Berita Gadget Laptop

ASUS Perkenalkan Jajaran Laptop TUF Gaming Baru Dengan AMD Ryzen 4000 Series

Barisan ASUS TUF Gaming di CES 2020 Header

Gadgetren – PadaDi ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020 kemarin, ASUS telah memperkenalkan beberapa laptop baru dengan peningkatan di sisi kinerja dan kegunaan untuk menyegarkan lini ASUS TUF Gaming.

Adapun dua di antara laptop-laptop yang turut diperkenalkan oleh ASUS tersebut adalah ASUS TUF Gaming A15 dan TUF Gaming A17 yang tercatat sudah mengandalkan APU baru AMD dari lini Ryzen 4000.

Berdasarkan siaran pers yang kami terima, lini prosesor dengan arsitektur AMD Zen 2 tersebut dapat memberikan efisiensi daya yang dua kali lebih baik dibandingkan pendahulunya dan kemampuan yang lebih dari untuk sekedar bermain game.

Lini Ryzen 4000 memiliki delapan buah inti dan enam belas thread yang diklaim bisa memberikan kemampuan multithread sempurna untuk menangani beberapa tugas berat secara paralel sekaligus.

Apalagi dalam mengimbangi basis yang sudah sangat kuat ini, ASUS pun menambahkan dua buah slot RAM DDR4 yang bisa diekspansi hingga 32 GB dan dua buah slot M.2 untuk menambah SSD ke dalamnya.

ASUS juga mengungkapkan bahwa TUF Gaming A15 dan TUF Gaming A17 sudah mengandalkan GPU NVIDIA GeForce terpisah yang dibangun berdasarkan arsitektur NVIDIA Turing terbaru.

Dengan konfigurasi maksimal hingga NVIDIA GeForce RTX 2060, laptop baru di lini TUF Gaming tersebut dapat memiliki kemampuan rendering hibrida dengan Ray Tracing yang nyata dan pemercepat sistem kecerdasan buatan.

Kemampuan grafis di laptop-laptop ini pun bisa menjadi lebih maksimal dengan adanya grafis AMD Radeon yang secara mendasar sudah terintegrasi di dalam prosesor-prosesor Ryzen 4000.

Yang mana secara khusus, AMD Radeon di dalam Ryzen 4000 ini memiliki teknologi sinkronisasi refresh-rate adaptif yang memungkinkan sinkronisasi lebih baik antara kemampuan refresh rate layar dengan sistem.

Barisan ASUS TUF Gaming di CES 2020 - TUF Gaming A15

Secara lebih sederhana, pengguna dapat memainkan game atau menjalankan aplikasi di TUF Gaming A15 dan TUF Gaming A17 dengan mulus meskipun FPS sering berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

TUF Gaming A15 dan TUF Gaming A17 sendiri memiliki layar yang berbeda dalam hal ini. TUF Gaming A15 memiliki layar IPS 15 inci dengan refresh rate hingga 144 Hz sedangkan TUF Gaming A17 memiliki layar IPS 17 inci dengan refresh rate hingga 120 Hz.

Meskipun demikian, keduanya sama-sama menawarkan desain bezel Ultraslim NanoEdge yang bisa membuat layar memiliki bezel lebih tipis sehingga perangkat bisa berukuran lebih ramping dan portable.

TUF Gaming A15 dan TUF Gaming A17 juga dilengkapi dengan baterai 90Wh yang diklaim bisa digunakan hingga 8,7 jam untuk berselancar di peramban atau 12,3 jam untuk memutar video.

Barisan ASUS TUF Gaming di CES 2020 - TUF Gaming A17

Kedua perangkat ini juga dikemas dengan sertifikat MIL-STD-810H yang menunjukkan bahwa perangkat ini bisa bertahan terhadap guncangan, jatuh dari tempat yang rendah, hingga suhu dan kelembaban ekstrim.

Selain memperkenalkan TUF Gaming A15 dan TUF Gaming A17, ASUS pun juga memperkenalkan TUF Gaming F15 dan TUF Gaming F17 yang sayangnya kedua perangkat masih dalam tahap pengembangan dan baru akan diluncurkan pada akhir tahun 2020.

Berbeda dari TUF Gaming A15 dan TUF Gaming A17 yang menggunakan APU AMD dan masih mengandalkan Wi-Fi 5, keduanya bakal hadir dengan prosesor dari lini Intel Core generasi kesepuluh dan dukungan Wi-Fi 6 (Gig+).

Tinggalkan Komentar