ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Bongkar OPPO A95 di OPPO Service Center, Ini Komponen-Komponen yang Ada di Dalamnya

OPPO A95 Ayu Teknisi

Gadgetren – Untuk lebih mengenalkan kualitas dan komponen yang dimiliki OPPO A95, OPPO Indonesia pada hari Senin kemarin mengadakan acara “OPPO A95: Quality Teardown & O-elite Certification di OPPO Service Center ITC Roxy Mas, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, OPPO Indonesia mengajak teknisi wanita berpengalaman mereka yang bernama Ayu untuk melakukan pembongkaran dan pemasangan perangkat OPPO A95 dengan prosedur OPPO Service Center.

Sebagai catatan, Ayu ini adalah salah satu teknisi OPPO yang baru lulus sertifikasi tingkat satu secara global. Sertifikasi ini dilakukan agar teknisi dapat terhindar dari kegagalan setiap melakukan pembongkaran dan perbaikan handphone.

OPPO A95 Ayu Fix

Dengan adanya sertifikasi ini, OPPO berharap dapat memberikan kepercayaan untuk konsumennya dalam perbaikan permasalahan perangkat OPPO A95 secara aman dan cepat yang dilakukan oleh teknisi bersertifikasi di OPPO Service Center.

Pada permulaannya, Ayu mematikan OPPO A95 untuk memutus arus sistemnya terlebih dulu. Selanjutnya, perangkat diletakkan selama 5 hingga 8 menit di heater atau alat pemanas back cover dengan suhu kisaran 80o C.

Setelah proses pemanasan selesai, maka back cover OPPO A95 langsung dibuka dan diletakkan pada meja komponen. Tidak lupa back cover dan layar handphone ini dilindungi terlebih dulu agar tidak terjadi goresan pada saat sedang proses pembongkaran maupun perbaikan.

OPPO A95 Komponen

Selanjutnya, Ayu melepas part handphone satu per satu mulai dari lensa kamera belakang serta melapisi , baut, antenna, PCB, baterai, kamera depan, kamera belakang, port jack audio, dan modul penting lainnya.

Aryo Meidianto A selaku PR Manager OPPO Indonesia mengatakan bahwa komponen LED Flash dari OPPO A95 dibuat terpisah dengan sensor kamera belakang karena alasan perangkat yang menyasar kelas menengah sehingga biaya untuk mengganti komponennya menjadi lebih murah apabila hanya LED Flash saja yang rusak. Dengan begitu tidak perlu membeli sensor kamera belakang.

Sebagai tambahan, OPPO A95 ini dibekali dengan IPX4 sehingga apabila kondisi terkena cipratan air di bagian layar atau cover belakang, maka tidak akan masuk ke bagian dalam mesinnya sehingga kita dapat membersihkannya langsung dengan kain atau tisu secara halus.

OPPO A95 All Teknisi

Meskipun memiliki sertifikasi IPX4, namun OPPO A95 ini tidak dibekali dengan lapisan karet tambahan port bagian bawah seperti handphone Find X2 Pro atau Find X3 Pro dengan sertifikasi IP68 yang lebih tinggi.

Bisa dibilang sertifikasi IPX4 ini membuat OPPO A95 tahan terkena cipratan air tawar namun bukan terendam air. Perangkat ini akan aman apabila terkena gerimis air hujan atau tumpahan air yang tidak sengaja ketika sedang makan.

Ayu pun menunjukkan bagian layar OPPO A95 yang terdapat segel lakmus berwarna putih yang akan berubah warna menjadi merah ketika perangkat kemasukan air. Namun apabila masih merah muda berarti terciprat air.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar