Berita Laptop / PC

Laptop Gaming ASUS ROG dan TUF Kini Paling Diminati di Indonesia, Ini Alasannya

ASUS ROG Zephyrus G14 Header

Gadgetren – Berdasarkan data aktivasi dari NVIDIA hingga bulan September 2021, ASUS dikabarkan telah mencatat penguasaan pasar laptop gaming hingga 59,7 persen di Indonesia.

Menariknya, data tersebut merupakan angka tertinggi sepanjang tahun 2021 yang telah dicapai ASUS dibanding dengan bulan-bulan sebelumnya yang memiliki persentase 40,9 persen di bulan Juli 2o21 dan 49,0 persen di bulan Agustus 2021.

Lebih jauh, Muhammad Firman selaku Head of PR and e-Marketing ASUS Indonesia menyampaikan bahwa data NVIDIA ini sangat valid karena mereka mencatat seluruh laptop yang baru dibeli pengguna dan pertama kali terhubung ke Internet di mana secara otomatis terhubung ke website NVIDIA untuk check driver update.

“Dan sangat menggambarkan pasar gaming karena di industri laptop gaming, pangsa pasar laptop berbasis NVIDIA GeForce GTX dan RTX mencapai lebih dari 80 persen dibandingkan dengan grafis AMD Radeon,” ujarnya.

Menurut ASUS, angka pencapaian ini pun secara langsung memberikan gambaran bahwa laptop gaming ASUS ROG dan TUF sebagai seri laptop yang paling diminati. Hal ini diungkapkan Firman juga dibuktikan dengan bertumbuhnya penjualan seri ROG dan TUF gaming dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Di samping karena sudah mendapatkan upgrade dari sisi spesifikasi dan desain, faktor pemicu lainnya yang membuat ASUS ROG dan TUF diminati adalah kebutuhan pengguna yang saat ini memerlukan lebih dari sekadar laptop biasa untuk bekerja.

Sebelumnya diketahui bahwa market share laptop gaming ASUS sempat turun di kisaran kuartal kedua 2021, dari 40 persen di akhir kuartal pertama menjadi sekitar 35,1 persen sampai 38,7 persen di kuartal kedua 2021. Penurunan ini merupakan dampak dari kekurangan pasokan komponen yang pada saat itu ASUS alami di pusat sehingga tidak bisa memenuhi permintaan pengguna di Indonesia.

ASUS TUF Gaming A15 FX506 Gaming

Firman juga mengatakan bahwa dibalik pencapaian ini tidak ada strategi khusus untuk mendongkrak penjualan dan menarik minat para gamer. ASUS ROG Indonesia hanya melakukan hal-hal yang mendasar.

Mulai dari terus menerus mendesain produk baru yang inovatif dan dibutuhkan pengguna, mengedukasi pengguna akan produk-produk tersebut, sampai menawarkan layanan purna jual yang terus tengah  ditingkatkan.

Hal ini bertujuan untuk membuat pengguna tergerak untuk memilih laptop ROG dan TUF sebagai laptop mereka untuk gaming ataupun berkreasi di kala pandemi. Selain di Indonesia, perangkat gaming ASUS pun kabarnya diminati juga di negara-negara lain.

ASUS ROG Zephyrus G14 Alan Walker Spesial Edition Remix Box

Adapun sepanjang tahun 2021, untuk seri ROG model yang paling diminati pengguna di Indonesia antara lain adalah seri Zephyrus G14 dan ROG Strix berbasis GTX. Sedangkan untuk seri TUF, model yang paling banyak dibeli adalah TUF berbasis Intel Core i series.

Sebagai tambahan informasi, di industri PC gaming ASUS secara keseluruhan telah menduduki peringkat pertama pula di kawasan Amerika Utara, negara-negara di kawasan Eropa Barat serta Asia Pasifik dan Jepang.

Tinggalkan Komentar