ASUS TUF Gaming FX507
Tablet Tips dan Trik

Cara Reset Tablet Advan Supaya Kembali Bersih Seperti Semula

Cara Reset Tablet Advan

Gadgtren – Sebagai perusahaan elektronik asal Indonesia yang didirikan sejak November 2007, ADVAN masih terus bersaing lewat beragam produk dengan harga terjangkau mulai dari feature phone, smartphone, hingga tablet.

Bisa dibilang tablet merek Advan merupakan salah satu yang kerap menawarkan harga termurah apabila dibandingkan dengan kompetitornya di Indonesia. Sementara spesifikasi hardware yang ditawarkan tabletnya pun bisa dibilang meyakinkan seperti tablet 8elajar dibanderol hanya Rp 1 jutaan dengan RAM 3 GB dan baterai 4.000mAh.

Meskipun menarik, namun ada kalanya tablet dari Advan mengalami kendala yang membuat sistem operasi maupun aplikasi tidak dapat berjalan dengan lancar walaupun sudah dilakukan clear cache, clear data, update, hingga proses restart.

Maka dari itu kadang kala terpaksa harus melakukan reset pada tablet Advan agar sistem operasi dapat berjalan seperti semula. Apabila kamu masih bisa masuk ke dalam halaman homescreen tablet Advan, maka dapat langsung melakukan Factory Reset lewat pengaturan.

Cara Reset Tablet Advan

Factory Reset

  1. Buka aplikasi Settings (Setelan)
  2. Akses menu Backup & Reset (Buat cadangan & atur ulang)
  3. Pilih menu Factory Data Reset (Kembalikan ke Setelan Pabrik)
  4. Tekan tombol Reset Device (Setel Ulang Perangkat)
  5. Apabila muncul kotak dialog izin, maka tekan tombol Yes untuk melanjutkan proses
  6. Tablet akan restart dan langsung memproses pengembalian ke setelah pabrik
  7. Setelah proses Factory Reset selesai, maka tablet akan menyala dan memunculkan tampilan seperti waktu membelinya pertama kali

Sebagai tambahan, Factory Reset akan menghilangkan semua dapat milikmu yang tersimpan di tablet Advan sehingga lakukan backup atau mencadangkan data terlebih dahulu ke penyimpanan lain agar data tetap aman.

Apabila tablet Advan kamu mengalami masalah tidak dapat masuk ke halaman homescreen, maka dapat menggunakan Hard Reset dengan melakukan perbaikan melalui mode Recovery.

Hard Reset

  1. Tekan tombol Power selama beberapa detik agar tablet Advan ke kondisi mati
  2. Tekan tombol Power bersamaan dengan tombel Volume Down
  3. Setelah menyala, maka lepaskan tombol
  4. Kamu akan masuk ke halaman Recovery Mode
  5. Gunakan tombol Power untuk memilih menu dan tombol Volume untuk navigasi ke atas atau bawah
  6. Pilih menu Wipe data / Factory Reset dan pilih Yes
  7. Selanjutnya Wipe cache partition dan konfirmasi dengan memilih Yes
  8. Apabila proses telah selesai, maka pilih opsi Reboot
  9. Tablet akan hidup kembali dan melakukan proses perbaikan tablet
  10. Tablet Advan pun akan seperti waktu dibeli pertama kali

Sama halnya dengan Factory Reset, metode ini akan kehilangan semua data yang tersimpan di tablet Advan. Namun karena kamu tidak dapat mengakses sistem operasi, sayangnya tidak akan bisa mencadangkan data terlebih dahulu.

Setelah sistem pada tablet Advan berjalan dengan normal, maka kamu dapat menambahkan Password, Pattern, atau PIN untuk mengunci layar agar lebih aman. Apabila tablet mempunyai fitur fingerprint atau Face Unlock, maka dapat juga diaktifkan agar memudahkan dalam pembukaan kunci layar.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar