ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Rekomendasi

Ini 7 Aplikasi Novel Gratis yang Bisa Kamu Pilih

Aplikasi Novel Gratis Header

Gadgetren –  Membaca buku fisik tentunya sudah menjadi kegemaran bagi banyak orang. Bahkan banyak dari mereka yang senang mengoleksi buku fisik di rak buku pribadinya baik di rumah maupun di ruang kerja.

Namun dengan berkembangnya zaman dari fisik menjadi digital, industri penerbitan pun kini juga masuk ke ranah e-book atau buku digital yang bisa dibaca melalui berbagai perangkat elektronik seperti ponsel.

Tak sedikit juga penerbit yang telah menyediakan e-book yang bisa dibaca secara gratis. Saat ini aplikasi baca novel gratis yang beredar pun semakin banyak sehingga menandakan bahwa kebutuhan baca novel yang tak lagi tradisional mengalami permintaan yang tinggi.

Adapun beberapa aplikasi baca novel gratis yang bisa kamu pilih dan dijadikan sebagai platform baca andalan untuk menemani kamu mengisi waktu luang dengan informasi yang bergizi dan informatif maupun membaca cerita pendek atau novel.

1. Fizzo Novel

Fizzo-Novel

Fizzo Novel adalah aplikasi baca yang kini tengah viral di kalangan anak muda karena bisa membaca novel dan cerita pendek berbagai genre seperti roman, drama, horor, misteri, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa dibaca secara gratis tapi penggunanya juga berkesempatan menjadi penulis dan berpeluang mendapatkan komisi.

2. NovelToon: Read Novels & Books

 NovelToon.

Berbeda dari Fizzo yang kerap menghadirkan genre cerita serius dan untuk orang dewasa, NovelToon menyajikan novel yang lebih ringan untuk remaja dengan genre seperti roman, modern, komedi, time travel, school life, dan fantasi. Di sini kamu bisa membuat perpustakaan e-book sendiri dan juga menjadi penulis.

3. Wattpad – Read & Write Stories

WattPad

Sementara Wattpad juga menyasar ke segmen remaja yang sering menyajikan cerita-cerita roman, fantasi, horor, dan banyak lagi. Di Wattpad kamu sekaligus bisa bergabung ke komunitas dengan pembaca lebih dari 85 milyar di dunia. Selain membaca cerita-cerita seru, kamu juga bisa menulis cerita sendiri dan berbagi cerita dengan penulis lainnya.

4. GoodNovel – Web Novel, Fiction

Goodnovel

Meskipun tidak secara penuh menyediakan bacaan novel gratis, GoodNovel telah memiliki lebih dari ratusan buku yang telah dibaca hingga 1 milyar kali oleh penggunanya. Di aplikasi ini, kamu bisa membaca novel dengan bebas tanpa harus membelinya dalam edisi paperback.

5. Amazon Kindle

Amazon-Kindle

Amazon Kindle merupakan platform baca yang memiliki perangkat khusus seperti tablet yang dibuat oleh Amazon. Banyak orang yang masih mengira di Kindle Store harus membeli buku, namun ternyata ada juga buku-buku yang tersedia gratis untuk diunduh dan dibaca.

6. iPusnas

 iPusnas

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sebagai perpustakaan digital yang dilengkapi fitur-fitur media sosial, kamu dapat menggunakan iPusnas untuk terhubung dan berinteraksi dengan sesama pengguna maupun komunitas lainnya.

Kamu juga dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang kamu baca, menyampaikan ulasan buku, dan mendapatkan teman baru. Membaca ebook di iPusnas pun dapat dilakukan secara daring maupun luring.

7. EPerpusdikbud

 Eperpusdikbud.

Sama seperti iPusnas, EPerpusdikbud merupakan platform baca milik pemerintah. EPerpusdikbud digawangi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki ribuan koleksi ebook yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca secara nyaman.

Kamu bisa memilih kategori buku yang sesuai dan temukan judul favorit yang kamu inginkan, meminjam dan baca hanya dengan menggunakan ponsel dan tablet secara cepat dimana saja dan kapan saja.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar