ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengunci Jaringan 4G di HP realme Supaya Tidak Pindah-Pindah

Cara Mengunci Jaringan 4G di HP realme Header

Gadgetren – Meskipun beberapa ponsel realme masa kini sudah mendukung jaringan 5G di Indonesia, namun nyatanya baru wilayah tertentu saja yang bisa merasakannya.

Oleh karena itu jaringan 4G pun masih paling sering digunakan oleh banyak pengguna. Namun terkadang pada suatu tempat, jaringan akan berpindah-pindah secara terus menerus sehingga membuat konsumsi daya baterai menjadi lebih boros.

Pastinya kamu akan berpikir untuk mengunci jaringan yang tertangkap oleh ponsel realme agar 4G-LTE saja sehingga membuat konsumsi daya menjadi lebih irit. Sayangnya pada perangkat realme masa kini tidak terdapat fitur untuk mengunci jaringan ke 4G.

Secara bawaan jaringan hanya dapat diatur ke 2G only, 2G/3G, 2G/3G/4G, atau 2G/3G/4G/5G. Sebagai alternatif lainnya, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama 4G LTE Only Mode yang dapat diunduh dari Google Play Store untuk membuka fitur tersembunyi pada ponsel realme.

Cara Mengunci Jaringan 4G di HP realme

  1. Buka aplikasi 4G LTE Only Mode.
  2. Izinkan permintaan dari aplikasi.
  3. Pada halaman utama, pilih menu Open Advanced Hidden Settings for LTE Only Mode berikon roda gigi.
  4. Pada bagian Set Preferred Network Type, pilih LTE Only.
  5. Keluar dari aplikasi.
  6. Selanjuntya, secara otomatis hanya tertulis LTE atau 4G pada bar di bagian atas layar ponsel realme

Dengan menggunakan aplikasi ini, tentunya ponsel realme milikmu hanya akan menggunakan jaringan 4G saja untuk bisa terhubung dan tidak akan lagi berpindah ke jenis jaringan lain.

Namun perlu diketahui bahwa jaringan 4G-LTE hanya bisa untuk koneksi data saja sehingga kamu tidak dapat menerima telepon atau SMS seperti biasanya yang mana menggunakan jaringan 2G karena tidak terlalu membutuhkan data besar.

Dengan begitu penguncian jaringan 4G hanya cocok bagi kamu yang memang berkomunikasi lewat telepon, pesan, maupun video call dengan menggunakan koneksi data lewat aplikasi seperti WhatsApp.

Namun perlu dicatat memang pada daerah-daerah tertentu di Indonesia juga masih ada belum jaringan 4G kurang stabil sehingga hasilnya malah kamu tidak akan bisa mendapatkan koneksi sama sekali.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar