Berita Tekno

Fitur Locked Folder di Google Photos Mulai Tersedia di Handphone Android

Google-Photos-Header

Gadgetren – Google Photos dikabarkan akan segera memperluas fitur Folder Terkunci atau Locked Folder untuk pengguna handphone Android umum.

Sebelumnya Google telah menghadirkan fitur Folder Terkunci ini untuk perangkat Pixel dan pada bulan Oktober 2021 kemarin Google resmi mengumumkan bahwa fitur Folder Terkunci ini mulai bisa dinikmati oleh pengguna Android secara bertahap di akhir tahun 2021.

Dalam laporan Sudhanshu dari Gizmochina menyebutkan bahwa fitur Folder Terkunci ini bisa dibilang masih tersedia terbatas di beberapa perangkat Android. Untuk itu, setiap pengguna Android bisa memantau di perangkatnya masing-masing melalui pembaruan server.

Tanda-tanda fitur ini bisa dicoba oleh pengguna ialah adanya pemberitahuan atau notifikasi baru yang akan muncul di perangkat Android yang membuka peluang penggunanya untuk dapat menyembunyikan foto maupun video personal dengan fitur Locked Folder.

Dengan mengaktifkan fitur Locked Folder, pengguna Android memiliki fasilitas untuk mencegah foto dan video personal yang dipilih tidak terunggah ke Google Drive.

Folder foto dan video yang telah dibuat juga bisa disembunyikan secara lokal di perangkat Android dan pengguna bisa membuat keamanan khusus berupa sensor sidik jari sehingga ketika ada orang yang sengaja membuka Google Photos dan ingin mencoba masuk harus memerlukan izin autentikasi lebih dulu.

Selain itu, setiap foto dan video yang sudah dijadikan satu folder ini kabarnya tidak akan muncul lagi di luar folder atau di bagian lain di dalam Google Photos. Hal ini dikarenakan bahwa fitur Folder Terkunci memiliki lapisan privasi dan keamanan lainnya sehingga hanya pengguna yang dapat melihat apa pun yang mereka simpan.

Gallery-Go-by-Google-Photos

Dengan demikian, folder foto dan video yang sudah terkunci tidak akan mendapatkan izin untuk dibagikan ke aplikasi lain, mengambil tangkapan layar, atau merekam layar konten apa pun kecuali jika konten tersebut dihapus kembali dari Folder Terkunci.

Bila Folder Terkunci ini sudah diaktifkan lewat pembaruan server, maka pengguna dapat menemukan fitur tersebut dengan membuka Google Photos di layar handphone dan mengetuk menu Library atau Galeri, lalu pada Utility atau Utilitas dan menggulir ke bawah ke pilihan Folder Terkunci.

Setelah selesai, pengguna dapat memindahkan beragam foto dan video yang tersimpan di Google Photos mana pun. Selanjutnya, pengguna bisa memilihnya untuk dipindahkan ke Folder Terkunci secara bersamaan.

Tinggalkan Komentar