Ini Bedanya Fitur Foto ColorOS 12 dan ColorOS 11 Pada OPPO Reno6

OPPO Reno6 HandsOn Back

Pengguna OPPO Reno6 kini sudah bisa menikmati pembaruan ColorOS 12 beta berbasiskan Android 12 dengan mengikuti program beta melalui menu Trial versions di halaman Settings.

Nanti setelah mendaftarkan diri ke dalam program beta, maka kamu akan dipantau terlebih dulu apakah memenuhi syarat yang ditentukan. Selanjutnya pihak OPPO akan memberikan ColorOS 12 beta yang dapat diunduh secara OTA (Over The Air) apabila kamu sudah ditetapkan menjadi salah satu peserta program ini.

Meskipun masih tahap beta, namun kamu sudah dapat menikmati banyak fitur baru yang dimiliki oleh ColorOS 12 dibandingkan dengan ColorOS 11.1, seperti fitur foto yang hadir pada aplikasi kamera bawaan.

Bagi kamu yang penasaran ada fitur foto baru apa di ColorOS 12 yang berubah dari ColorOS 11.1 pada Reno6, maka dapat melihat penjelasannya sebagai berikut.

Perbedaan Fitur Foto ColorOS 12 dan ColorOS 11.1

Akses Foto 64 MP Lebih Mudah

64 MP Mode ColorOS 12 Reno6

Kita ketahui bersama bahwa OPPO Reno6 mempunyai kamera utama dengan resolusi 64 MP. Namun dengan penggunaan teknologi 4-in-1 pixel binning, kamera utamanya secara bawaan akan menghasilkan foto 16 MP.

Pada aplikasi kamera bawaan di ColorOS 11.1, kamu harus membuka terlebih dulu menu Settings berikon gerigi di aplikasi untuk bisa mengakses 64 MP Mode. Sementara pada ColorOS 12, kamu dapat langsung menemukan 64 MP Mode pada bagian atas tampilan utama.

Foto Portrait

OPPO Reno6 Front HandsOn

Salah satu fitur yang paling diunggulkan pada handphone Reno6 merupakan fitur Portrait karena memungkinkan kamu menghasilkan foto dengan obyek yang terlihat jelas dan wajah mulus, namun latar belakangnya menjadi buram.

Pada handphone Reno6, kamu dapat menikmati beragam mode Portrait unggulan mulai dari Normal Portrait, AI Color Portrait, dan Bokeh Flare Portrait. Pada ColorOS 12 masih membawa ketiga mode Portrait unggulan tersebut, namun ada beberapa peningkatan kemampuan dibandingkan dengan ColorOS 11.1.

Pada saat kamu menggunakan mode Portrait di aplikasi kamera bawaan Reno6, maka kamu bisa menentukan tingkat keburaman latar belakang dari subyek yang dibidik dan juga mengatur tingkat kecantikan wajah subyek.

Normal Portrait ColorOS 11 Reno6

ColorOS 11

Normal Portrait ColorOS 12 Reno6

ColorOS 12

Pada mode Normal Portrait, terlihat peningkatan algoritma HDR dari ColorOS 12 menjadi lebih baik dibandingkan dengan ColorOS 11.1. Dalam pemotretan di kondisi lingkungan yang sama, subyek dan latar belakang pada hasil foto dengan ColorOS 12 lebih terang dan tajam daripada ColorOS 11.1.

Dengan latar belakang yang berada di kondisi cuaca berawan, hasil foto Portrait di ColorOS 12 mampu menampilkan subyek dan latar belakang yang sama-sama jelas ketimbang ColorOS 11.1 yang memiliki subyek lebih gelap dibandingkan bagian latarnya.

Sementara itu, mode Bokeh Flare Portrait mampu menghasilkan efek bokeh dengan pola buram yang bulat sehingga terlihat artistik pada bagian latar belakang, baik pada dari cahaya matahari maupun lampu.

Berkat Bokeh Flare Portrait, foto Portrait terlihat seperti diambil oleh kamera professional. Tidak hanya foto, fitur ini pun bisa diterapkan untuk perekaman video agar menjadi lebih sinematik. Bisa dibilang fitur ini menjadi salah satu nilai tambah dari OPPO Reno6.

Bokeh Flare Portrait dari ColorOS 12 pun memperlihatkan kemampuan pemisahan efek buram pada latar belakang dan subyek yang mana lebih rapi serta bagus dibandingkan dengan ColorOS 11.1.

Bokeh Flare Portrait Reno6 ColorOS 11

ColorOS 11

Bokeh Flare Portrait Reno6 ColorOS 12

ColorOS 12

Pada contoh di atas, terlihat pada rambut dan beberapa bagian tertentu masih terkena efek buram untuk pengambilan di ColorOS 11.1. Sementara untuk foto Bokeh Flare Portrait di ColorOS 12, bagian rambut dikenali dengan baik sehingga perpotongan tepi antara subyek dan latar dapat dilakukan dengan rapi.

Fitur selanjutnya merupakan AI Color Portrait yang dapat menjaga warna subyek dengan latar belakang yang berubah menjadi hitam putih. Pada ColorOS 12, terlihat bahwa hasil fotonya mempunyai warna yang lebih menonjol dibandingkan dengan ColorOS 11.1.

AI Color Portrait ColorOS 11 Reno6

ColorOS 11

AI Color Portrait ColorOS 12 Reno6

ColorOS 12

Selain itu, bayangan yang hadir pada foto AI Color Portrait di ColorOS 12 lebih tinggi dibandingkan dengan ColorOS 11.1. Terlihat juga wajah dari subyek memiliki warna yang lebih natural pada versi sistem operasi terbaru tersebut.

Sistem Zoom Lebih Mulus

Zoom ColorOS 12 Reno6

Perpindahan Zoom dari ultrawide, 1x Zoom, 2x Zoom, hingga di atasnya untuk mengambil foto atau merekam video di aplikasi kamera bawaan menjadi lebih mulus di ColorOS 12. Berbeda dibandingkan ColorOS 11.1 yang terasa sedikit patah saat sedang terjadi perubahan Zoom.

Apalagi pada ColorOS 12, tanda untuk ultrawide diganti menjadi tiga pohon yang menandakan bahwa mengambil area luas. Sementara tanda 2x Zoom diubah menjadi satu pohon yang mengisyaratkan bahwa area menjadi lebih dekat lagi.

Perubahan Nama Fitur

Blur Retouch ColorOS 12 Reno6

Pada ColorOS 12, terjadi perubahan nama pada beberapa fitur dibandingkan seperti Bokeh menjadi Blur dan AI Beautification menjadi Retouch. Apabila Bokeh mengizinkan pengaturan tingkat keburaman berdasarkan persentase dari 0% ke 100%, berbeda dengan Blur yang menggunakan sistem aperture dari f/0.95 hingga f/16.

Pada dasarnya tingkat keburaman yang dapat diatur pada fitur Blur memiliki angka yang lebih familiar bagi pengguna kamera konvensional dibandingkan Bokeh. Sementara pada fitur AI Beautification sebelumnya tingkat kecantikan berdasarkan persentase, namun pada Retouch tingkat efek dapat dipilih dari level 0 hingga 16.

Dari penjelasan tersebut terlihat bahwa OPPO telah bekerja keras untuk menghasilkan peningkatan kemampuan kameranya pada ColorOS 12 yang disinergikan antara algoritma, kecerdasan buatan, dan software agar dapat menghasilkan foto lebih bagus lagi, terutama dalam hal fitur Portrait.

Apalagi kecerdasan buatan pada fitur kamera ColorOS 12 mampu secara pintar menentukan bagian penting agar dapat menghasilkan foto yang lebih menarik dibandingkan versi sebelumnya.

Tinggalkan Komentar