Aplikasi Berita

Baru! Instagram Hadirkan Fitur Jadwal Live di Halaman Profil dan Pembaruan Remix Video

Fitur-Jadwal-Live-di-Profil-IG.

Gadgetren – Setelah fitur berlangganan, Instagram dikabarkan telah mengeluarkan dua fitur baru lainnya yang meliputi Jadwal Live di Profil dan Remix Video. Keduanya akan segera mulai bisa dinikmati oleh pengguna Instagram pekan ini.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Adam Mosseri selaku CEO Instagram melalui sebuah cuitan akun Twitter personalnya pada tanggal 27 Januari 2022. Baik Jadwal Live di Profil dan Remix Video sengaja diluncurkan untuk menambah keseruan bermain Instagram kepada penggunanya.

Fitur pertama diungkapkan oleh Adam adalah Jadwal Live di Profil yang memungkinkan pengguna dapat menampilkan siaran langsung mereka yang akan datang di halaman profil mereka. Hal ini bertujuan untuk memudahkan bagi siapa saja pengguna Instagram baik dari pengikut atau bukan pengikut agar dengan mudah menemukan siaran terjadwal akun Instagram favoritnya.

Dengan fitur Jadwal Live di Profil, pengguna pun bisa menjadwalkan siaran langsung sebelum waktu yang ditetapkan hingga 90 hari sebelumnya. Hadirnya fitur ini juga memungkinkan pengguna memisahkan penjadwalan siaran langsung dari postingan Feed atau Instagram Story dari siaran langsung.

Sebelumnya, siarang langsung yang dibuat oleh pengguna biasanya diketahui pengikut maupun bukan pengikut hanya lewat dari postingan Feed dan Instagram Story. Namun, cara ini tampaknya kurang optimal karena diperkirakan bisa membatasi kemampuan atau strategi pengguna Instagram untuk menjangkau lebih banyak orang.

Siaran langsung yang dijadwalkan ini kemudian akan muncul di halaman profil pengguna Instagram berupa penanda atau lencana khusus yang menampilkan siaran langsung akan datang. Dengan lencana tersebut, pengguna bisa memberi tahu siapa pun yang mengunjungi profilnya bahwa mereka memiliki siaran langsung terjadwal.

Agar tidak ketinggalan siaran langsung terjadwal tersebut, maka pengikut maupun bukan pengikut bisa berlangganan dengan memilih tombol ‘Remind Me’ atau pengingat pada lencana live profile di halaman profil pengguna. Setelah itu pengikut atau bukan pengikut bisa mendapatkan notifikasi pengingat siaran terjadwal.

Jadwal-Live-di-Profil-IG

Selain dapat membantu menjangkau lebih banyak orang, fitur Jadwal Live di Profil kabarnya juga digelontorkan untuk menguji fitur berlangganan yang akan memberi pengguna akses eksklusif ke Instagram Story atau konten langsung.

Fitur kedua lainnya adalah pembaruan pada Remix Video. Adam mengatakan Remix Video kini bisa mengambil dari berbagai jenis video yang ada di Instagram. Fitur ini merupakan konten duet untuk menyaingi fitur Duet yang ada di TikTok yang sudah ada sejak awal tahun 2021 silam.

Sebelumnya fitur ini hanya memungkinkan pengguna untuk me-remix video Reels saja. Sekarang, Remix Video memungkinkan pengguna bisa merekam video di handphone Android atau iOS mereka bersama dengan video apa pun dari pengguna lain di Instagram selama itu dibagikan secara publik, seperti dilansir Android Central.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar