ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Ingatkan Kita Istirahat Main Media Sosial, Instagram Rilis Fitur Take A Break

Apa Itu Fitur Close Friend Instagram - Header

Gadgetren – Setelah dipersiapkan dalam waktu yang lama, akhirnya Instagram secara resmi telah meluncurkan fitur baru bernama Take A Break yang bisa mengingatkan kita untuk istirahat sejenak dari bermain media sosial.

Berdasarkan keterangan tertulis yang dilaporkan oleh Adam Mosseri selaku Head of Instagram, fitur Take A Break turut dipamerkan dengan dua fitur lainnya yakni Parental Control dan Your Activity. Baik Parental Control dan Your Activity akan bisa digunakan di beberapa Negara pada awal Januari 2022.

Adapun untuk fitur Take A Break telah hadir di Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Kanada, Selandia Baru, dan Australia. Di awal tahun 2022, fitur Take A Break akan digelontorkan di negara-negara lainnya secara bertahap termasuk wilayah Asia Tenggara dan Indonesia.

Adam menyebutkan bahwa jika fitur Take A Break ini sudah tersedia di wilayah kita, akan ada pemberitahuan atau notifikasi pada halaman beranda Instagram di mana akan menampilkan pilihan untuk mengaktifkannya maupun tidak dulu.

Bila diaktifkan, pengingat Take A Break akan muncul dengan pilihan waktu hingga 30 menit. Di samping itu, Take A Break dapat diatur untuk kita menghabiskan seberapa lamanya waktu bermain Instagram setiap harinya dan juga menawarkan pilihan untuk menonaktifkan notifikasi dari Instagram.

Fitur-Take-A-Break-Instagram.

Kemudian untuk fitur Parental Control, Adam mengungkapkan bahwa fitur ini sengaja dibuat untuk memberikan rasa aman kepada remaja saat berselancar di Instagram. Sistem algoritma juga akan lebih ketat merekomendasikan konten untuk remaja di kolom Penelusuran, Jelajahi, Tagar, dan Akun yang Disarankan.

Mulai awal tahun 2022, Instagram pun akan memulai memasukkan pengguna remaja ke akun pribadi secara default saat mereka baru mendaftar Instagram. Setelah itu akan menghentikan orang dewasa agar tidak dapat mengirim Direct Message (DM) atau pesan langsung ke remaja yang tidak mengikuti mereka.

Daily-time-limit-Take-A-Break-IG

Selain itu, Instagram juga akan menonaktifkan orang dewasa untuk menandai atau menyebut remaja yang tidak mengikuti mereka atau untuk menyertakan konten mereka di Reel Remix atau Panduan secara default saat mereka pertama kali bergabung dengan Instagram.

Sementara itu, fitur Your Activity akan tersedia untuk segala usia. Fitur ini memungkinkan kita akan mendapatkan pengalaman baru untuk melihat dan mengelola aktivitas Instagram. Di antaranya bisa mengontrol apakah sedang online maupun offline, menghapus secara bersamaan konten yang telah diposting seperti foto dan video, suka, dan komentar.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar