Berita Smartphone

Opera Max – Aplikasi Pertama di Dunia yang Menawarkan Penghematan Data untuk Aplikasi Musik dan Video

Opera Max

Baru-baru ini Opera mengumumkan bahwa salah satu aplikasi yang dikembangkannya yakni Opera Max berhasil menjadi aplikasi pertama di dunia yang menawarkan penghematan Data untuk Aplikasi Musik dan Video.

Pecinta musik kini dapat menikmati lagu dari aplikasi streaming mereka di manapun dengan konsumsi data yang lebih hemat. Opera Max sebagai aplikasi untuk manajemen dan kompresi data menjadi aplikasi pertama di dunia yang mampu mengoptimalkan aplikasi streaming musik dan video dengan menghemat penggunaan data internet.

Satu bulan setelah memperkenalkan fitur video savings untuk Youtube dan Netflix, versi terbaru dari Opera Max kini menawarkan kompresi data untuk aplikasi musik termasuk Youtube Music, PandoraSlacker RadioGaana dan Saavn. Pengguna Opera Max dapat menikmati kompresi data hingga 50%.

Opera Max hemat

Sergey Lossev selaku Manajer Produk di Opera menjelaskan bahwa semakin banyak orang yang menikmati musik favorit mereka melalui aplikasi, namun aplikasi tersebut memakan banyak data internet dengan sangat cepat

Selain itu, sekarang, Opera telah menambahkan fitur kompresi audio untuk beberapa aplikasi musik, sehingga pengguna dapat menikmati streaming musik tanpa harus mencari jaringan Wi-Fi. Hal ini sangat bermanfaat bagi pecinta musik yang memiliki mobile data yang terbatas.

Menurut laporan dari Next Big Sound, 1 triliun streaming suara dimainkan dalam enam bulan terakhir selama aplikasi streaming musik telah meningkat dengan pesat, seiring dengan tumbuhnya pengguna smartphone terutama di negara-negara berkembang. Namun mendengarkan lagu dari aplikasi streaming musik atau radio online selama 9 jam akan menghabiskan data sebesar 1 GB. Hal ini tentu sangat merugikan pengguna yang menggunakan mobile data.

Opera Max menggunakan fitur optimisasi audio streaming yang didukung oleh Rocket Optimizer mampu mengatur arus audio streaming dengan cara yang sama untuk video. Fitur ini juga mendukung format MP3 dan MP4 serta merubah arus musik menjadi AAC+ codec yang lebih efisien. Hal ini mampu memberikan suara berkualitas tinggi meski dalam koneksi yang rendah dengan menggunakan jenis perangkat apapun.

Lossev juga menambahkan bahwa Opera akan terus mempertahankan teknologi optimisasi suara ini dalam Opera Max sehingga pengguna dapat menghemat lebih banyak data dan juga menikmati suara musik berkualitas tinggi.

Pandora, Slacker Radio, Gaana, Saavn, dan Youtube Music adalah lima aplikasi pertama yang telah lolos uji kualitas dari Opera, tetapi Opera akan terus mendukung lebih banyak aplikasi music streaming.”

Opera Max membantu pengguna menghemat data internet hingga 50% untuk beragam aplikasi dan perambah, termasuk aplikasi video seperti Youtube, Netflix, dan IMDB, baik yang diakses melalui jaringan mobile dan Wi-Fi. Aplikasi ini juga membantu pengguna untuk memantau seberapa besar data internet yang sudah digunakan, setiap hari ataupun setiap bulan, serta memberikan mereka kendali yang lebih baik terhadap penggunaan data internet.

Opera Max tersedia bagi pengguna Android seri 4.0 ke atas dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play.

Leave a Comment