Berita Wearable

Apple AirPods Generasi Ketiga Bawa Fitur Adaptive EQ dan Audio Spasial

Apple-AirPods-Gen-3-Feature.

Gadgetren – Dalam ajang Apple Event di California, AirPods generasi ketiga secara resmi telah diperkenalkan di seluruh dunia.

AirPods generasi ketiga akan mulai tersedia pada tanggal 26 Oktober 2021 dengan harga banderol 179 USD atau setara Rp 2,5 jutaan.

Berbeda dari generasi sebelumnya, AirPods generasi ketiga memiliki gagang yang sama panjangnya seperti AirPods Pro. Bedanya, rumah driver yang diberikan berukuran lebih kecil dibandingkan AirPods Pro.

Wadahnya pun agak mirip dengan AirPods Pro, namun mempunyai yang sedikit lebih langsing sehingga bobotnya pun lebih ringan. Selain itu, AirPods generasi ketiga juga dilengkapi dengan sensor intuitif yang sama dengan AirPods Pro untuk kontrol media.

AirPods generasi ketiga telah mengantongi sertifikasi IPX4 yang menandakan kedua earbud dan casing pengisi dayanya tahan terhadap keringat dan air saat digunakan untuk berolahraga di dalam maupun luar ruangan.

Apple-AirPods-Gen-3

Apple menyebutkan bahwa AirPods generasi ketiga menggunakan dynamic driver khusus dan amplifier dengan rentang dinamis tinggi sehingga mampu mengeluarkan suara bass yang nendang dengan frekuensi tinggi yang jernih dan bersih.

Dibekali oleh empat mikrofon yang terletak di sisi dalam dan luar, mikrofon dari AirPods generasi ketiga ditutupi oleh jaring akustik untuk membantu mengurangi suara angin agar suara yang diterima terdengar jelas saat berkomunikasi.

Mikrofon beamforming yang tersedia dapat memblokir kebisingan sekitar dan fokus pada suara pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati pengalaman handsfree hanya dengan mengucapkan ‘Hai Siri’ untuk permintaan perintah suara.

Mengambil teknologi dari AirPods Pro dan AirPods Max, AirPods generasi ketiga juga turut menggunakan Adaptive EQ dan audio spasial untuk memberikan fitur-fitur mutakhir dan pengalaman mendengarkan lebih lanjut.

Apple-AirPods-Gen-3-Dolby-Atmos

Didukung oleh kekuatan chipset H1 dengan sistem akustik rancangan Apple sehingga AirPods generasi baru ini dapat menggunakan audio komputasional untuk menghadirkan suara terobosan Adaptive EQ.

Lebih jauh, fitur Adaptive EQ memungkinkan pengguna dapat mengatur suara secara real time berdasarkan seberapa pas AirPods di telinga. Sementara audio spasial bertugas untuk menciptakan pengalaman seperti teater tiga dimensi berkat dukungan teknologi Dolby Atmos yang akan menghadirkan suara lebih hidup di telinga.

Hadirnya audio spasial dan dynamic head tracking juga memungkinkan suara dalam panggilan FaceTime Grup terdengar seperti nyata seolah-olah berada di ruangan yang sama. Soal baterainya, AirPods generasi ketiga menawarkan masa pakai baterai satu jam lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Pengguna dapat mendengarkan hingga enam jam dan waktu bicara hingga empat jam.

Pengisian dayanya diklaim hanya membutuhkan waktu lima menit untuk memberikan masa pakai baterai sekitar satu jam. Kemudian dengan empat pengisian daya tambahan dalam casing, pengguna dapat memperoleh hingga 30 jam total waktu mendengarkan.

Tinggalkan Komentar