ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Kamera Canon EOS R3 Resmi Dipasarkan di Indonesia, Ini Harganya

Canon-EOS-R3-hand

Gadgetren – Setelah menghadirkan EOS R6 dan R5, Datascrip dikabarkan telah kembali meluncurkan kamera mirrorless full frame kelas flagship terbarunya yang bernama EOS R3.

Kamera yang menyasar para fotografer profesional ini sudah bisa dibeli di Indonesia dengan harga yang sangat fantastis mencapai Rp117.370.000 untuk bodinya saja dan bergaransi resmi selama dua tahun. Dengan harga tersebut, para profesional fotografer akan dapat menikmati beragam fitur-fitur canggihnya.

Memiliki bodi yang kokoh, EOS R3 mampu diajak untuk memotret dalam kondisi hujan dengan curah yang sedikit dan tahan terhadap kondisi cuaca kemarau yang rentan terhadap paparan debu. Namun perlu diingat, kamera ini belum tahan air atau waterproof sehingga harus menggunakan pelindung khusus untuk bodi kameranya.

Menjadi generasi terbaru dalam keluarga EOS R, kamera yang satu ini dibekali oleh mesin pemrosesan gambar DIGIC X dengan sensor back-illuminated stacked CMOS 24,1 MP di mana resolusinya 20% lebih tinggi dibandingkan EOS-1DX Mark III dan EOS R6. 

Sementara rentang ISO kamera ini ada di kisaran 100-102.400 yang dapat ditingkatkan hingga 204.800 dan mampu mengurangi noise di kondisi minim cahaya. Soal perekaman videonya, kamera ini dapat menghasilkan gambar bergerak dengan format 6K 60p RAW atau 4K 120p 10-bit tanpa crop.

Pengambilan video tanpa adanya gangguan guncangan bisa lebih stabil karena kamera ini sudah dilengkapi dengan 5 AXIS In-Body Image Stabilization hingga 5,5 stop yang sama seperti EOS R5 dan R6.

Ketika dipasangkan dengan lensa RF yang kompatibel, kamera ini bisa menjangkau 8 stop yang memungkinkan pengambilan video dapat berjalan lebih halus dan berlaku pula pada pemotretan long exposure tanpa tripod.

Contoh-Foto-Hewan-dari-Canon-EOS-R3

Hasil Foto Canon EOS R3

Di samping itu, para fotografer profesional dapat menggunakan Electronic Shutter pada mode continuous shooting hingga 30 fps pada resolusi penuh bersamaan dengan pelacakan AutoFocus (AF) dan Auto Exposure(AE) yang aktif.

Berkat teknologi Dual Pixel CMOS AF II, kamera ini bisa  cepat dan akurat menangkap titik fokus dengan deteksi mata (Eye Control AF) melalui Electronic View Finder (EVF). Untuk EVF sudah berpanel OLED yang mencapai 5,76 juta titik dan mendukung refresh rate 120fps. Pada bagian tampilannya, kamera ini mengusung layar LCD sentuh vari-angle dengan bentang 3,2 inci.

Media penyimpanan EOS R3 tersemat dua slot kartu memori mencakup CFexpress Type B dan kartu SD. CFexpress Type B dapat memberikan transfer data berkecepatan hingga 2GB/detik sehingga  pengambilan gambar secara burst hingga ribuan gambar dalam format RAW atau RAW+JPEG secara continuous bisa dihasilkan dan dapat merekam video 6K RAW.

Contoh-foto-balapan-motor-dari-Canon-EOS-R3

Hasil Foto Canon EOS R3

EOS R3 juga turut menyediakan fitur penunjang lainnya seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan LAN kabel. Apabila ingin mengirim file dengan cepat ke handphone, bisa menggunakan kabel USB. Bahkan kamera ini sudah kompatibel dengan jaringan 5G.

Baterai LP-E19 yang telah diberikan pada EOS R3 ini memiliki kapasitas mencapai 2.700 mAh. Pengisiannya sangat mudah, selain dengan chargeran khusus, baterai juga dapat diisi menggunakan power bank yang mendukung Power Delivery (PD) melalui kabel USB-C.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar