Review Tekno

Review SanDisk Extreme Portable SSD – Lebih Tangguh, Lebih Cepat

SanDisk Extreme Portable SSD Kelengkapan

Gadgetren – SanDisk sebagai salah satu vendor ternama di segmen solusi penyimpanan memiliki sebuah produk bernama SanDisk Extreme Portable SSD.

Bagi kamu yang membutuhkan sebuah penyimpanan berkecepatan tinggi yang tanpa kompromi untuk menunjang pekerjaan maupun kreasi digital di manapun kamu berada rasanya perlu melirik SanDisk Extreme Portable SSD. Kenapa?

SanDisk menghadirkan Extreme Portable SSD untuk menyasar pengguna yang membutuhkan penyimpanan berkecepatan tinggi dalam menyimpan foto berkualitas tinggi, video, maupun audio untuk menunjang kegiatan kreatif.

Review SanDisk Extreme Portable SSD
  • Desain - 9/10
    9/10
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Fitur - 7/10
    7/10
8.7/10

Kesimpulan

SanDisk Extreme Portable SSD merupakan solusi penyimpanan mutakhir berkecepatan tinggi yang membawa desain rugged sehingga cocok untuk dibawa dan digunakan di berbagai medan

Pros

  • Transfer data super cepat
  • Desain sporty dan compact
  • Dukungan USB-C dan USB-A

Cons

  • Tidak langsung dibekali software backup

Secara kasat mata, penyimpanan eksternal besutan SanDisk yang satu ini terlihat berbeda dibandingkan penyimpanan eksternal kebanyakan yang bisa ditemui di pasaran. Jika biasanya desain yang ditawarkan cukup sederhana dan kotak untuk menyesuaikan dengan lingkungan kantoran, SanDisk Extreme Portable SSD justru membawa desain yang lebih sporty.

SanDisk Extreme Portable SSD Desain Depan

Pada bagian luarnya dilapisi oleh tekstur karet doff yang tidak hanya lembut ketika disentuh melainkan juga membuatnya anti selip. Sementara pada bagian depannya dipenuhi oleh titik-titik kecil yang juga memberikan cengkeraman lebih ketika digenggam agar tidak mudah jatuh.

Menariknya, pada bagian kanan atas terdapat sebuah lubang yang bisa dimanfaatkan untuk mengaitkan SanDisk Extreme Portable SSD di tas, jaket, atau lainnya untuk mencegah jatuh secara tidak disengaja.

Desain yang dihadirkan benar-benar terasa seperti angin segar setelah begitu banyak penyimpanan eksternal SSD yang cukup mirip seperti powerbank. Menariknya, SanDisk Extreme Portable SSD tetap memiliki dimensi yang cukup mungil dengan ukuran 96,2mm x 49,55mm x 8,85mm sehingga mudah untuk disimpan pada saku sekalipun.

SanDisk Extreme Portable SSD Terhubung

Membawa desain rugged yang lebih sporty pun membuat penyimpanan portabel besutan SanDisk yang satu ini memiliki sertifikasi IP55 sebagai tanda bahwa tahan terhadap tumpahan dan percikan air, hujan, dan debu.

Selain itu, SanDisk Extreme Portable SSD juga digadang tahan terhadap guncangan dan getaran hingga dari ketinggian 2 meter. Hal ini membuatnya lebih cocok untuk dibawa ke segala medan dibandingkan perangkat lainnya karena akan memberikan rasa aman lebih.

Walaupun mengusung portabilitas, namun performa yang diberikan oleh SanDisk Extreme Portable SSD tergolong tidak main-main. Membawa solusi penyimpanan NVMe SSD dengan antarmuka USB 3.1 Gen 2 Type-C, kemampuannya diklaim dapat memberikan kecepatan Read 1050 MB/s dan Write 1000 MB/s.

SanDisk Extreme Portable SSD CrystalDiskMarks

Ketika diuji menggunakan CrystalDiskMark 8, dapat terlihat bahwa SanDisk Extreme Portable SSD mampu meraih angka 1023,56 MB/s untuk Read dan 952,34 MB/s untuk Write pada pengujian sekuensial. Angka tersebut tergolong cepat dan di atas kebanyakan penyimpanan SSD SATA.

Namun tentu itu hanya sebuah angka benchmark, bagaimana dengan kinerjanya ketika digunakan secara nyata?

SanDisk Extreme Portable SSD Transfer Fotos

Untuk itu saya pun mencoba untuk memindahkan 545 foto dengan total size mencapai 2GB. Alhasil saya hanya perlu menunggu sekitar 7 detik saja hingga proses selesai dengan kecepatan transfer mencapai 280 MB/s. Luar biasa cepatnya mengingat banyaknya jumlah file yang dipindahkan.

SanDisk Extreme Portable SSD Transfer Games

Kemudian saya mencoba untuk memindahkan backup game dari Steam sebesar 30GB. Tes yang satu ini memakan waktu sekitar 1 menit 5 detik dengan kecepatan transfer rata-rata cukup stabil pada kisaran 480 MB/s.

Kapasitasnya sendiri berukuran 1TB untuk varian yang saya uji. SanDisk Extreme Portable SSD juga tersedia dengan varian kapasitas meliputi 250GB, 500GB, dan 2TB. Tersedia juga adapter USB-C to USB-A dalam paket penjualan ketika ingin terhubung ke perangkat yang tidak belum memiliki port USB-C.

Dengan begitu, SanDisk Extreme Portable SSD dapat digunakan sebagai perangkat perantara untuk memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lain berkat kemampuan transfer yang sangat cepat.

Tentunya dapat digunakan juga sebagai solusi pencadangan untuk data-data berukuran besar karena tidak akan membutuhkan waktu terlalu lama untuk menyelesaikan proses pencadangan.

SanDisk Extreme Portable SSD CrystalDiskInfos

SanDisk Extreme Portable SSD memiliki sifat Plug and Play yang berarti dapat langsung terhubung pada berbagai perangkat, baik itu Windows dan Mac, tanpa harus melakukan install software terlebih dahulu.

Namun hal ini menyebabkan SanDisk Extreme Portable SSD tidak tersedia software pencadangan maupun sistem password langsung di dalamnya sehingga perlu mengunduhnya secara terpisah jika membutuhkannya. Setidaknya hal ini yang saya temukan pada SanDisk Extreme Portable SSD yang saya uji.

SanDisk Extreme Portable SSD Dongle dan Laptop

SanDisk Extreme Portable SSD merupakan solusi penyimpanan mutakhir berkecepatan tinggi yang membawa desain rugged. Maka dari itu, penyimpanan eksternal buatan SanDisk yang satu ini akan lebih cocok untuk dibawa dan digunakan di berbagai medan dibandingkan penyimpanan portabel kebanyakan.

Apalagi sudah ada sertifikasi IP55 yang pastinya akan memberikan rasa aman lebih kepada penggunanya. Bagi kamu yang ingin memilikinya, SanDisk Extreme Portable SSD berkapasitas 1TB sudah tersedia dengan harga sekitar Rp 2,7 jutaan di berbagai e-commerce.

Tinggalkan Komentar