ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Semakin Aman, GoPay Ajak Pengguna Aktifkan Fitur Biometrik Agar Transaksi Lebih Terlindungi

Semakin-Aman-GoPay-Ajak-Pengguna-Aktifkan-Fitur-Biometrik-untuk-Melindungi-Transaksi-Header

Gadgetren – GoPay sebagai layanan uang elektronik mengajak penggunanya untuk mengaktifkan fitur biometrik berupa sidik jari dan verifikasi wajah untuk transaksi non-tunai di luar layanan Gojek.

Fitur ini merupakan bagian dari Gojek SHIELD sebagai rangkaian teknologi keamanan pada aplikasi Gojek. Saat ini fitur sidik jari telah tersedia di seluruh pengguna smartphone Android dan iOS, sementara fitur verifikasi wajah baru tersedia di platform iOS saja.

Budi Gandasoebrata selaku Managing Director GoPay menjelaskan bahwa pengguna kini dapat memanfaatkan kecanggihan Gojek SHIELD untuk mengamankan transaksi GoPay.

“Selain PIN, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur identitas biometrik atau karakteristik fisiologis unik masing-masing pengguna berupa sidik jari atau wajah untuk meningkatkan keamanan transaksi,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Ditambah lagi, dirinya mengklaim bahwa perlindungan transaksi GoPay telah semakin lengkap dengan perlindungan ekstra bernama ‘Jaminan Saldo GoPay Kembali’ yang dipercaya dapat menjamin kehilangan saldo GoPay yang terjadi di luar kendali pengguna.

“Kami berharap seluruh pengguna akan memanfaatkan seluruh fitur keamanan ini agar dapat bertransaksi dengan GoPay secara lebih maksimal,” terangnya.

Bersamaan dengan ajakan ini, Gojek juga telah meluncurkan inisiatif #AmanBersamaGojek yang terus menghimbau publik untuk menjaga keamanan selama beraktivitas di jagat digital, termasuk dalam transaksi non-tunai.

Adapun inisiatif #AmanBersamaGojek terdiri dari program edukasi yang didukung dengan inovasi produk, kemudian program proteksi bagi pengguna dan mitra pengemudi, serta pengembangan teknologi Gojek SHIELD.

Selain fitur biometrik dan PIN, Gojek SHIELD juga mencakup berbagai teknologi yang menjaga keamanan pada platform Gojek, termasuk salah satunya penerapan fitur keamanan berbasis kecerdasan buatan untuk mencegah peretasan dan penyalahgunaan akun pengguna.

Tak hanya itu saja, Gojek dan GoPay juga kerap mengedukasi masyarakat luas agar selalu waspada dengan menerapkan langkah JAGA yang merupakan akronim dari Jangan transfer di luar aplikasi, Amankan Data Pribadi seperti kode rahasia OTP (One Time Password), Gunakan PIN dan fitur biometrik untuk verifikasi transaksi, dan Adukan hal mencurigakan kepada layanan pelanggan atau pihak berwajib sesegera mungkin.

Cara Mengaktifkan Fitur ID Sidik Jari Untuk Gopay di Android

  1. Masuk ke akun Gojek.
  2. Pilih Lainnya pada menu GoPay.
  3. Masuk ke Pengaturan, kemudian pilih ID Sidik Jari.
  4. Masukan 6 digit PIN Gojek kamu.
  5. Tempelkan sidik jari pada sensor handphone kamu.
  6. ID Sidik Jari GoPay berhasil dibuat.

Cara-Mengaktifkan-Fitur-ID-Sidik-Jari-GoPay-di-Android.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar