ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Cara Membatasi Komentar di Video TikTok Agar Lebih Nyaman

Cara Membatasi Komentar di Video TikTok

Gadgetren – Berselancar di platform video singkat TikTok memang semakin digandrungi oleh banyak pengguna dari beragam umur terutama untuk mengisi kebosanan hingga melepaskan stres selama pandemi.

Terlebih TikTok memungkinkan unggahan tersebut ditanggapi oleh pengguna lainnya melalui kolom komentar. Namun tak semua tanggapan dalam komentar dalam setiap video yang kita unggah  tentunya meninggalkan kesan sisi positif.

Adapula komentar dari pengguna lain yang cenderung malah menyudutkan atau menyebutkan kata-kata kasar yang kurang berkenan sehingga bisa menyinggung perasaan pihak yang dituju, entah dalam hal ini pembuat video itu sendiri maupun menyindir pihak lain.

Kata-kasar yang dilontarkan oleh para pengguna tersebut bisa menimbulkan kericuhan di kolom komentar video yang dapat menggiring kepada opini tidak baik soal orang yang dibicarakan, masalah, maupun topik-topik lainnya.

Agar hal ini tidak terjadi dan tetap menunjukkan berselancar yang sehat, maka kita dapat membatasi komentar pada video yang telah diunggah. TikTok pun sudah lama menyediakan fitur penonaktifan komentar maupun filter komentar.

Cara Membatasi Komentar di TikTok 

  1. Buka aplikasi TikTok dan masuk ke dalam akun personal kamu.
  2. Ketuk menu Saya di bagian kanan bawah untuk membuka profil.
  3. Ketuk ikon tiga titik yang berada di bagian kanan atas.
  4. Pilih menu Privasi dan lalu ketuk Komentar.
  5. Setelah itu pilih siapa yang dapat mengomentari video kita dengan pilihan Pengikut, Teman, atau Tak seorang pun

Cara-Membatasi-Komentar-di-Video-TikTok

Selain lewat menu Privasi, untuk membatasi komentar di TikTok juga bisa dilakukan pada saat membuat unggahan video baru dengan cara pilih perbolehkan komentar dari halaman posting. Komentar di setiap video yang sudah lama juga bisa diatur pada setiap post video yang telah diunggah.

Mengubah pengaturan komentar untuk satu video dapat dilakukan dengan cukup mengetuk ikon tiga titik di bagian kanan video yang telah dipilih. Kemudian, pilih pengaturan Privasi dan ketuk bagian kanan Perbolehkan komentar untuk mengaktifkan atau menonaktifkan komentar.

Sementara itu setiap video juga bisa kita lakukan penyaringan atau Filter dengan cara yang sama melalui menu Privasi dan pilih menu Filter Komentar. Selanjutnya pilih Filter semua komentar, Filter Spam dan komentar ofensif, atau Filter Kata Kunci sesuai kebutuhan. Setelah itu lewat menu pengelolaan komentar, kita bisa meninjau komentar yang telah difilter di bawah Filter Komentar.

Setelah mengetahui bagaimana cara membatasi komentar di Video yang telah diunggah, ruang privasi dan rasa aman kita bisa lebih terjaga ketika bermain TikTok. Meskipun sudah ada fitur membatasi komentar, tentunya kita harus tetap menjaga aturan panduan komunitas yang telah dibuat oleh TikTok agar video yang kita buat atau bahkan akun kita tidak diblokir.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar