Aplikasi Berita

Selebgram Bisa Punya Pemasukan, Instagram Mulai Uji Coba Fitur Berlangganan

Apa Itu Fitur Close Friend Instagram - Header

Gadgetren – Mengikuti jejak Facebook yang mengeluarkan fitur berlangganan atau berbayar, Instagram memperkenalkan fitur tersebut yang saat ini masih dalam tahap uji coba di wilayah Amerika Serikat.

Lewat fitur berlangganan atau Subscriptions, para selebgram atau kreator kini bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari follower atau pengikut.

Sebagai gantinya karena sudah membayar, maka para pengikut akan dapat menikmati beragam konten eksklusif yang dibuat oleh selebgram. Sejak tanggal 20 Januari 2022, Instagram pun sudah memilih dan sekaligus membuka fitur berlangganan yang bisa diklik di halaman profil akun selebgram terpilih.

Ada sepuluh selebgram yang telah terpilih untuk pengujian fitur ini antara lain @alanchikinchow, @sedona._, @alizakelly, @kelseylynncook, @elliottnorris, @jordanchiles, @jackjerry, @bunnymichael, @donalleniii, dan @lonnieiiv.

Lebih jauh, fitur berlangganan tak hanya bisa memungkinkan selebgram memonetisasi melalui tiga layanan yang disediakan, tetapi dapat menjadi sarana mendekatkan diri ke pengikutnya masing-masing seperti yang disampaikan oleh Adam Mosseri selaku Head of Instagram.

Instagram-Subscriptions-Creator

Adam menjelaskan bahwa fitur berlangganan dibagi menjadi tiga jenis meliputi Subscriber Lives, Subscriber Stories, dan Subscriber Badges. Adapun Subscriber Lives adalah layanan yang memberikan kesempatan untuk menyediakan konten tayangan langsung yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna berbayar.

Selanjutnya Subscriber Stories merupakan konten dalam bentuk IG Stories yang dibuat secara khusus hanya untuk pengguna berbayar. Konten IG Stories pun turut menampilkan beberapa stiker khusus yang hanya bisa digunakan oleh pengguna berbayar.

Sementara Subscriber Badges adalah penanda khusus atau lencana untuk mereka yang menjadi pengguna berbayar. Selain lewat komentar, selebgram juga bisa mengetahui pengikutnya adalah pengguna berbayar melalui direct message (DM).

Tombol-Subscriptions-Instagram-pada-Selebgram

Meskipun selebgram yang dipilih Instagram masih terbilang sedikit, Adam mengatakan bahwa diharapkan bulan depan akan menambah nama-nama lainnya agar lebih banyak yang bisa mencoba fitur berlangganan ini.

Namun begitu, belum bisa dipastikan kapan fitur berlangganan ini bisa dijajal oleh pengguna di Indonesia yang terbilang masih sangat aktif. Tentunya fitur ini patut dinantikan oleh oleh pengguna Instagram di Indonesia.

Mengenai tarifnya sendiri, setiap pengguna yang ingin berlangganan akan dikenai biaya antara 1-1.000 USD atau setara Rp 14.000 sampai Rp 1,4 jutaan per bulan. Setiap negara akan dipatok dengan harga yang bervariasi dan tergantung pada konten apa yang dipilih oleh pengguna.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar