengguna di negara India, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Update ini sendiri akan terbatas untuk 1.000 pengguna saja dan sudah dimulai semenjak 31 Oktober 2019 untuk kawasan Indonesia.

Apabila kamu yang menggunakan OPPO Reno belum mendapatkannya maka harus bersabar karena proses update ColorOS akan dilakukan secara bertahap. Sekilas, pihak OPPO mengatakan bahwa ColorOS 6 berbasis sistem operasi Android 10 akan menghadirkan berbagai fitur yang telah dikustomisasi untuk pengguna OPPO.

Sistem operasi ini akan membawa beragam pengalaman baru pada pengguna smartphone OPPO, khususnya pada interaksi visual, keamanan, dan kenyamanan seperti navigasi gesture dan peningkatan pengaturan privasi.

Fitur Dark Mode juga telah disematkan pada update ColorOS 6 ini untuk memberikan kenyamanan pada mata kamu sekaligus dapat menghemat konsumsi daya dari layar.

OPPO juga telah menyematkan fitur tingkat kecerahan otomatis yang akan menyesuaikan cahaya layar ketika kamu sedang berada pada ruangan gelap, minim cahaya, cahaya cukup, hingga cahaya berlimpah.

ColorOS Android 10 UI Fix

Dark Mode ini sendiri dapat berlaku pada beberapa aplikasi pihak ketiga yang sudah mempunyai dukungan tersebut. ColorOS ini juga memberikan gerakan navigasi baru yang diklaim oleh OPPO mampu mempermudah kamu dalam menggunakan OPPO Reno.

Contohnya saja, kamu dapat menyapu atau swipe dari bagian kiri layar untuk kembali ke halaman sebelumnya. Sementara menyapu dari bagian bawah ke atas layar akan mengembalikan kamu halaman home screen.

Sementara apabila kamu menyapu hingga sepertiga layar dari bagian bawah maka akan membawa ke jendela seluruh aplikasi yang terbuka. Tak lupa, ColorOS berbasis Android 10 ini mempunyai fitur Digital Wellbeing yang memungkinkan pengguna OPPO Reno dapat mengetahui dan mengelola penggunaan ponsel.

ColorOS Trial Android 10 (3)

Melalui Digital Wellbeing ini, kamu dapat mengetahui seberapa sering kamu memeriksa smartphone dan menggunakan aplikasi tertentu. Selain itu, terdapat juga fitur Wind Down yang dapat mengingatkan kamu untuk mematikan perangkat di malam hari dengan memberikan pengaturan opsi jadwal tidur.

Secara keseluruhan, fitur Digital Wellbeing ini dapat kamu gunakan untuk menyesuaikannya smartphone OPPO dengan kebiasaan penggunaan sehari-hari.

Nah, bagi kamu pengguna OPPO Reno yang ingin mencoba ColorOS berbasis Android 10, maka dapat melakukan update dengan cara masuk ke menu Settings (Pengaturan) > Software Updates (Pembaruan Perangkat Lunak) > (Ikon heksagonal Pengaturan di sudut kanan atas) > Trial Version (Versi Percobaan).

Bagi kamu yang sudah mencobanya, apa kesan yang kamu rasakan terhadap sistem operasis terbaru dari OPPO ini?

Tinggalkan Komentar