Review Smart Home

Review Prolink Smart IR Controller DS-3301 – Bikin Perangkat Rumah Lebih Pintar

Prolink Smart IR Controller DS-3301 - 1

Gadgetren – Tidak hanya lampu pintar, Prolink juga memiliki produk bernama Smart IR Controller DS-3301 yang dapat menjadi pusat kendali untuk perangkat elektronik konvensional.

Saat ini masih banyak sekali perangkat rumah yang mengandalkan inframerah sebagai metode transmisi antara perangkat dengan remote control. Air Conditioner (AC), Televisi, Set-top box maupun purifier menjadi salah satu perangkat yang sering menjadi pilihan dalam melengkapi rumah.

Melihat peluang tersebut, Prolink Smart IR Controller DS-3301 dihadirkan sebagai jembatan bagi ragam perangkat rumahan tersebut untuk memiliki fitur dasar yang membuatnya menjadi lebih pintar. Bahkan pusat pengendali inframerah ini bisa coba mempelajari proses sinyal pada perangkat rakitan.

Review Prolink Smart IR Controller DS-3301
  • Desain - 8/10
    8/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
  • Software - 9/10
    9/10
8.7/10

Kesimpulan

Prolink Smart IR Controller DS-3301 bisa menjadi jembatan bagi ragam perangkat rumahan untuk memiliki fitur pintar dan otomatisasi.

Pros

  • Pairing sangat mudah
  • Tersedia fitur otomatisasi
  • Dukung banyak merek dan kategori
  • Mudah digunakan

Cons

  • Perlu terhubung ke sumber listrik
  • Desain glossy kurang menarik

Dengan menggunakan Prolink Smart IR Controller DS-3301, perangkat-perangkat rumahan tersebut yang masih menggunakan metode konvensional dapat disulap sedikit menjadi perangkat smart home. Penasaran? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan Prolink Smart IR Controller DS-3301.

Sebagai perangkat yang punya fungsi sederhana, Prolink Smart IR Controller DS-3301 pun hadir dengan desain yang tidak kalah sederhananya. Bodinya yang terbuat dari bahan plastik tergolong cukup pipih dengan dimensi 64,7 x 64,7 x 20 mm serta bobot hanya 68 gram.

Prolink Smart IR Controller DS-3301 - 3

Pada tampilan depannya terlihat penutup bertekstur glossy berwarna hitam dengan lampu LED kecil sebagai indikator perangkat. Sementara pada bagian belakangnya terdapat dudukan karet agar tidak mudah bergeser saat ditempatkan di permukaan datar serta tombol Reset untuk mengatur ulang ke setelan pabrik.

Di sisi bodinya terdapat port micro USB yang digunakan sebagai sumber daya menggunakan kabel dan adapter DC 5V 1A yang juga sudah tersedia dalam paket penjualan. Dikarenakan harus terhubung ke sumber listrik, sayangnya penempatan dari perangkat ini menjadi lebih terbatas karena harus dekat dengan stop kontak.

Maka dari itu jika ingin menempatkan Prolink Smart IR Controller DS-3301 di lokasi yang sulit dijangkau atau stop kontak terbatas, maka perlu sedikit mengakalinya seperti menggunakan powerbank jika diinginkan.

Prolink Smart IR Controller DS-3301 - 2

Untungnya jangkauan sinyal dari perangkat ini cukup luas sehingga dapat mengendalikan perangkat lain walaupun sedikit terhalang sehingga tidak harus ditempatkan di titik pusat ruangan.

Ditambah lagi menggunakan Prolink Smart IR Controller DS-3301 terbilang sangat mudah sekali. Tahap awal tentunya harus melakukan pairing terlebih dahulu ke handphone melalui jaringan WiFi. Setelah mengunduh aplikasi mEzee dan memastikan lampu LED berkedip, saya tinggal menambahkan Prolink Smart IR Controller DS-3301 dengan memilih menu IR Controller lalu Smart IR Remote.

Setelah memasukkan informasi WiFi berupa SSID dan Sandi, aplikasi akan memprosesnya secara otomatis untuk kemudian didaftarkan pada menu utama mEzee. Proses pairing pun telah selesai dan perangkat siap untuk digunakan.

Sebagai sebuah Hub, Prolink Smart IR Controller DS-3301 tentunya secara bawaan tidak berdiri sendiri karena membutuhkan perangkat lain untuk bisa bekerja. Ada cukup banyak deretan perangkat dari berbagai jenis merek yang didukung untuk dikendalikan mulai dari TV, Set-top Box, AC, Kipas, Lampu, Proyektor, Audio, dan lainnya.

Prolink Smart IR Controller DS-3301 Pairing

Untuk proses menambahkan perangkat pun terbilang mudah yang mana saya hanya perlu memilih kategori perangkat lalu menyesuaikan merek dari daftar yang ada. Selanjutnya saya perlu mengarahkan remote control asli dari perangkat ke Prolink Smart IR Controller DS-3301 sebagai bentuk sinkronisasi.

Selanjutnya sistem akan melakukan beberapa tes seperti menyalakan, mematikan, dan mengubah pengaturan perangkat. Jika dirasa sudah berfungsi dengan benar, maka saya tinggal menekan Can Control untuk menyelesaikan proses sinkronisasi. Perangkat tersebut pun langsung bisa dikendalikan lewat handphone.

Tentunya fitur pengendalian jauh lebih terbatas dibandingkan perangkat yang memiliki fitur smart home secara bawaan. Pada AC misalnya, hanya tersedia pengaturan untuk mengubah suhu, kecepatan kipas, dan mode pendingin saja. Ditambah lagi, pengaturan tersebut juga tidak mengubah pengaturan yang tersimpan di remote control asli.

Walaupun begitu, fungsi dari Prolink Smart IR Controller DS-3301 saya rasa sudah cukup untuk sebagian banyak orang yang ingin bisa mengendalikan perangkat konvensional lewat handphone. Apalagi dukungan automation dari aplikasi mEzee pun tetap bisa digunakan jika ingin menghadirkan otomatisasi sistem.

Prolink Smart IR Controller DS-3301 mEzee

Contohnya saja, saya dapat membuat AC menyala dengan sendiri dan masuk ke mode pendingin jika aplikasi mendeteksi bahwa suhu udara saat ini berada di atas 30°C. Sementara saat suhu sudah mulai menurun hingga batas tertentu, maka dapat berubah menjadi mode Auto.

Inilah yang menjadi kelebihan utama dari Prolink Smart IR Controller DS-3301 jika digunakan sebagai pusat kendali dari perangkat yang masih menggunakan sinyal inframerah. Memang ada juga handphone yang punya sensor inframerah, namun perangkat ini punya fungsi yang jauh lebih fleksibel.

Apalagi perangkat dapat diatur tanpa harus mengarahkan handphone secara langsung karena terhubung lewat jaringan WiFi sehingga bisa memberikan perintah di manapun saya berada. Tak ketinggalan juga tersedia dukungan voice control melalui asisten virtual dari Alexa, Siri, Google yang ada di handphone.

Hanya saja memang ada keterbatasan sinyal, yang mana Prolink Smart IR Controller DS-3301 memiliki cakupan sejauh 10 meter atau kurang lebih satu ruangan besar. Pastinya, Prolink Smart IR Controller DS-3301 bisa menjadi pilihan entry-level bagi yang ingin membuat perangkat rumah menjadi lebih pintar.

Tinggalkan Komentar