Aplikasi Berita

Indonesia Jadi Market Terbesar! TikTok Rilis Infografis Terkait Tren Kpop di Platformnya

TikTok Sky Cloud

Gadgetren – Untuk pertama kalinya, platform video singkat TikTok telah mengeluarkan analisis mengenai pandangan baru seputar genre musik Kpop asal Korea Selatan.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima tim Gadgetren, untuk menghadirkan rangkuman seputar tren Kpop yang tengah terjadi di platformnya dari tahun 2018 sampai 2021 TikTok menggandeng Kpop Radar yang disajikan dalam bentuk infografis berjudul 2021 Kpop TikTok.

Diketahui bahwa video Kpop di TikTok menunjukkan adanya pertumbuhan eksponensial di seluruh dunia selama tiga tahun terakhir. Lebih detailnya, jumlah kreasi video Kpop yang ada di TikTok meningkat tiga kali lipat, dari 33,5 juta di tahun 2019 menjadi 97,87 juta per bulan September 2021.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 92,8% video berasal dari luar Korea, dengan Indonesia sebagai pasar terbesar yang membuat video Kpop (16,4%), diikuti oleh Filipina (13,5%), Amerika Serikat (8,7%), dan bahkan melampaui Korea Selatan yang menempati urutan keempat sebesar 7,2%.

Salah satu yang menjadi alasan tumbuhnya konten Kpop di seluruh dunia ini disampaikan Kpop Radar dipengaruhi oleh mudahnya penggunaan berbagai fitur di platform TikTok sehingga semua orang bisa menjadi kreator TikTok.

Dari tingginya interaksi seputar Kpop di berbagai negara di TikTok, infografis ini menemukan bahwa Kpop tak hanya bisa dinikmati sebagai hiburan musik atau video saja, tetapi juga dalam bentuk cover dance, informasi, berita seputar Kpop, dan membuat skit tentang Kpop.

Infografis 2021 Kpop Radar TikTok - Negara

Di samping itu, tren Kpop di TikTok juga memberikan tingginya interaksi antara pengguna, artis, dan kreator, melalui fitur Duet, Stitch, dan Reply to a Comment. Di sisi lain, hashtag challenge di TikTok pun turut menjadi alat promosi yang hebat bagi artis Kpop sejak keberhasilan penyanyi Zico dengan challenge #AnySongChallenge pada awal tahun 2019.

Hal lain yang disajikan dalam infografis ini juga membagi jenis lagu Kpop yang populer di TikTok ke dalam empat kategori antara lain Revisiting Old Favorites yang diwakili judul lagu What is Love dari TWICE dan Artist We Stan dengan judul Russian roulette dari Red Velvet.

Kemudian Breakout Song dengan lagu F the World (ft. Wonstein) dari Mommy Son dan From Popular Culture to TikTok dengan lagu MONEY dari Lisa Blackpink. Sementara mengangkat insight artis Kpop yang paling populer di TikTok, BTS sendiri menempati urutan pertama dari jumlah followers.

Infografis 2021 Kpop Radar TikTok - Hashtag

Untuk artis dengan pertumbuhan tercepat di TikTok, STAYC menjadi pemimpin dengan jumlah follower yang meningkat hampir lima kali lipat dalam waktu enam bulan saja. Hal ini didukung oleh challenge ASAP yang membawa lagu mereka menjadi top charts.

Kabarnya, STAYC bahkan menggunakan TikTok untuk melakukan pre-release single baru mereka yang berjudul Stereotype. Ada pula artis Kpop generasi ke-4 seperti BDC dan Weekly yang kini semakin aktif berinteraksi dengan penggemarnya di seluruh dunia melalui berbagai challenge di TikTok.

Sejalan dengan merilis Infografis, TikTok bersama Space Oddity juga akan menyelenggarakan konferensi berjudul 2021 Kpop Radar TikTok pada tanggal 17 November 2021 di situs resminya melalui tautan ini.

Tinggalkan Komentar