ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Membatalkan Langganan di Google Play Agar Bebas Dari Tagihan Otomatis

Cara Membatalkan Langganan Google Play Header

Gadgetren – Membatalkan langganan kadang-kadang perlu dilakukan ketika kita menikmati masa uji coba gratis layanan premium di berbagai macam aplikasi melalui Google Play.

Tanpa melakukan hal tersebut, kebanyakan aplikasi soalnya akan menggunakan sistem pembaruan berlangganan secara otomatis sehingga kita perlu membayar biaya tagihan untuk periode selanjutnya.

Contohnya untuk layanan YouTube Premium, kita akan memperoleh jatah uji coba selama sebulan (30 hari) saat menggunakan akun anyar tetapi pada bulan berikutnya akan dikenai biaya Rp 59.000 jika tidak dibatalkan.

Sistem pembatalan langganan aplikasi maupun layanan di Google Play untungnya sangat mudah untuk digunakan. Kita bahkan dapat memakainya sewaktu-waktu tanpa perlu menunggu periode atau tanggal tertentu.

Adapun bagi kamu yang sedang berlangganan salah satu aplikasi atau layanan premium di Google Play dan ingin membatalkannya, berikut lengkap lengkap mengenai cara untuk melakukannya.

Cara Membatalkan Langganan di Google Play

Melalui Handphone Android

  1. Buka aplikasi Google Play Store
  2. Ketuk foto profil di pojok kanan atas
    Cara Membatalkan Langganan Google Play - 1
  3. Ubah profil Google jika diperlukan
  4. Ketuk menu Payments & subscriptions
    Cara Membatalkan Langganan Google Play - 2
  5. Klik opsi Subscriptions
    Cara Membatalkan Langganan Google Play - 3
  6. Pilih langganan yang ingin dibatalkan
  7. Ketuk Cancel subscription
  8. Ikuti beberapa petunjuk yang muncul selanjutnya

Selain bisa dilakukan kapan saja, pembatalan langganan juga mempunyai opsi yang sangat fleksibel karena kita tak hanya dapat melakukannya melalui aplikasi Google Play Store di Android melainkan juga di komputer.

Melalui Komputer

  1. Kunjungi halaman https://play.google.com/ menggunakan peramban
  2. Login jika diperlukan
  3. Ketuk menu My subscriptions di panel sebelah kiri
    Cara Membatalkan Langganan Google Play - 4
  4. Pilih langganan yang akan dibatalkan
  5. Ketuk tombol Manage
  6. Klik opsi Cancel Subscription
  7. Jika muncul jendela konfirmasi, tekan Yes

Dengan mengonfirmasi pembatalan, kita pun tak perlu khawatir sisa langganan sebelumnya akan ikut hangus. Pembatalan hanya akan berlaku untuk periode selanjutnya sehingga kita masih bisa menggunakan layanan premium sampai titik terakhir.

Misalnya jika kita berlanggan tahunan hingga 1 Januari 2022 lalu membatalkannya pada tanggal 31 November 2021, maka layanan premium dari aplikasi terkait tetap masih bisa digunakan hingga 31 Desember.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar