Smartphone

Menjajal Fitur Portrait Pada ColorOS 12 di OPPO Reno6

OPPO-Reno6-QuadCam

ColorOS 12 beta berbasiskan Android 12 yang telah digulirkan ke OPPO Reno6 membawa beberapa fitur yang lebih baru dibandingkan generasi sebelumnya.

Bagi kamu yang menggunakan OPPO Reno6 dapat mencoba untuk membuka halaman Software Update yang berada di aplikasi Settings. Selanjutnya, pilih menu pengaturan berikon gerigi yang berada di sudut kanan atas dan pilih menu Trial Version.

Apabila masih tersedia, maka kamu akan menemukan menu beta dan langsung dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan ColorOS 12 beta. Salah satu hal baru pada sistem operasi ini terdapat pada antarmuka aplikasi kamera bawaan ditambah peningkatan kemampuan fitur Portrait.

Kali ini pada ColorOS 12, kamu akan mendapatkan pengaturan tingkat bokeh (latar buram) di mode Portrait menggunakan sistem angka aperture dari f/0.95 hingga f/16. Berbeda dibandingkan ColorOS 11.1 yang mana pengaturan tingkat bokeh sebelumnya menggunakan persentase 0% hingga 100%.

Tentunya bagi kamu yang sering menggunakan kamera akan lebih familiar dengan sistem aperture ini di mana latar bakal semakin buram apabila memilih angka yang lebih kecil. Kamu mungkin dapat membuat hasil bokeh terlihat dramatis dan menarik di antara aperture f/2.8 hingga f/1.2.

Apabila kamu memilih nilai aperture terkecil mencapai f/0.95, maka latar belakang foto akan semakin buram. Namun perlu dicatat bahwa dengan nilai tersebut, kamu harus berhati-hati pada pemisahan latar belakang dan subyek yang terkadang terlihat kurang rapi.

Portrait ColorOS 12 Menu Reno6

Untuk membuat foto Portrait, kamu perlu memperhatikan kondisi cahaya sekitar agar hasilnya terlihat jelas. Selain itu, kamu juga dapat mengatur antara jarak subyek dengan latar belakang agar hasil foto Portrait menjadi menawan.

Pada mode Portrait di aplikasi kamera ColorOS 12, kamu juga akan menemukan menu Effect berikon tongkat sulap yang di dalamnya terdapat dua fitur utama yang terdiri dari Retouch dan Filter.

Dengan Retouch, kamu bisa membuat hasil portrait menjadi lebih menarik dengan pengaturan tingkatan dari 0 hingga 100. Sementara Filter, kamu akan melihat dukungan AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait.

Dengan menggunakan AI Color Portrait, kamu dapat secara instan dapat menghasilkan foto dengan subyek yang masih terjaga warna dan latar belakangnya berwarna hitam putih sehingga hasilnya terlihat unik.

Sementara jika kamu mengaktifkan fitur Bokeh Flare Portrait, maka bisa menghasilkan foto Portrait dengan subyek yang terlihat sangat jelas dan latar belakang buram bertekstur bulat yang terlihat dramatis.

Hasil Foto Portrait ColorOS 12 di Reno6

Kamera belakang

OPPO Reno6 ColorOS12 Bokeh Flare Portrait

Bokeh Flare Portrait

OPPO Reno6 ColorOS12 AI Color Portrait

AI Color Portrait

Kamera depan

OPPO Reno6 ColorOS12 Selfie Bokeh Flare

Selfie – Bokeh Flare Portrait

OPPO Reno6 ColorOS12 Selfie AI Color Portrait

Selfie – AI Color Portrait

Tidak hanya pada kamera belakang saja, fitur AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait pun dapat diterapkan pada kamera depan sehingga kamu dapat menghasilkan foto selfie Portrait dengan hasil yang maksimal.

Fitur Portrait pada aplikasi kamera bawaan ColorOS 12 terlihat menghasilkan foto di mana antara subyek dan latar belakang dipisahkan dengan rapi. Saturasi warna yang dihasilkan foto Portrait pun terasa pas. Sementara pencahayaan pada subyek terlihat terang dan tajam, terutama pada bagian wajah.

Tinggalkan Komentar