Tips dan Trik

Cara Kunci Jaringan Ke 4G Only di HP OPPO Untuk Sinyal yang Lebih Stabil

Cara Kunci 4G OPPO Header

Gadgetren – Jaringan yang tidak stabil sudah menjadi musuh bagi banyak orang. Untungnya, hampir semua smartphone OPPO masih memiliki menu testing yang bisa digunakan untuk mengunci jaringan ke 4G.

Bagi yang belum tahu, setiap smartphone Android, termasuk OPPO, pada umumnya memiliki banyak menu rahasia yang bisa diakses dengan menggunakan kode khusus. Masing-masing kode tersebut menyediakan fungsi berbeda-beda yang bisa digunakan sesuai kebutuhan pengguna.

Seperti untuk mengecek nomor IMEI misalnya, pengguna bisa menggunakan kode *#06# pada hampir semua smartphone apapun mereknya. Dengan mengetikan kode tersebut, nantinya akan muncul menu, yang menampilkan deretan nomor identitas smartphone itu.

Kabar baiknya, beberapa menu rahasia tersebut bisa digunakan untuk menyetel pengaturan perangkat, khususnya untuk pengaturan-pengaturan yang tidak ada di dalam menu pengaturan umum.

Contohnya pada smartphone buatan OPPO, khususnya yang sudah memuat sistem ColorOS terbaru, pengguna biasanya tidak akan menjumpai menu untuk mengunci jaringan ke opsi 4G atau LTE saja di pengaturan umumnya.

Untuk itu, supaya pengguna bisa mengunci jaringan ke jaringan 4G atau LTE saja, mereka perlu menggunakan menu testing seperti yang disinggung sebelumnya. Untuk masuk ke menu ini, pengguna bisa mengetikan *#*#4636#*#* pada dialpad di smartphone OPPO yang digunakan.

Setelah muncul menu testing, pengguna bisa memilih opsi Phone information 1 atau 2 sesuai dengan kartu SIM yang diaktifkan untuk jaringan internet. Jika sudah, selanjutnya cari bagian Set Preferred Network Type, lalu ubah opsi pada drop-down menu ke LTE Only dan tutup menu tersebut.

Jika berhasil, jaringan smartphone OPPO akan terkunci secara otomatis di 4G atau LTE saja. Dengan terkuncinya jaringan ini, smartphone akan memperoleh sinyal yang lebih stabil, karena ketika sinyal 4G sangat sedikit pun jaringan tidak akan beralih ke 3G atau jaringan di bawahnya.

Keuntungan lainnya, smartphone yang memiliki sinyal stabil biasanya akan lebih hemat daya, karena perangkat tidak perlu berpindah-pindah jaringan dan mencari jaringan yang lebih kuat, yang notabene membutuhkan alokasi daya yang cukup besar pada prosesnya.

Sayangnya ketika hanya aktif di jaringan 4G, pengguna tidak akan bisa menggunakan kartu SIM tersebut untuk melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS. Hal ini karena, jaringan 4G mempunyai spektrum yang berbeda dengan 3G atau jenis jaringan sebelumnya.

Tinggalkan Komentar