Aplikasi Tips dan Trik

Mempercantik Video Call di Layanan WhatsApp, Bisa?

Cara Mempercantik Video Call Whatsapp Header

Gadgetren – Mempercantik diri saat melakukan video call di layanan WhatsApp kini bisa dilakukan dengan mudah. Sejumlah handphone bahkan memiliki fitur dasar yang dirancang khusus untuk melakukannya.

Adapun beberapa di antaranya seperti OPPO dan vivo. Kedua perusahaan handphone ini menawarkan fitur yang disebut dengan Face beauty for video call ke dalam sistem operasinya, yakni ColorOS untuk OPPO dan Funtouch OS untuk vivo.

Hanya saja agar bisa digunakan, kita memang harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dulu melalui halaman pengaturan. Melakukan hal ini untungnya mudah dilakukan tanpa perlu mengorek setelan mendalam perangkat seperti mengaktifkan mode pengembang.

Cara Mempercantik Gambar Saat Video Call di WhatsApp

Mengaktifkan Fitur Face Beauty

  1. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah tersedia
  2. Buka halaman Settings
  3. Masuk ke bagian More settings
  4. Pilih menu Face beauty for video call
  5. Aktifkan setelan untuk layanan video WhatsApp

Setiap antarmuka sistem operasi tentu mempunyai letak dan penamaan yang berbeda-beda dalam hal ini. Jika diperlukan, kita pun harus menyesuaikan beberapa langkah di atas dengan apa yang digunakan oleh perangkat.

Setelah mengaktifkan fitur Face beauty for video call melalui pengaturan, dukungannya akan langsung aktif secara otomatis ketika kita melakukan video call di WhatsApp. Kita pun bisa menggunakannya sesuai selera.

Menggunakan Face Beauty di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Cari grup atau nomor yang ingin dihubungi
  3. Buat panggilan video seperti biasa
  4. Menu Face beauty for video call pun akan muncul
  5. Sesuaikan setelannya untuk mempercantik video call

Face beauty for video call sayangnya hanya tersedia secara terbatas untuk antarmuka dan versi sistem operasi tertentu karena memang bukan dukungan asli dari Android maupun WhatsApp itu sendiri. Fitur tersebut merupakan proyek khusus dari pengembang handphone yang dalam hal ini OPPO dan vivo.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kita kini bisa menemukan fitur tersebut pada handphone OPPO maupun vivo. Bahkan pada perangkat buatan OPPO, ColorOS baru yang mengusung sistem operasi Android 11 secara khusus sudah tidak lagi mendukungnya.

Sampai saat artikel ini terbit, saya sendiri belum menemukan alternatif pas untuk memakai fitur face beauty for video call di handphone lain. Beberapa orang menyarankan pemakaian CoocooWhatsApp tetapi saya tidak yakin dengan keamanannya.

CoocooWhatsApp sendiri adalah aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi. Memakainya tentu cukup berisiko seperti GB WhatsApp dengan keamanan percakapan tidak terjamin, rentan malware, hingga bisa terblokir karena kita tak pernah tahu apa yang diubah maupun ditambahkan oleh pengembangnya.

Tinggalkan Komentar