Berita Laptop / PC

Windows 11 Resmi Dirilis Untuk Umum Secara Gratis, Ini Cara Upgrade dan Fitur Barunya!

Windows-11-Resmi-Dirilis-untuk-umum.

Gadgetren – Setelah dinantikan cukup lama, akhirnya Microsoft secara resmi telah meluncurkan Windows 11 versi final yang ditujukan kepada pengguna umum.

Mengulang kesuksesan upgrade ke Windows 10 yang digaungkan beberapa tahun lalu, Microsoft pun turut menyediakan upgrade Windows 11 kepada pengguna Windows 10 di seluruh dunia secara gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bila kamu ingin mengetahui apakah laptop maupun komputernya bisa diupgrade ke Windows 11 atau tidak, kamu dapat mengeceknya dengan menggunakan PC Health Check yang bisa diunduh langsung dari situs Microsoft.

Meskipun sudah dirilis, Windows 11 masih digulirkan secara bertahap dalam arti tidak semua orang bisa langsung mendapatkan upgrade gratis di komputernya masing-masing melalui menu Windows Update.

Windows-11-Start-Menu

Kamu pun harus rajin memantau menu Windows Update di Settings apakah Windows 11 sudah tersedia dan memastikan koneksi internet pun stabil agar file sistem Windows 11 dapat diunduh dengan lengkap.

Namun buat kamu yang sudah tidak sabar lagi ingin mencicipi Windows 11 ke dalam layar komputer, kamu juga bisa  menginstalnya secara manual tanpa harus menunggu pemberitahuan resmi dari Microsoft tiba ke Windows Update komputer kamu.

Sebelumnya pastikan kamu sudah mengecek komputer kamu dengan aplikasi PC Health Check apakah memenuhi syarat upgrade Windows 11. Apabila memenuhi syarat, kamu bisa langsung meluncur ke halaman pengunduhan Windows 11 di tautan ini.

Instalasi-Manual-Windows-11.

Akan tersedia tiga pilihan instalasi. Jika kamu ingin melakukannya dengan cara yang mudah, kamu bisa memilih ‘Windows 11 Installation Assistant’ dan langsung klik Unduh Sekarang atau Download Now kemudian ikuti petunjuk berikutnya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat USB atau DVD yang dapat di-boot dengan memilih ‘Create Windows 11 Installation Media’, atau dengan mengunduh Windows 11 versi disk image (ISO) untuk media yang dapat di-boot atau diinstal lewat mesin virtual.

Windows 11 sendiri membawa pembaruan yang lebih segar dan modern dari aspek tampilan antarmuka hingga fitur baru yang dibawanya mulai dari perubahan menu Start dan Taskbar, suara, font, dan ikon.

Pembaruan Windows 11 juga tampak pada hadirnya Microsoft Teams yang kini dapat langsung terhubung melalui chat, panggilan suara, atau panggilan video dengan kontak pribadi terlepas dari perangkat atau platform yang mereka gunakan seperti Windows, Mac, Android, atau iOS.

Selain itu, kamu juga bisa mengakses lebih cepat ke informasi yang dibutuhkan lewat Widget dan feed terpersonalisasi yang didukung oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Windows 11 juga akan memberikan Microsoft Store baru agar kamu lebih dekat ke aplikasi dan hiburan favorit dalam satu tempat.

Windows-11-Snap-Layouts-dan-Snap-Groups

Menariknya lagi, Windows 11 bisa menampilkan jendela layar yang terbagi-bagi untuk membantu kamu melakukan banyak tugas secara bersamaan melalui fitur Snap Layouts dan Snap Groups.

Tak ketinggalan soal pengoptimalan game, Window 11 menyajikan Auto HDR untuk monitor yang sudah mendukungnya sehingga dapat secara otomatis dengan meningkatkan rentang dinamis tinggi yang memberikan warna dan kecerahan jauh lebih luas pada lebih dari 1.000 game DirectX 11 dan DirectX 12.

Berkat perlindungan chip-to-cloud, komputer yang menggunakan Windows 11 juga bisa membantu meningkatkan produktivitas terutama untuk kerja dan pembelajaran secara hibrida agar semakin aman terhadap serangan dari luar.

Tinggalkan Komentar