Smartphone Tips dan Trik

Cara Mengunci Jaringan 4G di Handphone realme Agar Internet Selalu Ngebut

Cara Mengunci Jaringan 4G realme Header

Gadgetren – Mengunci jaringan 4G di handphone realme memang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Hanya saja, sayangnya tidak semua dapat dipakai untuk semua model perangkat.

Setelah memisahkan diri dari OPPO pada tahun 2018 lalu, realme banyak meluncurkan produk elektronik mulai dari handphone hingga televisi. Sebagian perangkat buatannya bahkan sangat populer karena dibanderol cukup terjangkau meski membawa spesifikasi cukup tinggi.

Masing-masing perangkat tersebut pun akhirnya mempunyai pengaturan yang berbeda-beda. Oleh karena itu kita perlu mencari cara secara lebih spesifik yang sesuai dengan model handphone digunakan agar dapat berhasil mengunci jaringan 4G.

Salah satunya, kita perlu menyesuaikan model hingga versi sistem operasi yang digunakan. Beberapa cara dapat dilakukan secara langsung melalui pengaturan perangkat maupun mode penguji jaringan, tetapi sebagian yang lain membutuhkan aplikasi khusus.

Adapun bagi kamu yang belum tahu, berikut penjelasan mengenai cara mengunci jaringan 4G di handphone realme yang bisa kamu coba satu per satu untuk mengecek kesesuaiannya dengan perangkatmu.

Cara Mengunci Jaringan 4G di Handphone realme

Melalui Pengaturan

  1. Masuk ke Settings
  2. Ketuk menu Dual SIM & Cellular Network
  3. Pilih kartu SIM yang ingin diatur
  4. Klik Preferred network type
  5. Ubah pengaturan jaringan ke 4G atau LTE Only

Setelan 4G atau LTE Only sayangnya hanya tersedia untuk model lawas yang masih memakai Android lama. Untuk handphone dengan sistem operasi lama, kita hanya akan menemukan pengaturan otomatis untuk 4G/3G/2G.

Sebagai alternatifnya, kita dapat mengunci jaringan melalui mode pengujian yang bisa ditemukan dengan mengetikkan kode tertentu melalui dialpad seperti untuk mengecek nomor IMEI.

Menggunakan Mode Pengujian Jaringan

  1. Buka dialpad
  2. Ketik kode pengujian jaringan sesuai perangkat
  3. Setelah masuk ke halaman Phone information
  4. Ubah Set preferred network type ke LTE Only

Mode pengujian jaringan untuk setiap perangkat realme hanya saja tersedia dengan kode yang berbeda-beda. Kita di antaranya dapat mencoba antara *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* tergantung model yang digunakan.

Solusi lain jika mode pengujian jaringan tidak dapat dibuka menggunakan kedua kode tersebut, maka kita bisa memanfaatkan aplikasi tambahan seperti Force LTE Only yang tersedia secara resmi di layanan Google Play Store.

Memakai Aplikasi

  1. Pasang aplikasi Force LTE Only
  2. Buka lalu ikuti petunjuk yang muncul di layar dengan tombol mengetuk Next
  3. Izinkan permohonan akses jika diperlukan
  4. Setujui ketentuan dan kebijakan aplikasi
  5. Ketuk Get Started
  6. Masuk ke tab 4G ForceLTE
  7. Pilih Method 1, 2, atau 3 sesuai perangkat yang digunakan
  8. Ubah bagian Set preferred network type ke LTE Only

Apabila mode pengujian pun tidak dapat dipakai untuk mengunci jaringan 4G di handphone realme, kita dapat menggunakan senjata terakhir melalui Engineer Mode yang sayangnya hanya tersedia untuk beberapa perangkat tertentu saja.

Melalui Mode Engineer

  1. Akses kembali Dialpad
  2. Ketik kode *#800#
  3. Geser layar ke kiri sampai masuk ke tab Telephony
  4. Cari dan buka menu Network selecting
  5. Pilih SIM yang akan diatur
  6. Atur bagian Set preferred network type ke LTE Only

Mengunci jaringan 4G dapat dilakukan dengan memilih salah satu metode di atas sesuai apa yang tersedia di perangkat kamu. Hanya saja perlu diingat bahwa terdapat kekurangan yang perlu kamu ketahui jika mengunci jaringan di 4G saja, yakni kita tidak bisa melakukan panggilan telepon maupun SMS karena sekarang masih membutuhkan jaringan 2G atau 3G.

Tinggalkan Komentar