Review Aksesoris

Review Speaker Bluetooth Portable OASE OBS-100

OASE OBS-100

OASE yang kini tergabung dengan Olike dikenal sebagai merek yang rutin menghadirkan aksesoris perangkat teknologi dengan harga yang terjangkau. Salah satunya adalah speaker portable OASE OBS-100.

Speaker portable ini dijual dengan harga Rp189.000 di toko online. Bentuknya kotak memanjang dengan ukuran yang agak besar dan terlihat cukup menarik. Ada dua varian warna yang disediakan yaitu warna hijau yang digunakan pada ulasan ini dan satu lagi warna hitam.

Pada boks penjualannya, terpampang kalimat wireless portable radio yang agak membingungkan karena hingga sekarang saya belum berhasil mengaktifkan fitur radio ini.

Ditambah lagi, buku panduan yang ada sangat minim informasi yang disajikan. Tidak ada penjelasan yang mudah dimengerti tentang bagaimana mengoperasikan speaker portable ini. Entah apakah di unit lain buku panduannya seperti itu atau tidak.

Untungnya, untuk mengoperasikan speaker ini sebagai speaker bluetooth portable cukup mudah jika sudah terbiasa menggunakan speaker sejenis.

Pada bagian atas terdapat tombol untuk koneksi bluetooth, pengatur volume, dan tombol menghentikan / memainkan musik. Di bagian belakangnya terdapat tombol daya, slot micro USB untuk mengisi daya, slot kartu microSD, dan slot USB.

OASE OBS-100

Saya tes mendengarkan musik melalui Spotify di laptop saya yang terhubung dengan OASE OBS-100, volume yang dihasilkan cukup kencang namun sayangnya suara terdengar kurang jernih, detail pada musik sulit terdengar, dan bass-nya kurang terasa.

Untuk harganya yang cukup murah, saya sebetulnya tidak memiliki ekpektasi banyak dari kualitas audio yang dihasilkan oleh spekaer OASE OBS-100.

Namun, dibandingkan dengan speaker ANKER Soundcore ACE A0 yang saya punya dengan harga yang sedikit lebih mahal, OASE OBS-100 kualitas audionya kurang memuaskan.

Koneksi bluetooth selama saya menggunakan speaker di dekat laptop saya cukup stabil. Hanya saja saya temukan jika speaker ini sudah terkoneksi dengan banyak perangkat melalui bluetooth di satu tempat, agak sulit untuk dengan mudah berganti perangkat.

Contohnya ketika laptop saya sedang terkoneksi dengan OASE OBS-100, saya jadi perlu mematikan koneksi bluetooth dari laptop saya terlebih dahulu ketika speaker-nya ingin saya hubungkan dengan handphone saya.

Di sektor baterai, OASE OBS-100 tahan selama sekitar 4 jam penggunaan non stop dengan volume 40%. Sayangnya tidak ada indikator baterai yang jelas untuk melihat level baterai speaker saat ini.

Satu lagi yang agak aneh dari OASE OBS-100 adalah entah kenapa saya tidak dapat mengisi baterai speaker ini menggunakan kabel charger yang biasa saya gunakan untuk handphone. Saya perlu menggunakan kabel USB bawaan OASE OBS-100 untuk dapat mengisi daya baterainya.

Tinggalkan Komentar