ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Menggunakan realme Share untuk Transfer File dengan Cepat

Cara Menggunakan realme Share untuk Transfer File Header

Gadgetren – Kini hampir semua perusahaan smartphone di dunia sudah menghadirkan fitur File Sharing atau berbagai file bawaannya masing-masing.

Kalau OPPO mempunyai OPPO Share dan Xiaomi memiliki Mi Drop, maka realme juga telah menghadirkan fitur serupa pada smartphone buatannya dengan nama realme Share. Hadirnya fitur ini memungkinkan perpindahan file yang cepat untuk sesama smartphone realme.

Bisa dibilang realme Share memanfaatkan koneksi WiFi dan Bluetooth untuk bisa melakukan transfer data dengan stabil. Pihak realme sendiri mengklaim bahwa data yang ditransfer menggunakan fitur ini lebih cepat berkali lipat dibandingkan menggunakan koneksi Bluetooth.

Bagi kamu pengguna smartphone realme yang ingin menikmati realme Share untuk transfer data, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Menggunakan realme Share untuk Transfer File

  1. Pertama, aktifkan smartphone realme terlebih dahulu
  2. Pada halaman homescreen, pilih Quick Menu dengan menggeser atau swipe jari dari layar atas ke bawah.
  3. Setelah muncul, aktifkan fitur realme Share
  4. Pastikan realme Share aktif di smartphone pengirim dan penerima file
  5. Akses File Manager atau Gallery (foto dan video) untuk memilih file yang akan dikirim
  6. Tekan tombol Send yang muncul dengan cara menekan lama salah satu file
  7. Akan muncul menu pop-up yang memperlihatkan smartphone mana saja yang sudah tersambung dengan realme Share
  8. Pilih smartphone realme penerima
  9. Smartphone realme penerima akan muncul kotak dialog persetujuan untuk menerima file
  10. Tekan tombol Accept
  11. Selanjutnya, kamu akan melihat tulisan Received successfully apabila file sukses dikirimkan

realme Share Fix

Bisa dibilang fitur realme Share ini sangat memudahkan pengguna smartphone realme untuk berbagi data berkapasitas besar dengan cepat dibandingkan harus menggunakan koneksi Bluetooh saja yang saat ini terasa cukup lambat untuk transfer file.

Sementara itu, realme telah bergabung dengan aliansi transfer data peer-to-peer dengan perusahaan lain seperti OPPO, Xiaomi, dan vivo. Dengan kata lain, realme Share ini bisa digunakan juga untuk transfer data pada smartphone lain yang termasuk dalam aliansi ini.

Misalnya saja, kamu dapat menggunakan realme Share untuk trasfer data secara cepat ke smartphone OPPO atau sebaliknya. Maka dari itu, fitur ini cukup praktis untuk diaktifkan dan digunakan karena kita tidak perlu menginstal aplikasi terlebih dahulu.

Namun apabila kamu ingin transfer dari smartphone realme ke produk selain di atas ataupun sebaliknya, maka kamu dapat memanfaatkan berbagai aplikasi File Sharing yang dapat diunduh di Google Play seperti SHAREit, SendAnyWhere, dan masih banyak lagi.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar