Tips dan Trik

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Biar Penyimpanan Lebih Lega

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop windows macos header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Membersihkan file sampah memang sangat penting untuk dilakukan secara berkala, apalagi jika laptop yang kita punya memiliki kapasitas ruang penyimpanan cukup terbatas.

Kalau dibiarkan terus menumpuk, file sampah soalnya dapat menyebabkan penurunan kualitas pengalaman pemakaian mulai dari kapasitas penyimpanan semakin habis, kinerja menjadi lambat, hingga berselancar di internet tambah berisiko.

File sampah umumnya memang diproduksi untuk tujuan tertentu. Ada yang dibuat supaya dapat mempercepat akses ke sejumlah data, ada yang dirancang untuk memberikan opsi cadangan jika terjadi sebuah kesalahan, dan ada juga yang dijadikan sebagai alat diagnosa.

Dengan file sampah, kita misalnya bisa mengembalikan tulisan yang sudah kita edit di Microsoft Word ke versi sebelumnya menggunakan fitur Undo atau mengirimkan rincian masalah dalam bentuk log ketika terjadi kesalahan.

Sayangnya, tanpa kita sadari file-file sampah yang diproduksi oleh sistem maupun aplikasi akan terus menumpuk. Kita pun perlu membersihkannya secara manual jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat menggunakan laptop.

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop

Di Windows

  1. Ketuk Start Windows
  2. Ketik Disk Cleanup
  3. Buka aplikasi setelah ditemukan
    Cara Membersihkan File Sampah di Laptop - 1
  4. Tentukan partisi yang ingin dibersihkan
    Cara Membersihkan File Sampah di Laptop - 2
  5. Klik OK
  6. Tekan tombol Clean up system files
    Cara Membersihkan File Sampah di Laptop - 3
  7. Pilih kembali partisi jika diperlukan
  8. Ketuk OK
  9. Pilih jenis file sampah yang ingin dihapus
    Cara Membersihkan File Sampah di Laptop - 4
  10. Jika sudah, klik OK
  11. Lalu konfirmasi proses penghapusan dengan menekan Delete files

Kamu tentu harus cukup bijak saat menentukan file sampah mana yang akan dihapus. Secara mendasar, aplikasi soalnya juga akan mencentang opsi untuk Downloaded Program Files, Temporary Internet Files, maupun Thumbnails.

Kamu mungkin juga akan menjumpai data lawas untuk sistem operasi lawas jika baru melakukan upgrade misalnya dari Windows 10 ke Windows 11. Menghapusnya dapat membuatmu kesulitan untuk melakukan downgrade saat tidak cocok dengan versi anyar.

Di MacBook

  1. Buka Finder
  2. Tahan tombol Option lalu ketuk menu Go di bar atas
  3. Pilih opsi Library
  4. Buka folder Caches
  5. Cari dan pilih file cache yang ingin dihapus
  6. Klik kanan lalu pilih opsi Move to Trash
  7. Klik dan tahan menu Trash di Dock
  8. Pilih Empty Trash

Sistem operasi Mac OS sebenarnya akan menghapus file-file sampah yang mana termasuk cache dan log di dalamnya secara otomatis ketika ruang penyimpan dibutuhkan. Akan tetapi, kita bisa melakukannya secara manual sebagaimana penjelasan di atas.

Selain memakai fitur bawaan sistem operasi, membersihkan file sampah juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga jika ingin lebih mudah. Adapun salah satu yang dapat dipakai di antaranya CCleaner.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Download dan pasang aplikasi pembersih
  2. Jalankan aplikasi
  3. Pastikan masuk ke menu pembersih jika aplikasi mempunyai banyak menu
  4. Jalankan fitur pemindai atau analisa sesuai aplikasi yang dipakai
  5. Setelah pemindaian atau analisa selesai, tekan tombol untuk menjalankan proses pembersihan

Memanfaatkan aplikasi pihak ketiga tentu dapat menjadi opsi yang cukup menggoda. Akan tetapi, kamu tetap perlu berhati-hati saat memilih salah satunya dan usahakan mengunduh berkas pemasangan melalui situs atau halaman resmi.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar