Smartphone

Deretan Fitur Baru dan Handphone yang Dapat realme UI 3.0

realme UI 3 Feature

Gadgetren – realme UI 3.0 merupakan sistem operasi modifikasi dari sistem operasi Android 12 yang dikembangkan oleh realme.

Dibandingkan generasi sebelumnya, realme menjanjikan peningkatan pada realme UI 3.0 di berbagai aspek mulai dari keamanan, tampilan antarmuka, fungsionalitas, personalisasi pengguna, dan lainnya.

Peningkatan ini dilakukan oleh realme agar pengguna handphone buatannya merasa lebih nyaman dan aman ketika sudah menggunakan realme UI 3.0 untuk menunjang aktivitas sehari-harinya.

Lalu ada fitur baru apa saja yang diberikan pada realme UI 3.0?

Fitur Baru di realme UI 3.0

Tampilan Antarmuka Diperbarui

realme UI 3.0 menggunakan Spatial Layout Interface yang memberikan jarak antar ikon dan menu dengan lebih jauh sehingga tampilan antarmuka akan menjadi luas ketika dilihat secara kasat mata.

Sementara itu, ikon-ikon aplikasi yang hadir pada realme UI 3.0 dibuat secara 3D dan lebih besar sehingga memberikan kenyamanan pada saat diakses oleh pengguna. Ukuran font dan simbol pun dibuat dinamis untuk menghadirkan visual yang menarik.

Tema dari realme UI 3.0 memiliki warna yang akan diambil atau diekstraksi dari wallpaper yang kamu pilih. Selain itu, kamu juga dapat memilih sistem tema yang telah disediakan oleh sistem operasi modifikasi terbaru ini.

Personalisasi Tampilan AOD (Always On Display)

Bagi handphone realme dengan layar AMOLED atau OLED, terdapat fitur Always On Display yang merupakan tampilan interaktif ketika layar sedang istirahat karena menampilkan tanggal, jam, status, baterai, dan notifikasi yang didominasi dengan latar belakang berwarna hitam.

Pada saat menggunakan latar belakang berwarna hitam, maka secara otomatis piksel pada jenis layar AMOLED atau OLED akan mati sehingga dapat menghemat daya baterai handphone.

Pada realme UI 3.0 ini, kamu dapat untuk membuat pola dan ornament tampilan AOD menjadi semakin menarik. Tak hanya itu saja, kamu pun bisa menambahkan foto maupun sedikit tulisan bergerak pada AOD sesuai seleramu.

Omoji

realme UI 3.0 menghadirkan fitur Omoji yang sebenarnya mirip dengan milik ColorOS 12. Omoji sendiri merupakan emoji bergerak yang dapat dibuat dengan ekspresi dari wajah penggunanya.

Kamu bisa mengatur bentuk mulut, hidung, mata, kepala, warna kulit, hingga menambahkan aksesoris seperti topi, dan lainnya sesuai selera. Menariknya, Omoji kemudian dapat diimplementasikan untuk stiker, Always On Display, video call di aplikasi chat, dan masih banyak lagi.

AI Smooth Engine

realme UI 3.0 telah dibekali dengan teknologi AI Smooth Engine yang diklaim mampu secara pintar memberikan pengalaman yang lebih cepat serta ringan ketika kamu melakukan navigasi maupun mengakses beragam aplikasi atau game di handphone realme.

Bahkan teknologi ini dapat membuat konsumsi energi menjadi lebih efisien. Sementara itu, AI Smooth Engine mampu mengurangi penggunaan memori sebanyak 30%, meningkatkan masa pakai baterai 12%, dan meningkatkan kinerja peluncuran aplikasi sebesar 10%.

Floating Windows 2.0

realme UI 3.0 membawa Floating Windows 2.0 yang memungkinkan kamu dapat membuka lebih dari satu aplikasi di layar secara bersamaan sehingga dapat meningkatkan kemudahan dalam melakukan multitasking.

Tampilan Antarmuka Aplikasi Kamera

Pada realme UI 3.0, fitur zoom untuk ultrawide dan 2x ditandai bukan dengan angka, melainkan pohon. Ultrawide ditandai dengan tombol banyak pohon, sementara untuk beralih ke 2x Zoom cukup menekan tombol satu pohon.

Pada saat mengakses menu pengambilan video, kamu akan dapat melihat opsi di bagian atas aplikasi kamera bawaan realme yang mempermudah pengubahan resolusi video dengan cepat tanpa perlu masuk ke menu Settings terlebih dulu.

Privacy Dashboard

Fitur yang hadir di realme UI 3.0 membantu kamu untuk melacak aplikasi yang mengakses izin sensitif seperti lokasi, kamera, mikrofon, kalender, riwayat panggilan, telepon, aktivitas fisik, kontak, file & media, SMS, dan sensor tubuh.

Privacy Dashboard akan mencatat jenis izin yang diminta setiap aplikasi dan menginformasikannya kepada kamu. Hadirnya fitur ini dapat membuat kamu mengetahui izin apa saja yang diberikan kepada aplikasi.

Sementara itu, pihak realme sendiri telah mengumumkan bahwa realme UI 3.0 akan hadir secara bertahap selama beberapa periode.

Handphone yang Dapat Update realme UI 3.0

Jadwal Update realme UI 3.0Handphone
Oktober 2021realme GT
Desember 2021realme GT Master Edition
realme GT Neo 2 5G
realme X7 Max
realme 8 Pro
Kuartal Pertama (Q1) 2022realme 7 Pro
realme 8
realme 8i
realme X50 Pro 5G
realme narzo 50A
realme narzo 30
realme C25
realme C25s
Kuartal Kedua (Q2) 2022realme X7
realme X3
realme X3 SuperZoom
realme 8 5G
realme 8s
realme 7 5G
realme narzo 30 Pro 5G
realme narzo 30 5G

Terlihat bahwa realme GT, realme GT Master Edition, realme GT Neo 2 5G, realme X7 Max, dan realme 8 Pro secara resmi telah mendapatkan realme UI 3.0. Sementara sisanya sedang menunggu update di tahun 2022.

Tinggalkan Komentar