Berita Gadget

Bawa Spesifikasi Monster, Kamera Sultan Canon EOS R5 Resmi Meluncur ke Tanah Air

Bawa-Spesifikasi-Monster-Kamera-Sultan-Canon-EOS-R5-Mulai-Dijual-Secara-Pre-Order-Header

Gadgetren – Canon kembali meramaikan dunia fotografi dan videografi Tanah Air dengan menghadirkan dua kamera mirrorless full-frame terbarunya di jajaran EOS R, yakni Canon EOS R5 dan EOS R6.

Merry Harun selaku Canon Business Unit Director, pt. Datascrip mengatakan bahwa pihaknya percaya bahwa kehadiran Canon EOS R5 dan EOS R6 akan membuka ruang kreativitas baru bagi para pencinta fotografi dan videografi di Tanah Air.

“Terlebih secara khusus Canon EOS R5 adalah kamera mirrorless full-frame Canon pertama yang dapat merekam video dengan kualitas 8K sehingga pengguna dapat lebih leluasa berkreativitas untuk menghasilkan karya terbaik mereka,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Lebih jauh, prosesor gambar DIGIC X yang didukung kecepatan yang luar biasa dari kartu memori CFexpress membuat Canon EOS R5 mampu merekam video beresolusi 8K tanpa crop pada 30 fps. Pengambilan gambar dalam format 8K memberikan keleluasaan ketika proses pasca produksi, termasuk untuk mengkreasikan video 4K dengan berbagai efek seperti zoom dan panning.

Selain itu, EOS R5 dapat merekam video 8K RAW secara internal tanpa tambahan memori eksternal. Untuk mendapatkan efek slow motion yang halus dengan kualitas tinggi, EOS R5 dapat merekam video 4K pada mode 120 fps. Berbagai format file video tersedia di kamera ini termasuk RAW, H.265 HEVC, dan H.264 MP4.

Dengan sensor CMOS full-frame 45MP yang mendekati resolusi kamera medium format, Canon EOS R5 mampu memenuhi kebutuhan para profesional yang dituntut untuk menghasilkan karya visual terbaik dalam format cetakan besar.

Electronic Shutter di EOS R5 mampu memotret pada mode continuous shooting hingga 20 fps pada resolusi penuh, bahkan dalam kondisi fitur pelacakan AutoFocus (AF) dan Auto Exposure(AE) yang tetap aktif. Fitur ini sangat membantu untuk fotografer aksi cepat, seperti fotografi olahraga atau satwa liar.

Prosesor DIGIC X juga mampu mengurangi noise dengan lebih baik sehingga EOS R5 dapat memotret hingga ISO 51.200 yang dapat ditingkatkan hingga 102.400.

Pada EOS R5, teknologi Dual Pixel CMOS AF semakin disempurnakan dan diberi nama Dual Pixel CMOS AF II sehingga dengan perpaduan kecepatan prosesor DIGIC X, kecepatan autofocus kamera ini meningkat secara signifikan.

Canon-EOS-R5-Fully-Articulated-Joystick-tombol-AF-On-viewfinder.

Tak lupa juga dilengkapi dengan teknologi Face Detection dan Eye Detection AF yang sebelumnya sudah tersedia di EOS R dan EOS RP. Dengan perpaduan teknologi Dual Pixel CMOS AF II pada EOS R5, pengguna dapat menggunakan mode AF Priority untuk memilih prioritas fokus pada manusia atau hewan.

Untuk pertama kalinya dalam jajaran EOS, area jangkauan AF diperluas hingga mencakup seluruh permukaan sensor (100% vertikal dan 100% horizontal), sehingga menjadikan pencarian fokus pada subjek semakin cepat dan mudah.

Posisi AF yang dapat dipilih secara manual pada EOS R5 adalah 5.940 titik dan momen penting pun tidak akan luput dari fokus meski di kondisi gelap karena kemampuan deteksi AF hingga EV -6.

Canon EOS R5 hadir mengusung dengan teknologi 5-axis In-Body Image Stabilizer (In-Body IS) untuk menghasilkan efek stabilisasi gambar yang lebih tinggi. Saat dipasang lensa berteknologi Optical Image Stabilizer (Optical IS), kinerja stabilisasi gambar bisa mengompensasi kecepatan rana hingga 8-stop.

Canon EOS R5 menyediakan slot untuk kartu CFexpress (foto 45MP 20fps dan video 8K RAW tanpa perangkat perekam tambahan) dan kartu SD. Kemudian, monitor dan perekam eksternal dapat dipasang melalui port HDMI dan dapat merekam hingga 4K 60fps dengan kualitas 10 bit, 4:2:2.

Lensa-dan-Extender-RF-Canon

Untuk pemotretan HDR terdapat fitur PQ dan Canon log yang mengusung fleksibilitas bagi pengguna untuk merekam konten HDR. Canon EOS R5 juga mendukung koneksi yang terbilang lengkap mulai dari wireless LAN 2.4GHz tanpa perlu aksesoris tambahan, Bluetooth Low Energy (BLE), dan Wi-Fi.

Kamera juga dapat secara otomatis mengunggah file gambar dan video sekaligus menyimpannya secara cloud di image.canon hingga 30 hari tanpa batas jumlah dan besaran gambar atau video yang diunggah, termasuk file RAW dan video 8K.

Pengguna juga dapat mengkonfigurasi image.canon untuk secara otomatis memindahkan data gambar asli ke berbagai platform cloud seperti Google Photos, Google Drive, atau Adobe Creative Cloud.

Tak ketinggalan, Canon EOS R5 dibekali LCD sentuh Vari-angle yang bisa diputar 360 derajat dan tersemat 0,5 inci Electronic Viewfinder (EVF) beresolusi tinggi mencapai 5,76 juta titik, serta memiliki daya tahan 500.000 cycles shutter yang setara dengan EOS 1D X Mark III.

Soal ketersediaan barang, Canon EOS R5 bisa dibeli secara pre-order mulai 5 Agustus 2020. Adapun Canon EOS R5 Body Only dibanderol dengan harga Rp 69.883.000 dan Canon EOS R5 dengan lensa 24-105mm L IS USM senilai Rp 88.648.000.

Tinggalkan Komentar