Aplikasi Tips dan Trik

Cara Mengganti PIN GoPay Jika Lupa Atau Agar Lebih Aman

Cara Mengganti PIN GoPay

Gadgetren – Sebagai produk dari Gojek, GoPay sebagai dompet digital dan uang elektronik dapat digunakan untuk transaksi digital di berbagai merchant, pembayaran tagihan, transportasi ojek online, dan lainnya.

Apabila kamu sudah melakukan verifikasi akun dengan KTP bahkan bisa juga menarik tunai saldo GoPay melalui ATM BCA tanpa kartu. Sejak bergabungnya perusahaan Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo, GoPay pun sudah bisa digunakan untuk pembayaran digital di Tokopedia.

Selain itu, aplikasi Gojek pun telah menghadirkan cara untuk top up saldo GoPay dengan berbagai metode yang terdiri dari pengisian melalui driver Gojek, transfer ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, Minimarket, Pegadaian, hingga meminta ditransfer oleh teman yang mempunyai saldo GoPay.

Oleh karena itu untuk menjaga keamanan dari setiap transaksi GoPay, biasanya aplikasi Gojek akan meminta kamu untuk menggunakan PIN 6 angka. Namun supaya lebih aman lagi, saya sarankan sebaiknya kamu mengganti PIN secara berkala untuk menghindari terjadinya peretasan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun menu untuk mengganti PIN GoPay di aplikasi Gojek cukup tersembunyi sehingga kamu yang belum tahu cara melakukannya mungkin akan sedikit kebingungan.

Cara Mengganti PIN GoPay

Jika Masih Ingat PIN Lama

  1. Buka aplikasi Gojek dan login akun
  2. Setelah berhasil login, maka pilih menu Explore pada halaman utama aplikasi
  3. Pada halaman GoPay, pilih menu Settings
  4. Selanjutnya, pilih Change PIN
    GoPay Change PIN Part 1
  5. Masukkan 6 angka PIN lama
  6. Kemudian, masukkan 6 angka PIN baru
  7. Masukkan kembali PIN baru
  8. PIN Gopay pun berhasil diganti
    GoPay Change PIN Part 2

Cara tersebut dapat dilakukan selama kamu ingat PIN lama. Namun apabila kamu benar-benar lupa PIN lama yang digunakan, aplikasi Gojek untungnya menyediakan alternatif pemulihan dengan menggunakan fitur Forgot PIN.

Hanya saja kamu akan dikirimkan 6 angka kode OTP (One Time-Password) pada nomor handphone yang terdaftar di aplikasi Gojek untuk memproses pembuatan PIN baru.

Lewat Fitur Forgot Jika Lupa

  1. Akses aplikasi Gojek dan login akun
  2. Buka menu Explore pada halaman utama aplikasi
  3. Masuk ke menu Settings
  4. Pilih Forgot PIN
    GoPay Forgot PIN Part 1
  5. Masukkan 6 angka PIN baru
  6. Masukkan kembali PIN baru
  7. Kode OTP akan dikirimkan ke nomor handphone yang terdaftar di aplikasi Gojek
  8. Masukkan 6 angka kode OTP
  9. PIN pun berhasil berubah dan siap digunakan
    GoPay Forgot PIN Part 2

Nantinya setiap kamu melakukan transaksi pembayaran menggunakan GoPay, maka langsung diwajibkan menggunakan 6 agka PIN baru yang telah dibuat tadi. Jadi jangan sampai lupa lagi yah!

Tinggalkan Komentar

1 Komentar