Berita Perangkat Pintar

Bawa Ragam Fungsi dan Ringan, OPPO Air Glass Resmi Diperkenalkan

OPPO-Air-Glass-5

Gadgetren – Dalam ajang tahunan teknologi INNO Day 2021 secara daring, OPPO secara memamerkan kacamata pintar terbarunya yang bernama OPPO Air Glass. Menariknya, OPPO Air Glass kali ini tidak mengusung bentuk kacamata utuh seperti kacamata pintar OPPO sebelumnya melainkan hanya sebagian saja.

OPPO sendiri dalam kemasan penjualannya tampaknya turut menyediakan kacamata khusus agar OPPO Air Glass bisa dipasang dengan cara ditempel di sisi kanan kacamata tersebut.

Perangkat ini merupakan aR (assited Reality) yang dapat meningkatkan produktivitas layaknya seperti asisten pribadi untuk mengetahui beragam informasi seperti agenda harian, kalender, jam, cuaca, sebagai teleprompter, alat bantu terjemahan, hingga navigasi untuk berolahraga seperti lari maupun sepeda.

Setelah dipasangkan, kacamata pintar ini akan secara otomatis menerjemahkan suara yang masuk ke dalam teks bahasa dan langsung ditampilkan di Air Glass. Adapun terjemahan bahasa dua arah yang mendukung Air Glass antara lain Mandarin China – Inggris dan Mandarin China – Jepang. Untuk Mandarin China – Korea akan segera dihadirkan ke depannya.

OPPO-Air-Glass-4.

Sementara sebagai teleprompter, Air Glass akan memungkinkan tampilan teks adaptif untuk membuat presentasi pengguna di tempat kerja atau di depan umum agar semakin mudah tanpa perlu melihat catatan atau menghapal. Kacamata pintar ini pun dapat menjadi navigasi olahraga yang berkolaborasi dengan aplikasi seperti Baidu Walk & Bike Navigation dan Explore Nearby.

Untuk menghadirkan teknologi Air Glass, OPPO telah mengembangkan kacamata pintar ini secara mandiri. Perangkat ini pun bisa dioperasikan dengan mudah dan efisien melalui beberapa metode yang intuitif berupa sentuhan, suara, gerakan kepala, dan tangan.

Secara fisik, bobotnya hanya 30 gram sehingga membuatnya sangat ringan dan kecil. Tersedia dalam dua varian warna hitam dan putih, kacamata pintar ini memiliki touchbar atau permukaan navigasi sentuhan yang terinspirasi dari batang bulu. Kemudian chipset Qualcomm Snapdragon Wear 4100 telah dibenamkan di dalam bodinya.

Di sisi tampilan pada layar mungil Air Glass menggunakan teknologi Micro Projector milik OPPO yang memungkinkan kita dapat menikmati konten pada layar dengan gambar yang cerah dan tajam berkat panel Micro LED yang dibekali tingkat kecerahan hingga 3 juta nits.

OPPO-Air-Glass-6

Proyektor mikro yang dibuat oleh OPPO ini konon kabarnya memiliki penutup logam CNC dengan modul lensa kaca yang sekaligus berfungsi sebagai sistem pendinginan perangkat agar suhunya tetap terjaga stabil.

Kacamata ini bakal bisa digunakan di perangkat OPPO lainnya seperti OPPO Watch dengan cara menghubungkannya menggunakan fitur konektivitas yang tersedia dan mengaturnya melalui aplikasi Smart Glass di OPPO Watch 2. Berlaku juga di semua handphone OPPO dengan ColorOS 11 atau versi yang lebih baru.

Soal harganya, kacamata pintar ini menurut Levin Liu selaku OPPO Vice President and Head dari OPPO Research Institute OPPO akan dibanderol dengan harga terjangkau dan akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2022 di pasar Tiongkok.

Selain kacamata pintar, OPPO juga akan mengumumkan handphone flagship lipat perdananya lewat OPPO Find N di ajang INNO Day 2021. Handphone ini dirumorkan akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 888 Octa-Core (5nm).

Tinggalkan Komentar