Tips dan Trik Handphone

Cara Kunci 4G Only di Handphone OPPO Supaya Sinyal Tidak Berpindah-pindah

Cara Kunci 4G Only di Handphone OPPO Header

Gadgetren – Pada saat menggunakan handphone berbasis Android termasuk dari OPPO, terkadang sebagian orang akan merasa bahwa jaringan internet tidak stabil ketika sedang berada di daerah tertentu.

Biasanya koneksi internet yang tidak stabil ini akan membuat indikator pada handphone OPPO berubah-ubah dari 4G ke 3,5G, 4G ke 2G, dan sebagainya. Perubahan dan perpindahan jaringan yang terus-menerus tentunya akan membuat perangkat lebih boros menggunakan daya baterai.

Pada handphone OPPO dengan sistem operasi modifikasi ColorOS 6 berbasiskan Android 9.0 Pie atau versi di bawahnya, kamu untungnya dapat mengunci jaringan 4G Only menggunakan menu Testing dengan sebuah kode rahasia yang dapat diketik aplikasi Phone atau Telepon.

Nah bagi kamu pengguna handphone OPPO yang masih bersistem operasi ColorOS 6 atau versi di bawahnya dapat mengikut langkah berikut

Cara Kunci Jaringan 4G Only di OPPO

Lewat Menu Testing

  1. Buka aplikasi Phone di handphone OPPO
  2. Pada halaman utama, ketik *#*#4636#*#*
  3. Nantinya kamu dihadapkan pada halaman Testing
  4. Pilih opsi Phone information 1 atau 2 sesuai dengan kartu SIM yang akan dikunci jaringan menjadi 4G Only
  5. Selanjutnya, pilih opsi Set Prefered
  6. Ubah opsi ke LTE Only pada drop-down menu
  7. Tutup menu tersebut

Perlu dicatat bahwa handphone OPPO dengan ColorOS 7 (berbasiskan Android 10) atau versi di atasnya sudah tidak bisa menggunakan kode untuk mengakses menu Testing tersebut. Oleh karena itu kamu perlu bantuan aplikasi pihak ketiga.

Lewat Aplikasi 4G Only Network Mode

  1. Unduh aplikasi 4G Only Network Mode dari Google Play Store
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi
  3. Tekan tombol Start pada halaman awal
  4. Pada halaman utama, pilih menu 5G / 4G Settings
  5. Selanjutnya, pilih opsi 4G / 3G Settings
    OPPO - 4G Only - 1
  6. Pada halaman Phone info, pilih LTE Only pada bagian Set Preferred Network type
  7. Jaringan pun hanya akan 4G Only di handphone OPPO
    OPPO - 4G Only - 2

Apabila berhasil menggunakan salah satu metode tersebut, maka handphone OPPO hanya akan memaksimalkan dan menampilkan jaringan 4G LTE saja. Bisa dibilang hal ini dapat membuat perangkat lebih hemat dalam mengonsumsi baterai karena jarang melakukan perpindahan jaringan.

Namun perlu dicatat ketika di suatu daerah tidak terdapat jaringan 4G, maka secara otomatis ikon sinyal di bagian status bar tidak akan menampilkan tulisan 4G yang menandakan kamu tidak bisa melakukan akses internet.

Selain itu, kamu juga tidak dapat melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS yang biasanya memutuhkan jaringan 2G. Untuk bisa melakukan panggilan percakapan di jaringan 4G, kamu harus mempunyai handphone OPPO dan kartu SIM dari operator yang mendukung fitur VoLTE seperti Smartfren, IM3 Ooredoo, Telkomsel, dan XL VoLTE.

Dengan begitu kamu yang masih perlu berkomunikasi dengan orang lain melalui telepon dan SMS tetapi kartu belum mendukung VoLTE, maka sebaiknya kamu menggunakan opsi jaringan 4G Only. Sebaiknya diatur Auto saja agar dapat berpindah ke semua jaringan secara otomatis.

Tinggalkan Komentar

4 Komentar