ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Ini Pentingnya Menggunakan Aplikasi yang Terpercaya Agar Data Tetap Aman

Keamanan Data di Handphone

Gadgetren – Saat ini keamanan data digital sangat penting dalam mengakses berbagai macam hal di dunia maya, baik di dalam aplikasi maupun bermain media sosial karena tidak semua identitas digital itu merupakan digital trusted atau aman untuk digunakan.

Hal ini disampaikan oleh Sati Rasuanto selaku CEO & Co Founder VIDA. VIDA merupakan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) atau Certification Authority (CA) yang terdaftar resmi oleh pemerintah.

Lebih jauh, Sati menjelaskan bahwa yang dikategorikan identitas digital adalah semua jenis identitas yang ada secara online baik individu, organisasi, perusahaan, maupun perangkat elektronik.

Baik itu informasi tanggal lahir, password, rekam jejak digital di media sosial, hingga catatan-catatan yang membentuk identitas digital. Namun saat ini masyarakat belum paham mengenai identitas digital itu sendiri sehingga masih belum tepat menggunakannya.

Oleh sebab itu, bagi Sati penting mengadopsi digital trusted agar identitas digital terjaga dan dilindungi. Menurutnya digital trusted itu yang resmi dikeluarkan atau diverifikasi oleh pemerintah maupun lembaga yang berwenang seperti KTP, sertifikat profesi, dan masih banyak lagi.

Selain untuk memberikan rasa aman dan percaya, digital trusted juga berlaku pada aktivitas transaksi online di mana tidak hanya melindungi pengguna pada saat melakukan transaksi tetapi juga data-data transaksi di dalamnya, seperti yang disampaikan oleh Vincent Henry Iswaratioso selaku CEO DANA Indonesia.

“Ada yang namanya, zero sharing policy di mana kita tidak akan memberikan data-data tersebut. Semua data dilindungi, tidak ada yang bisa melihat data itu, baik untuk pengguna dari berbagai kalangan seperti pedagang, siapapun, yang ada di dalam ekosistem digital,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, menurut Vince, saat ini tren kepercayaan terhadap platform digital masih kurang sehingga diperlukan edukasi, tidak hanya untuk masyarakat umum tetapi juga pelayanan publik karena di dalam ekosistem digital banyak hal penting yang harus dijaga sehingga masyarakat semakin percaya.

Offer-Google-Play-Store-Feature

Vince mencontohkan bahwa DANA sudah berkolaborasi dengan VIDA untuk mendapatkan digital trusted agar semakin banyak pengguna DANA percaya, aman dan nyaman bertransaksi.

Seorang Ekonom dan Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudhistira juga menambahkan bahwa yang perlu diperhatikan dalam digital trusted tidak hanya di bidang yang spesifik saja seperti hanya edukasi dan keuangan tetapi juga kesehatan dan masih banyak lagi.

“Artinya di semua bidang. Semuanya, sekalinya dia masuk di dalam aplikasi dan digitalisasi perusahaan tersebut harus aman dan ini syarat mutlak,” terangnya. Sebagai tambahan informasi, VIDA sendiri saat ini telah berkolaborasi dengan beberapa aplikasi populer seperti Gojek, Grab, Si Cepat, dan lain lainnya yang mana memiliki banyak pengguna di Indonesia.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar