Perangkat Pintar Review Smart Home

Review Prolink Smart LED Bulb DS-3601 – Bikin Cahaya Ruangan Lebih Personal

Review prolink Smart bulb DS-3601

Gadgetren – Nama Prolink sebagai salah satu pemain lama di segmen jaringan memang lebih lekat pada produk seperti router, wireless adapter, dan lainnya.

Namun kini Prolink juga turut terjun ke segmen produk smart home yang terus berkembang belakangan ini. Dalam hal lampu pintar, Prolink memiliki Smart LED Bulb DS-3601 yang dilengkapi berbagai fitur menarik untuk membuat hidup lebih praktis.

Dibandingkan lampu konvensional yang hanya bisa menampilkan satu tingkat pencahayaan saja, lampu pintar dari Prolink ini punya fungsi yang lebih fleksibel berkat dukungan yang dibawanya. Untuk tahu lebih jelas seperti apa kemampuannya, berikut ulasan Prolink Smart LED Bulb DS-3601.

Review Prolink Smart LED Bulb DS-3601
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Software - 10/10
    10/10
  • Desain - 9/10
    9/10
9/10

Kesimpulan

Prolink Smart LED Bulb DS-3601 bawa ragam fitur pintar yang dapat berjalan otomatis serta pilihan rentang pencahayaan yang cukup luas.

Pros

  • Pairing sangat mudah
  • Cahaya terang dan nyaman
  • Banyak pilihan setelan bawaan
  • Dukung automation dan asisten virtual

Cons

  • Belum ada mode Night Time

Melihat dari tampilan luarnya, Prolink Smart LED Bulb DS-3601 terlihat sepeti lampu LED kebanyakan dengan. Didominasi warna putih baik pada bagian dasar maupun kaca, lampu pintar ini tentunya dapat tetap serasi jika digunakan pada tempat mudah terlihat seperti meja.

Dudukan yang digunakan pun E27 sehingga dapat dipasangkan pada berbagai soket lampu rumahan pada umumnya. Ditambah tanpa perlu adanya perangkat hub tambahan, lampu pintar ini dapat langsung digunakan tanpa ribet.

prolink Smart bulb DS-3601 - 2

Prolink DS-3601 – lampu LED 8W

Lampu pintar ini pun terbilang hemat karena hanya mengonsumsi daya 9 Watt dengan kemampuan pencahayaan mencapai 900 lumens. Dalam halaman resminya, Prolink mengklaim bahwa Smart LED Bulb DS-3601 mampu menyala hingga 25.000 jam atau sekitar 2.000 hari jika digunakan selama 12 jam setiap harinya.

Pemasangan Smart LED Bulb DS-3601 sendiri terbilang cukup mudah dan praktis. Berbeda dari IT Smart LED Bulb yang mengharuskan saya reset terlebih dahulu agar masuk ke mode pairing, lampu pintar dari Prolink ini langsung dalam mode pairing ketika pertama kali dinyalakan.

Dengan begitu saya tinggal membuka aplikasi mEzee di handphone dan memilih jenis produk yang sesuai dari daftar yang ada. Nantinya aplikasi akan mendeteksi lampu dan melakukan pairing agar terdaftar pada Home. Setelah proses pairing selesai, maka seluruh fitur Prolink Smart LED Bulb DS-3601 dapat langsung diatur lewat aplikasi.

prolink Smart bulb DS-3601 mEzee Pairing

Membawa dukungan hingga 16 juta warna pada rentang temperatur 2700K sampai 6500K, tentunya pencahayaan pada lampu pintar ini dapat diatur sesukanya. Baik itu warna putih maupun ungu, semuanya dapat diubah dalam satu tempat.

Pada menu Dimmer di aplikasi mEzee tersedia dua pilihan utama berupa Color dan White. Jika menggunakan White, maka lampu dapat diatur tingkat kecerahan dan temperatur sehingga dapat memberikan pencahayaan yang nyaman sesuai dengan kebutuhan.

Saat sedang bekerja dapat menggunakan 6500K agar aktivitas berlangsung lebih optimal, namun saat ingin beristirahat atau pada malam hari bisa menggunakan 2700K untuk menciptakan kondisi yang lebih rileks bagi mata dan tubuh.

prolink Smart bulb DS-3601 - 6

Sementara Color memungkinkan lampu memancarkan cahaya dalam berbagai spektrum warna RGB pada tingkat kecerahan tertentu. Secara bawaan tersedia warna Merah, Hijau, dan Biru yang dapat dipilih langsung lewat setelan yang sudah disediakan. Jika ingin warna selain itu, maka bisa memilihnya pada boks spektrum yang ada di bawahnya.

Di samping menu Dimmer terdapat menu Scene yang telah menyediakan berbagai pilihan warna yang terbagi dalam berbagai kategori seperti Mood, Holiday, dan Life. Nantinya warna lampu akan disesuaikan dengan kategori tersebut, seperti Mood Blue Sky akan membuat warna lampu menjadi biru muda dan perlahan menjadi putih layaknya langit.

Menariknya tidak hanya warna statis saja, Smart LED Bulb DS-3601 juga dapat membuat lampu memancarkan cahaya mengikuti ritme lagu, dentuman efek game, hingga romansa untuk menciptakan suasana yang lebih dinamis lagi.

prolink Smart bulb DS-3601 mEzee Warnas

Sebagai lampu pintar, tentu kemampuan Smart LED Bulb DS-3601 tidak hanya sebatas bisa berganti warna dan pencahayaan saja. Lewat aplikasi mEzee, saya bisa mengatur kapan lampu nyala atau mati secara otomatis, hitung mundur untuk mati atau nyala, serta Do Not Disturb agar tidak mengganggu pengguna lain.

Namun sayangnya tidak ada fitur seperti Night Time yang saya cukup suka di mana lampu akan perlahan meredup hingga mati total pada waktu yang ditentukan untuk membantu tubuh lebih nyaman dan siap tidur. Fitur hitung mundur memang mirip, namun hanya sebatas bisa mematikan dan menyalakan lampu saja.

Smart LED Bulb DS-3601 juga diklaim memiliki Vacation Mode yang dapat membuat lampu nyala dan mati dalam interval tertentu untuk menyimulasikan penggunaan sehingga rumah seperti tetap ada seseorang di dalamnya saat ditinggal bepergian. Namun sayangnya saya tidak menemukan fitur yang satu ini ketika mengujinya.

Untungnya dukungan kendali lewat suara pun sudah diberikan karena lampu pintar ini dapat terhubung ke Google Assistant, Apple Siri, dan Amazon Alexa. Sebagai pengguna Android, saya menggunakan OK Google dan memberikan perintah suara nyalakan lampu di handphone sehingga tidak perlu membuka aplikasi mEzee terlebih dahulu.

prolink Smart bulb DS-3601 mEzee Automation

Yang tidak kalah pentingnya, Prolink juga menyediakan fitur automation yang berarti lampu dapat melaksanakan perintah yang telah dibuat pada kondisi tertentu untuk memberikan kesinambungan dengan produk lainnya seperti mengaktifkan Scene spesifik ketika matahari terbenam hingga terbit.

Dengan segala kemampuan yang dimilikinya, Prolink Smart LED Bulb DS-3601 menawarkan ragam variasi lampu dalam satu tempat sehingga tidak perlu memiliki lampu berbeda-beda untuk setiap skenario. Cukup dengan satu lampu pintar ini, kamu dapat menyesuaikannya dengan segala kebutuhan yang diinginkan.

Tinggalkan Komentar