Berita Smartphone

Ini 4 Fitur Keamanan dan Privasi Terbaru di Perangkat Samsung Galaxy

 Samsung-Galaxy-A73-5G-4

Gadgetren – Melalui pembaruan software terbarunya, Samsung telah memberikan beberapa peningkatan untuk sistem operasi pada perangkat Galaxy salah satunya pada bagian Keamanan dan Privasi yang membuat penggunanya bisa lebih mudah mengelola keamanan data.

Dalam pembaruan Keamanan dan Privasi ini, Samsung menyatukan pengelola keamanan dan perlindungan informasi pribadi sekaligus. Pengguna Galaxy yang telah melakukan upgrade software terakhir perangkat Galaxy mereka akan disajikan menu akses mengenai status keamanan data privasi baik dalam penggunaan data di perangkat atau lewat aplikasi yang terinstal.

Dengan begitu pengelolaan keamanan data privasi pada perangkat Galaxy menjadi lebih ketat karena masing-masing penggunaan data atau aplikasi memiliki izin atau permission agar pengguna bisa membuat keputusan penggunaan  sehingga lebih transparan.

Secara ringkasnya, mengelola keamanan data pada pembaruan ini hanya melalui tombol pengaturan pada perangkat Galaxy dan pilih menu Security and Privacy. Selanjutnya pilih menu Privacy. Di sana terdapat menu untuk melihat semua penggunaan data perangkat termasuk lokasi, panggilan, kontak, SMS, kamera, kalender, mikrofon, serta file dan media.

Selain itu pengguna juga bisa memilih pengelolaan keamanan data berdasarkan aplikasi yang mana mereka kini bisa mengelola langsung penggunaan data yang diperbolehkan maupun yang tidak.

Adapun pembaruan yang diberikan pada keamanan dan privasi pada Galaxy mencakup empat pemberian izin meliputi pengelola izin iklan, kontrol langsung untuk izin kamera dan mikrofon, izin lokasi pada aplikasi tertentu, dan izin data untuk aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren untuk perangkat Galaxy A72, pembaruan software tersebut sudah terinstal pada perangkat sejak tanggal 19 Desember 2022 melalui versi A725FXXU4CVJB dengan Security Patch level pada tanggal 1 November 2022. Pembaruan tersebut menurut keterangan software update juga sekaligus membawa sistem operasi ke One UI 5 berbasis Android 13.

Namun perlu diingat bahwa masing-masing lokasi pengelola izin privasi ini kemungkinan akan berbeda-beda pada setiap perangkat Galaxy. Terkait penggunaan masing-masing empat perizinan terbaru dari pembaruan ini bisa kita simak melalui pemaparan di bawah ini.

Izin Iklan

 Izin-iklan-Samsung-Security-and-privacy-1

Pengelola izin iklan pada menu Keamanan dan Privasi pada perangkat Galaxy A72 tersedia pada menu khusus yang masuk di Other Privacy Settings. Selanjutnya pengguna bisa mengetuk menu Ads dan kemudian mengetuk tombol Delete advertising ID.

Dengan menghapus izin layanan iklan tersebut, pengguna bisa menghindari iklan atau rekomendasi yang tidak diinginkan saat mereka berbelanja atau menggunakan aplikasi e-commerce favorit mereka.

Akan tetapi jika ingin kembali mendapatkan rekomendasi produk dari aplikasi belanja maka pengguna bisa sewaktu-waktu mengaktifkan iklan pada pengaturan yang sama dengan mengetuk tombol Get New Advertising ID.

Izin Mikrofon dan Kamera

Izin-mikrofon-dan-kamera-Samsung

Pada perangkat Galaxy secara umum kontrol langsung untuk izin mikrofon dan kamera melalui pembaruan ini hadir berdiri sendiri di menu Keamanan dan Privasi bersama dengan kontrol izin akses teks, foto, atau data yang disalin pengguna. Izin mikrofon dan kamera juga sama berlaku untuk memberikan akses pada penggunaan mikrofon dan kamera di aplikasi yang sudah terinstal.

Izin Lokasi

Izin-lokasi-Samsung

Sementara untuk izin lokasi dalam menu Keamanan dan Privasi juga bisa dikelola langsung baik melalui penggunaan data maupun dari aplikasi. Pengguna hanya tinggal memilih aplikasi mana yang mereka tidak inginkan data lokasi terbaca pada aplikasi tersebut.

Untuk aplikasi transportasi misalnya pengguna bisa mengatur izin penggunaan data pada saat mereka menggunakannya saja atau memberikan informasi perizinan terlebih dulu ketika masuk ke aplikasi tersebut. Hal ini bertujuan agar lokasi akurat pengguna tidak terlacak dan hanya memberikan izin untuk pelacakan perkiraan lokasi saja.

Selain itu untuk menutup akses semua penggunaan data lokasi pada aplikasi di handphone, pengguna juga bisa masuk ke menu Other Privacy Settings, lalu Google Location History dan pilih email yang terhubung ke lokasi. Kemudian pilih Turn Off dan ketuk tombol Pause.

Dengan begitu semua penggunaan data lokasi pada perangkat akan terputus. Jika ingin mengakses lagi biasanya melalui izin berupa pertanyaan dari penggunaan aplikasi.

Izin Data Untuk Aplikasi yang Nganggur

Biasanya pada sebuah perangkat Galaxy, ada aplikasi yang tidak digunakan setelah beberapa waktu tertentu. Untuk melindungi privasi pengguna dari penggunaan data maka pembaruan Keamanan dan Privasi akan menghapus izin data dari aplikasi tersebut.

Sehingga aplikasi yang tidak digunakan dan mengakses lebih banyak data dari yang diperlukan bisa dicegah dengan langkah tersebut. Apabila pengguna ingin memulihkan pemberian izin maka bisa mengelolanya kembali melalui menu Keamanan dan Privasi.

Tinggalkan Komentar