Berita Perangkat Pintar

Fitur Video Lebih Mutakhir, Kamera Mirrorless Sinema Canon EOS R5 C Resmi Dijual di Indonesia

Canon-EOS-R5-C-Launch-1

Gadgetren – Setelah menghadirkan kamera flagship EOS R5 dan R6, Canon Indonesia membawa kamera mirrorless terbarunya dengan penambahan fitur-fitur yang lebih canggih lagi melalui EOS R5 C.

Harganya dibanderol Rp81.999.000 untuk bodinya saja di mana lebih mahal dari generasi sebelumnya. Harga tersebut telah mendapatkan potongan senilai Rp2.000.000 selama periode pemesanannya berlangsung sampai dengan tanggal 31 Mei 2022.

Bagi yang tertarik meminang kamera mirrorles EOS R5 C ini sudah mulai bisa memesannya melalui Datascrip selaku distributor resmi Canon Indonesia maupun mitra resmi lainnya baik secara daring dan luring.

Sebagai penawaran menarik, setiap pemesan EOS R5 C akan mendapatkan bonus dengan nilai total Rp16.000.000 berupa CFExpress Type B 512GB, CFExpress Card Reader, 2 Unit LP-E6NH, dan Mount Adapter EF-EOS R.

EOS R5 C menyasar pasar fotografer dan videografer profesional seperti pernikahan, media massa, foto jurnalis, agensi, perusahaan, dan pendidikan. Bila dilihat secara kasat mata, bodi EOS R5 C tampak lebih lebar dibandingkan dengan EOS R5.

Hal ini karena telah dibenamkan sistem pendinginan internal yang kabarnya mampu bekerja tak henti ketika kamera dinyalakan pada pengaturan maksimal untuk perekaman video dengan resolusi 8K pada 60fps RAW.

Bobotnya sekitar 680 gram di mana lebih berat dibandingkan dengan EOS R5 yang hanya 650 gram. Bodinya terbuat dari bahan magnesium alloy yang tahan terhadap debu dan tetesan air sehingga pengguna bisa leluasa melakukan perekaman maupun pemotretan di mana pun serta dalam kondisi apa pun.

Dapur pacunya menggunakan pemrosesan gambar DIGIC X yang mendukung CMOS sensor dan mampu menghasilkan foto dengan resolusi 45MP. Dengan memilih mode continuous still shooting, pengguna bisa menangkap objek yang bergerak lebih banyak dengan hasil pada kecepatan 20 fps melalui electronic shutter yang dipadukan menggunakan AF/AE Tracking.

Canon-EOS-R5-C-Launch-2.

Jika menggunakan mechanical shutter, maka pengguna bisa mendapatkan gambar berkelanjutan pada kecepatan 12fps dengan AF/AE Tracking. Untuk perekaman slow motion, EOS R5 C bisa menghasilkan resolusi 4K pada 120fps.

Soal pendeteksian pada objek bergerak, kamera EOS R5 C telah dibekali oleh teknologi Dual Pixel CMOS AF II dan EOS iTR AF X. Termasuk di dalamnya terdapat Eye Detection AF dan Animal Detection AF yang bisa mendeteksi setiap gerakan subjek bahkan diklaim saat subjek tidak menghadap kamera sekalipun.

Tak ketinggalan, pada kondisi minim cahaya kamera ini pun bisa mengambil gambar dengan sensitivitas ISO hingga 51.200 dan rentang kecerahan fokus hingga EV-6. Beralih ke bagian layarnya, kamera ini telah didukung oleh panel LCD layar sentuh vari-angle atau bisa diputar ke berbagai arah.

Selain penambahan sistem pendinginan, hal baru yang hadir dalam kamera EOS R5 C ialah  memiliki pilihan format perekaman yang beragam. Di antarannya Cinema RAW Light (12-bit) yang bisa menyimpan data rekaman RAW dalam ukuran file lebih ringan.

 Canon-EOS-R5-C-3

Tersedia pula format XF-AVC yang memenuhi standar siaran MXF dan format MP4 HEVC/H.264. Fitur baru lainnya yang telah diberikan ialah tampilan antarmuka dengan dua sistem yang berbeda untuk foto dan video.

Pada saat mode foto maka tampilan antarmuka akan tampak sama seperti EOS R5, sedangkan ketika berpindah ke mode video maka tampilan antarmuka Cinema EOS akan muncul yang mana mirip seperti di perangkat EOS C70.

Terakhir yang tak kalah penting ialah media penyimpanan. Pada kamera baru ini menyediakan dua slot kartu memori yang memungkinkan pengguna menggabungkan CF-Express Tipe B dan kartu memori SD UHS II.

 Canon-EOS-R5-C-dan-Lensa-RF5.2mm-f2.8L-Dual-Fisheye-

Selain itu terdapat perekaman simultan dengan format 4K XF-AVC, MP4, dan data proxy juga bisa diaktifkan bahkan saat perekaman internal 8K RAW.

Iqbal Rifqi Prayoga selaku Marketing Executive Canon Business Unit PT Datascrip mengungkapkan bahwa semenjak hadirnya EOS R5 telah membuka banyak pengguna untuk mencoba banyak hal, secara continous lebih cepat dibanding EOS R.

“Untuk EOS R5 C itu adalah EOS R5 yang kayak disuntik steroid kayak video, jadi ditingkatkan lagi, secara foto dia sama. Yang tadinya EOS R5 ada limitasi di overheat, di EOS R5 C ada cooling vent dan juga untuk recording lebih banyak pilihan baik untuk format video dan audio,” ujarnya.

Selain EOS R5 C, Canon juga meluncurkan lensa terbaru yakni RF5.2mm f2.8L Dual Fisheye yang dilepas dengan harga Rp39.499.000.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar